Alhamdulillah, akhirnya Gathering KEB yang kedua berhasil digelar juga pada tanggal 8 Juli 2012 kemarin. Bertempat di Festival Citylink Bandung, para emak dan calon emak berkumpul dan ngobrol bersama tentang “Berbagi Inspirasi dan Menghasilkan Karya Melalui Blog”.

Namanya juga acara emak-emak, mulai dari persiapan, acara, sampai penutupan, semuanya emak-emak yang mengerjakan termasuk gotong-gotong kursi, meja, angkat-angkat barang 😀 Salut untuk emak-emak Bandung, Meti Mediya (mak ketu), Nchie Hanie, Erry Andriyati dan Dyah Dey, yang bersemangat dan ringan tangan mengerjakan segala sesuatunya. Malam sebelum Gathering KEB, para emak Bandung ini juga diundang siaran di radio Rakita 107,8 FM Bandung. Hebat ya? 🙂

Makmin dan Emak2 panitia sibuk mempersiapkan acara Gathering KEB

Acara dibuka oleh penampilan tari keasi dari Lisma Unpas Bandung. Kang Tendy Resha Defretes mewakili Festival Citylink memberikan sambutan singkat dan langsung dilanjutkan dengan acara Sharing Blogger oleh Meti Mediya dan Mompreneur oleh Indari Mastuti dari komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN).

Tari Kreasi Persembahan Lisma Universitas Pasundan Bandung

Emak-emak yang hadir antusias mendengarkan sharing dari kedua emak hebat ini dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar ngeblog dan tips mendapatkan penghasilan dari aktifitas menulis dan ngeblog. Makmin Nike Rasyid dalam sesi ini juga menambahkan selain nilai komersial, hendaknya para perempuan, khususnya emak-emak juga mengedepankan unsur sharing (berbagi) dalam tulisannya sebagai bentuk aktualisasi diri.

Acara makin seru karena untuk setiap emak penanya ternyata ada hadiahnya. Siapa sih ya, yang gak mau hadiah :D. Beberapa peserta bahkan tidak hanya melontarkan satu pertanyaan, tapi sampai lima pertanyaan sekaligus. Emak-emak yang menjadi narasumber pun tidak keberatan menjawab semua pertanyaan. Saling berbagi, saling memberi.. Indah ya, seperti taglinenya KEB yaitu “Inspirasi Perempuan, Kami Ada Untuk Berbagi.”

Mak Meliyanti Setyorini mewakili BlogDetik yang menjadi salah satu sponsor keren acara ini, turut sharing tentang indahnya berkomunitas. Sedangkan salah satu makmin KEB yang juga merupakan fellow Internet Sehat, Nike Rasyid, mengangkat topik tentang menumbuhkan minat perempuan untuk ngeblog.

Seminar dan Sharing Emak2 Blogger

KEB di setiap acara, Alhamdulillah ya, mak, selalu didukung oleh sponsor yang keren-keren. Begitu juga dengan event Gathering KEB di Bandung ini mendapatkan support dari Festival Citylink yang menyediakan tempat untuk acara (thanks to Mas Hera Koswara dan Kang Tendy Defretes). Dukungan dan support dari BlogDetik, Internet SehatTabloid Nova, Wijaya Kusumah, Sygma dan Indscript Creative  juga membuat Gathering KEB kali ini bertabur hadiah 😀 Setiap emak yang mengajukan pertanyaan mendapatkan hadiah ditambah lagi dengan adanya pertanyaan-pertanyaan kuis dan games dari MC cantik, makmin Mira Ayank.

Aktif bertanya, dapat hadiah

Para peserta dapat hadiah-hadiah keren

Penampilan heboh mak Erry Andriyati yang menceritakan pengalaman-pengalaman luar biasa yang didapat dari ngeblog menjadi acara pamungkas Gathering KEB. Saat ini siapa sih yang tidak mengenal mak Erry, apalagi setelah emak yang fungky ini berhasil memenangkan kontes menulis dengan hadiah spektakuler, jalan-jalan gratis ke Korea. Keren banget kan, dari awalnya hanya iseng menulis di blog untuk mengisi waktu, ternyata bisa mendatangkan berbagai kesempatan, keuntungan dan peluang yang luar biasa. Makmin Indah Juli di penutupan acara menyampaikan bahwa masih ada lomba blog review acara Gathering KEB khusus untuk emak-emak Bandung yang hadir. Hmm.. hadiah lagi nih 😀

Erry Andriyati

Indah Juli

Melalui event seperti ini, KEB berupaya mengajak para perempuan Indonesia, terutama yang melek internet, untuk memanfaatkan waktunya berselancar di dunia maya untuk kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya adalah dengan menulis dan berkarya melalui blog. Karya yang dihasilkan bisa berupa tulisan atau produk usaha sendiri, bisa dijual (dipasarkan) pula melalui blognya. Seperti misalnya peserta bazaar di Gathering KEB kali ini. Mak Astri Ekawardhani dengan aneka aksesoris cantik hasil buatannya sendiri, Nena for makeup yang memiliki usaha jasa rias pengantin, buku dari mak Titi Estiningrum dan om Wijaya Kusumah.

Foto Bareng Peserta Bazaar KEB

Jadi mak, tunggu apalagi? Yang biasa internetan tapi cuma baca-baca berita gosip, mending kita nulis yuk! Menulis tentang apa saja, yang penting jujur dan menjadi diri sendiri. Gak usah takut salah, takut jelek, akhirnya mundur sebelum mencoba. Yang sudah punya blog tapi jarang menulis, mari sama-sama kita tingkatkan lagi semangatnya. Yang sudah rajin update blognya, semoga tulisan-tulisannya semakin menginspirasi pembacanya. Berbagi itu indah. Berbagi itu bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya lewat tulisan.

Akhir kata, saya, Sary Melati, mewakili KEB, Makmin dan panitia Gathering KEB mengucapkan banyak terimakasih untuk para sponsor acara ini, Festival Citylink, Blogdetik, Internet Sehat, Tabloid Nova, Om Wijaya Kusumah, Sygma dan Indscript Creative. Terimakasih untuk peserta bazaar KEB, semoga semakin sukses bisnisnya dan berkah rejekinya. Untuk para peserta, terimakasih sudah datang dan berpartisipasi di acara ini. Semoga banyak manfaatnya.

Panitia Gathering KEB Bandung, (ki-ka) Nchie Hanie, Meti Mediya, Dyah Dey, Erry Andriyati

(Atas ki-ka) Mira Ayank, Sary Melati, Myra Anastasia, Meti Mediya, Dyah Dey, Nike Rasyid (Bawah ki-ka) Nchie Hanie, Erry Andriyati, Indah Juli 

Makmin (ki-ka) Nike Rasyid, Sary Melati, Indah Juli, Mira Ayank

Emak-emak cantik di Gathering KEB Bandung 8 Juli 2012

 Foto dok. Nchie Hanie & Sary Melati