Penulis: Dessy Dewi Anggraini

Setiap orang biasanya punya sosok yang dikagumi. Mungkin karena kecantikannya, kecerdasannya atau kisah hidupnya. Sebut saja tokoh hebat masa kini Hillary Clinton, Oprah Winfrey, Merry Riana. Selalu ada sisi kehebatannya yang bisa kita pelajari.
Saya sendiri pun punya tokoh-tokoh wanita yang diam-diam saya kagumi. Dari mereka saya belajar banyak hal. Orang-orang yang menginspirasi tersebut adalah:
1. Mama
Ya! Wanita yang telah mengandungku selama 9 bulan dan membesarkanku dengan penuh kasih. Beliau memang hanya seorang ibu rumah tangga. Tapi dia adalah wanita terhebat yang pernah kutemui.
Aku lahir dalam keluarga yang pada masanya memiliki rumah terbesar di wilayah tersebut dan ada mobil yang siap mengantar kemana2. Namun dimasa remaja terjadi peristiwa. Ayahku bangkrut dalam bisnisnya, aset2 terpaksa harus dijual semua yang tersisa satu-satunya hanya rumah yang kami tinggali.
Disinilah mama sangat berperan. Ketika dalam kesulitan keuangan, beliau mengatur pengeluaran sedemikian rupa agar kebutuhan keluarganya berjalan dengan normal. Dia tetap mengusahakan anak2nya agar tetap sekolah dengan baik. Dia berhemat.. Sangat menghemat. Supaya kami bisa hidup seperti biasa.
Tidak pernah sekalipun aku mendapat kata tidak, pada saat aku meminta uang sekolah/kursus/kegiatan. Otak remajaku pada saat itu tidak peka akan kondisi keuangan kami, sehingga aku tetap ikut kegiatan macam2 dan meminta duitnya pada mama. Baru sekarang aku tau, mama sampai harus berhemat dan menghitung pengeluaran dengan cermat bahkan terkadang menekan keinginannya untuk membeli sesuatu hanya agar anak2nya bisa belajar dengan tenang.
Tak pernah sekalipun beliau mengeluh. Dia tidak pernah meminta bantuan dari siapapun ketika dalam kesulitan. Baginya cukuplah meminta dari Yang MAHA KUASA. Dari beliaulah aku belajar arti ketabahan, ketegaran, kesabaran dan menghargai uang dengan menggunakan sebaiknya.
Bahkan dikala dirinya juga pas2an, mama tetap ingin menolong orang. Sifatnya seperti ini terkadang menyusahkan karena dia selalu ingin membantu semua orang tanpa memikirkan kondisi dirinya yg sebenarnya tidak mampu. Tapi..mama selalu berkali-kali berkata, banyaklah kamu bersedekah dan membantu orang lain, karena suatu saat jika dirimu dalam kesulitan Allah tidak akan segan menolongmu. Mama memang mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi.
Ya.. Mama selalu mengingatkan aku untuk menyertakan Allah dalam setiap langkahku. Ketika dalam keadaan senang maupun sulit, berdoalah dan meminta petunjuk dari Nya. Pesan-pesan bermakna yang disampaikan mama sepanjang masa remajaku lah yang kujadikan panduan seumur hidupku.
2. Ibu
Pertama kali bertemu dengan ibu mertuaku aku langsung terpukau dengan keramahannya. Beliau begitu hangat menerimaku. Ga heran lantas aku bisa langsung nyaman berada bersama ibu dan bisa ngobrol apa saja. Begitu aku menjadi menantunya dan mengenalnya semakin dekat, semakin aku terkesima mendengar kisah hidupnya. Beliau sosok istri yang sangat menghormati dan mendukung suami. Pekerjaan bapak yang mengharuskan mereka selalu berpindah-pindah, dijalani ibu dengan senyum. Padahal saat itu ibu mempunyai 7 anak yang masih kecil-kecil, tanpa pembantu dan harus siap mendukung suami dalam pekerjaannya yang baru. Kalau saya mungkin akan menangis dan minta pulang ke rumah orang tua. Tapi tidak halnya dengan ibu. Meski harus ditempatkan di sebuah mess yang jauh di pelosok daerah, atau terkadang ke wilayah yang belum masuk listrik. Ibu tidak mengeluh dan menikmati kehidupannya berpindah-pindah.
Tidak jarang di tempat baru itu ibu berkarya di lingkungan sekitar. Mengajar ngaji anak-anak kecil hingga ibu-ibu kampong, misalnya. Bahkan di usianya yang lanjut ini ibu masih tetap aktif dengan memberikan bimbingan rohani di Rumah Sakit untuk mereka yang membutuhkan. Beliau ingin membuat dirinya berguna untuk orang lain. Sungguh aku bangga mempunyai ibu mertua yang tangguh.
Aku yakin masih banyak jutaan wanita lain diluar sana yang mempunyai masalah lebih kompleks dan perjuangan yang lebih tangguh. Tapi bagiku, mama dan ibu adalah sosok-sosok hebat yang tegar, tidak pernah menyerah dan selalu tersenyum menghadapi dunia. Mereka tokoh inspiratif bagiku. Bagaimana dengan kalian? Siapa sosok yang menginspirasi kalian?