Setiap wanita setiap bulannya pasti mengalami yang namanya menstruasi ini. Berbagai keluhan fisik dan emosi terkadang juga timbul saat menstruasi datang.  Selain itu terkadang saat menstruasi sedang banyak-banyaknya, meski kita sudah mengganti pembalut tiap beberapa jam sekali, masih ada noda menstruasi yang tertinggal di celana dalam ataupun di sprei kita. Untuk noda yang masih baru, mungkin akan cepat hilang saat dibersihkan dengan deterjen. Tetapi jika noda itu sudah agak lama, misalnya saat tidur malam dan baru keesokan harinya dibersihkan, noda itu agak susah dibersihkannya.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi sih, untuk noda yang tertinggal agak lama, meski dibersihkan menggunakan deterjen anti noda, baik yang bentuknya bubuk atau cair, noda itu masih tertinggal sedikit. Atau bisa juga hilang, tetapi mesti direndam terlebih dahulu. Satu tahun lalu, ada seorang teman yang menyarankan agar mencoba sabun mandi batangan untuk membersihkan noda menstruasi itu. Ah, masa iya sih sabun batangan bisa lebih bersih dari deterjen anti noda? Tapi berhubung penasaran, aku mencoba membersihkan noda menstruasi itu memakai sabun mandi batangan. Dan apa yang terjadi? Aku sungguh terkagum-kagum, noda menstruasi itu langsung hilang dan celana dalam menjadi bersih. Akupun mencobanya untuk noda menstruasi yang tertinggal agak lama, ternyata hasilnya tetap saja sama, bersih sekali.

“Ah, kenapa baru sekarang aku mengetahui hal ini, coba dari dulu-dulu,” pikirku. Sejak itu sampai sekarang, jika ada noda menstruasi yang tertinggal, aku cuma membersihkannya memakai sabun mandi batangan. Anak pertamaku yang juga sudah mengalami menstruasi, juga kubimbing untuk membersihkan sendiri noda menstruasi memakai sabun mandi batangan saja.

Mungkin emak-emak disini sudah banyak yang mengetahui tentang hal ini ya. Aku sendiri bisa dibilang telat banget baru mengetahui ini setahun lalu, umur sudah hampir kepala empat. Tapi tidak mengapa kan, lebih baik terlambat daripada tidak mengetahuinya sama sekali ya :D.

Untuk yang belum mengetahuinya, cara ini bisa dilakukan. Tinggal gosok saja noda bekas menstruasi itu memakai sabun mandi batangan, kucek sedikit, tidak perlu direndam lagi, noda sudah akan hilang dan celana dalam menjadi bersih kembali. Aku sudah mencoba dengan 3 merk sabun batangan yang berbeda, dan ternyata hasilnya semuanya sama …  noda menjadi hilang. Silahkan mencobanya …