1 Juni 2013, mungkin akan menjadi salah satu hari yang akan diingat terus oleh emak yang satu ini selama beliau menjadi Makmin KEB, karena tanpa disangka-sangka, Boards memilihnya menjadi Emak of  June 2013.

Yuk, simak petikan wawancara bersama emak energik ini! 🙂

lusitris1Nama   : Lusiana Trisnasari

Url        :  http://www.burselfwoman.com/

Biodata singkat: Ibu rumah tangga, memiliki usaha online shop http://www.ladakahandicraft.com/ , rajin menulis.

 

Emak adalah salah satu makmin KEB, apa yang emak rasakan ketika diumumkan menjadi EOTM Juni?

Takut. Nanti kalau pada protes bagaimana? Masa makminnya yang terpilih?

Menurut emak, kenapa emak bisa dipilih menjadi EOTM Juni 2013?

Yang pasti karena rajin ngeblog. Insya Allah juga karena kontribusi saya di KEB dianggap bermanfaat untuk group.

Sejak kapan emak ngeblog dan apa motivasi pertamanya?

Sejak September 2008 karena kesepian kalau siang, tidak ada teman sesama emak-emak di perantauan. Teman-teman yang bisa terjangkau secara online kan sibuk semua di jam kerja. Waktu itu saya habis resign dari pekerjaan, jadi teman saya orang kantoran semua, belum punya teman ibu rumah tangga.

Emak selalu update blog setiap hari, inspirasinya dari mana saja?

Setiap hari kita pasti menemui satu hal yang menonjol, nah kita ambil saja hikmahnya. Tapi biasanya jadi berantakan kalau ada lomba, karena sehari maksimal saya bisa ngeblog dua kali saja. Kalau di KEB ada kegiatan, paling cuma sekali atau malah gak sempat. Inspirasi yang tidak sempat ditulis langsung kabur gitu aja, karena pikiran sudah dipenuhi kegiatan selanjutnya.

Blog Emak ada berapa?

Yang self hosting ada satu. Yang gratisan ada tiga. Dulu sampai sembilan. Terus didelete karena enggak enjoy. Satu lagi self hosting tapi bukan blog, online shop.

Tema apa yang paling menggambarkan diri Emak?

Paling suka tentang hikmah kejadian sehari-hari. Suka juga tentang traveling tapi sekarang sudah jarang bepergian.

Apa komentar suami dan anak-anak tentang kegiatan ngeblog emak?

Cuek heheheee…. Yang penting saya ada terus disamping mereka, dalam arti harafiah loh, enggak kemana-mana, enggak diruangan lain. Karena itu pulsa modem saya dijamin ada terus supaya saya mau diam disamping mereka, sementara mereka nonton TV, main PS, belajar dsb. Berasa kayak hiasan rumah hahahaaa….

Lusi 1

Lusi 3

Emak sudah dapat apa saja dari ngeblog?

Teman yang buanyak banget, jadi bagian dari KEB, beberapa hadiah lomba, networking dan kesempatan yang tak terbayangkan sebelumnya. Pengalaman di ASEAN Blogger Solo itu sangat berkesan, bisa traveling sendiri seperti dulu, menikmati tarian, makan berdua tukang becak dll. Bukannya tidak ingin rame-rame terus dengan peserta lainnya, tapi harus saya sempatkan untuk mendapatkan “rasa” setempat untuk dikenang. Faktor U juga kali ya, jadi banyak perenungan dengan menjadi bagian dari masyarakat setempat. Halagh! Tapi setelah pulang dari Solo, barulah keluarga mengaku kalau stress saya tinggal empat hari. Nglangut, bahasa Jawanya. Jadi selama empat hari itu, setelah tidak ada kegiatan sekolah, mereka keliling kota menghibur diri heheheee….

Lusi 2

Apa yang emak harapkan dari ngeblog?

Saya berharap blog saya menjadi tempat mampir dan berdiskusi dengan teman-teman.  Saya lebih suka bertukar pikiran daripada menjadi inspirasi, karena saya sendiri punya kebutuhan belajar yang sangat tinggi, sama seperti anak muda. Sekarang belum seperti yang saya harapkan.

Saran apa yang ingin Emak sampaikan kepada Emak-emak lain tentang ngeblog?

Ngeblog itu harus enjoy. Kalau tidak enjoy itu seperti kerja terpaksa untuk melunasi kewajiban. Kalau hati tidak enjoy, bawaannya kan emosi melulu ya? Temanya disentil dikit, marah-marah. Kalah lomba, ngomel-ngomel. Dibilang komersil, ngamuk-ngamuk. Kalau enjoy kan terserah orang bilang apa, yang penting tidak curang, tidak memfitnah, bukan plagiat dan tidak sembarangan copas artikel/foto orang. Kalau tidak senang dengan komentar orang, ya delete saja. Khusus untuk emak-emak, jangan menyerang pilihan hidup orang lain, terserah orang lain mau hidup dengan cara akrobat sekalipun. Cara hidup kita sendiri belum tentu yang paling benar kok, hanya saja kita meyakini kebenarannya. Menginformasikan tips-tips kita silakan saja, tapi tak perlu mempertanyakan emak lain. Peace!

Menurut emak, blogger yang baik itu seperti apa?

Ngeblog sesuai dengan hati dan beretika. Kalau suka adrenalin kompetisi ya jangan nyuri-nyuri ide orang lain dan main copas tanpa ijin. Kalau suka traveling, buatlah foto-foto yang bagus dengan tetap menghormati orang-orang disekitar obyek, dan sebagainya. Blogger di KEB itu paling muda berumur 15 tahun dan bersekolah. Jadi, tanpa saya rinci blogger yang baik itu seperti apa, sebagai orang yang berpendidikan, kita sudah paham mana yang boleh dan mana yang tidak. Tapi pada prakteknya, ambisi dan pengendalian dirilah yang membedakan blogger yang baik dan tidak baik.

Apa arti KEB bagi Emak?

Besar banget. Kalau tidak ada KEB sepi lagi dong seperti dulu.

Apa yang masih bisa dikembangkan dari KEB? Apakah Emak bisa membantu board dan makmin mewujudkannya?

Banyak yang masih dikembangkan, misalnya belum ada diskusi-diskusi tematik (bukan debat), memberi ruang pada emak-emak yang telah menyatakan bersedia membagi kepandaiannya (selain kelas online yang sudah berjalan), mengadakan workshop untuk emak-emak yang belum mengenal internet meskipun mampu, dan sebagainya. Saking banyaknya bingung juga ya, mau yang mana dulu, karena makmin semua bukanlah pengangguran, ada keluarga dan pekerjaan. Energi dan waktu harus dibagi-bagi. Saya siap membantu. Saya berharap lebih banyak lagi anggota lagi terlibat karena kesempatan sedemikian banyak, kalau bersama-sama kita kerjakan, pasti hasilnya lebih baik dan lebih terasa manfaatnya bagi semua.

Sekali lagi, Boards dan Makmins, dan tentunya juga semua emak-emak blogger mengucapkan selamat untuk Mak Lusi. Kontribusi, dedikasi, dan semangat emak sudah memotivasi dan menginspirasi kami semua. Emak memang layak menjadi Emak of June 2013 KEB.

Peluk erat dari kami semua 🙂