Artikel mak Istiana Sutanti

Pernah kepikiran untuk member tautan baca lebih lanjut atau read more dengan kata-kata yang dikostumisasi di tiap postingannya? Jadi bukannya selalu itu-itu saja kata yang ditampilkan untuk menunjukkan read more dan menggiring pembaca ke postingan yang bersangkutan.

Pilihan kata tautan ini ada beberapa, bisa “baca lebih lanjut” atau “read more” atau lainnya terserah si empunya blog. Tapi, mau gak sih di tiap postingan itu tulisannya gak itu-itu saja? Misalnya, kita menulis tentang tips berkomunikasi yang baik. Nah, sebelum tips ditampilkan, biasanya kita menuliskan prolog terlebih dahulu kan? Prolog ini biasanya yang kita ingin tampilkan di halaman home.  Sisanya? Ada tulisan read more yang bisa diklik dan mengajak pembaca untuk dapat melihat tipsnya secara lengkap di postingan tersebut.

Kalau di blog saya tulisan defaultnya (yang umum tanpa pengaturan tambahan) adalah “continue reading” seperti ini:

more 1

 

Tapi udah beberapa postingan akhir-akhir ini saya selalu menggunakan tautan yang lebih menarik dan sesuai dengan postingannya. Seperti ini misalnya:

more 2

Atau ini:

more 3

Atau bisa lihat sendiri di blog saya. Nah, bagaimana untuk membuatnya menjadi sesuai dengan postingan yang sedang kita buat?

Begini langkah-langkahnya:

1. Tulis postingan dengan lengkap terlebih dahulu.

2. Jika dirasa ada yang ingin ditambahkan dengan tautan more, segera ke bagian tersebut lalu enter 1x untuk memberi ruang agar tautan bisa masuk. Beri tautan di ruang tersebut dengan menekan tombol more yang berada di sebelah atas bagian pengaturan postingan.

more 4

3. Setelah more sudah menjadi bagian dalam postingan, pergi ke pengaturan text di sebelah kanan atas form postingan.

more 54. Cari tulisan: <!–more–> lalu edit pada bagian ini dengan menambahkan kata-kata yang diinginkan pada bagian dalam kurung seperti ini: <!–more Begini cara-cara saya menghabiskan stok–>

5. Kembali ke tampilan visual. Tulisan more yang telah kita tambahkan tadi akan terlihat seperti biasa, namun sebenarnya telah berubah. Save postingan. Cek di halaman home blog kita sendiri. Dan voila, tulisan read more kita jadi menarik dan sesuai dengan tema di tiap postingan.

Yap, cukup membutuhkan 5 langkah itu saja, mudah kan?

Selamat mencoba ya! ^^