Kok donat coklat darurat ? Jadi ceritanya gini, nih mak.. Suatu hari lagi santai di rumah, papito dan Zidan pengen cemilan. Kadang kalo lagi  santai di rumah aku memang selalu menyempatkan waktu untuk bikin cemilan teman minum teh buat keluarga. Bikin roti bakar, jamur krispi, ote-ote, pentol cilok atau crepes coklat. Nah, sore itu aku inget ada beberapa bahan di dapur yang kayaknya pas banget untuk membuat donat meses coklat. Ada tepung terigu, mentega, ragi/fermipan, meses, susu.. Ya udah lah bikin donat aja walau gak pake kentang. Jangan khawatir walau gak pakai kentang rasanya tetap maknyus lho, mak 😉

Bahan :

– 1/4 kg tepung terigu

– 2 butir telur ( ambil kuningnya aja )

– 2 sdm mentega ( untuk adonan )

– 1 sdt ragi

– 2 sdm susu bubuk putih

– mentega untuk olesan

– meses coklat

– garam secukupnya

– gula secukupnya

– air es secukupnya

Cara Membuat:

– Campur tepung terigu, 2 kuning telur, 2 sdm mentega, 1 sdt ragi, 2 sdm susu bubuk, dan gula secukupnya. Untuk garam berikan setelah adonan didiamkan. Karena bila garam langsung dicampur bersamaan ragi/fermipan adonan kurang mengembang.

– Aduk adonan tambahkan air dingin sedikit demi sedikit. Adonan jangan terlalu encer.

– Diamkan adonan sekitar satu jam.

– Setelah itu baru tambahkan garam dan aduk hingga merata.

– Bentuk adonan bulat berbentuk donat dan mulai goreng satu persatu dalam minyak panas.

– Setelah digoreng diamkan sejenak agar dingin baru olesi dengan mentega dan meses coklat.

Nah, mudah kan mak.. Hanya menggunakan tepung terigu tapi hasilnya enak. Coba deh pasti ketagihan 😀