Merasa beruntung sekali kali ini Arisan Ilmu Semarang diselenggarakan di kota saya tercinta pada tanggal 15 Februari 2015. Saya mendapat kesempatan mengikuti Arisan Ilmu yang merupakan kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Idblognetwork. Biasanya kota ini adem-adem saja dari kegiatan blogger offline. Sering batin saya terkoyak-koyak setiap kali melihat gegap gempita emak blogger mengikuti berbagai event blogger di ibu kota. Selalu menanti kapan Semarang mendapat giliran juga untuk aneka kegiatan sejenis tersebut.

Arisan Ilmu Semarang

Bertempat di UMKM Center yang berada di wilayah kota atas Semarang, Arisan Ilmu digelar pada hari Minggu tanggal 15 Februari 2015. Oya, bagi yang belum pernah datang ke Semarang, kota ini termasuk spesial loh dengan 2 wilayah bawah dan atas. Jadi Semarang itu kota yang berada di garis pantai, sekaligus juga memiliki dataran tinggi yang cukup sejuk hawanya. Seperti kota pantai pada umumnya, wilayah bawah memang panas luar biasa, adapun wilayah bukitnya lumayan sejuk dan berpanorama indah.

Pada Arisan Ilmu kali ini, sesuai dengan permintaan para member KEB Semarang tema yang diangkat adalah seputar creative writing (job review). Ngehits banget ya tema ini. Memang tak bisa dipungkiri lagi salah satu semangat dalam menuangkan ide-ide ke dalam blog itu manakala ada banyak pihak yang mengapresiasi tulisan tersebut. Ya pembacanya maupun pihak-pihak terkait lainnya yang mempercayakan review produk atau jasanya melalui blog yang kita kelola.

Arisan Ilmu Semarang

Mak Indah Juli, narasumber.

Pembicara pertama adalah Makpuh alias Mak Indah Julianti Sibarani. Beliau yang sudah malang melintang blognya di jagad per-job reviewan ternyata sangat humble dalam menyampaikan materi. Berbagai tips seputar monetizing blog disampaikan beliau dengan blak-blakan. Mak Injul menyampaikan bahwa saat ini tidak ada yang tidak mungkin bagi ibu rumah tangga untuk memperoleh pendapatan melalui ngeblog. Bila makin rajin menulis dan berkomunitas, kesempatan untuk mendapatkan job review akan terbuka dengan sendirinya. Banyak brand yang sudah melirik blog karena blog itu makin populer dan berpengaruh bagi pembacanya.

Adapun tren blogger yang sedang marak saat ini sesuai tingkat popularitasnya adalah :

  1. Food blogger
  2. Travel blogger
  3. Techno blogger
  4. Motivation blogger
  5. Personal blogger
  6. Lifestyle blogger

Selain Mak Injul, di Arisan Ilmu kali ini juga ada Mak Diah Didi, food blogger yang blognya kece dan penuh informasi menarik seputar dunia kuliner dan masak-memasak. Mak Didi rajin sekali posting beragam resep maupun tips memasak. Bahkan menurut pengakuannya, bila sedang mood dalam satu hari bisa mengunggah beberapa postingan sekaligus.

“Tulis saja apa yang ada di dalam pikiran kita, nggak usah terlalu banyak buka-buka referensi. Nanti jadinya postingannya nggak kayak dari dalam hati kita.”

Arisan Ilmu Semarang

Mak Diah Didi, narasumber.

Itu salah satu tips yang disampaikan Mak Didi saat hendak membuat postingan. Memang di blog emak yang satu ini, bahasa yang digunakan sangat lah ringan dan merakyat. Tapi jangan salah, dalam satu hari pageviewnya bisa ribuan. Postingan khas Mak Didi memang ngangenin sekaligus menambah pengetahuan.

Blog berniche khusus ini dipilih untuk ditekuninya karena memang beliau memiliki passion yang tinggi dalam dunia masak-memasak. Tadinya apa itu Alexa Rank saja tak pernah terbersit dalam pemikiran Mak Didi. Namun seiring dengan konsistensinya melakukan posting, rank nya semakin ramping dan mendapat berbagai job, bahkan ada yang dari agensi luar negeri.

Tips ngeblog dari Mak Didi itu :

  • Punya blog dengan domain pribadi untuk lebih menarik brand agar memberikan job kepada kita
  • Rapikan desain blog agar lebih sedap dipandang pembaca
  • Menulislah sesuai hati nurani dan passion
Arisan Ilmu Semarang

Emak-emak KEB Semarang yang antusias mengikuti Arisan Ilmu
plus live tweet acara tersebut.

Cara mendapatkan pageviews yang tinggi itu tentu saja tidak dengan serta merta datang sendiri. Menurut Mak Injul, kita bisa menaikkan pageviews dengan cara rajin blogwalking (BW) dan share postingan yang kita buat di sosmed. Memang ada ya kaitannya BW dengan pageviews? Ada dong. Saat kita berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan komen (disertai meninggalkan link url blog kita atau akun G+), maka pemilik blog tersebut memiliki kesempatan untuk berkunjung balik ke blog kita. Jadi rajin-rajin bertetangga yaaa…

Ini dia tips dan trick dari Mak Injul sesuai paparan saya di atas tadi seputar job review :

  1. Perkuat content dan updating blog
  2. Share blog campaign di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dll.
  3. Perbanyak tingkat kunjungan dan komentar pada Campaign
  4. Bangun jaringan / komunitas
  5. Berikan premium service kepada pemberi job, seperti laporan statistik postingan review meskipun pemberi job tidak memintanya.

Semoga ilmu ngeblog dari Mak Injul dan Mak Diah Didi tadi berguna bagi emak blogger semua ya. Jadi nagih nih pengin ada Arisan Ilmu batch berikutnya lagi di Semarang. 🙂

Salam hangat dari Kota Lunpia

Reportase mak Uniek Kaswarganti

Arisan Ilmu Semarang