Hari Minggu, tanggal 28 Desember 2014 lalu, Arisan Ilmu yang ke 2 kalinya di Jakarta digelar di Ruko Thamrin Office Park. Arisan Ilmu adalah acara berbagi ilmu seputar blogging kerja sama Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan IDBlogNetwork.

arisan ilmu etika job review

Pada sesi pertama acara dibuka oleh ketua arisan yaitu Mak Widy Darma, dan dilanjutkan oleh Mak Mira Sahid selaku founder KEB. Mak Mira menceritakan sejarah singkat tentang bagaimana awal dari KEB ini berdiri, yang sampai saat ini sudah memiliki member hampir 2.000 orang.

Acara pun berlanjut dengan acara inti yaitu sharing ilmu bersama Mak Isnuansa Maharani tentang Etika Job Review. Mak Isnuansa sendiri sudah berpengalaman dengan job review, maka ia membahas bagaimana seorang blogger harus tahu benar tentang etika dalam mengerjakan job review dari sebuah produk dan lain-lainnya.

“Sebagai seorang blogger, tentu harus tahu betul dengan apa yang boleh dan tidak dilakukan dalam job review,” penjelasan mak Isnuansa.

Untuk bisa mendapatkan job review, tentu harus diperhatikan beberapa hal, salah satunya dengan selalu mencantumkan kontak berupa email di blog kita sendiri. Supaya bisa memudahkan orang untuk menghubungi kita, apabila ingin memggunakan jasa kita dalam menulis review produknya.

WP_20141228_010

Dari semenjak ngeblog di tahun 2005, mak Isnuansa sendiri mulai menulis job review sejak 2010. Di sini dirinya pun memberi tips penting, bahwa dalam membuat blog tidak perlu rame, apalagi sampai ada bling-blingnya. Itu diperlukan supaya bisa membantu kita mendapatkan job review. Jadi membuat blog cukup yang sederhana dan tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri, tanpa rekayasa sedikit pun. Karena biasanya pemberi job senang dengan tulisan kita, apabila apa adanya.

Mak Isnuansa juga mengingatkan, bahwa pada saat menerima pekerjaan, tentu kita akan diberi perjanjian kerja. Nah di sini kita harus memenuhi aturan, dan harus teliti benar, supaya tulisan itu bisa sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Jangan lupa membuat laporan tertulis setelah membuat job review yang telah kita posting di blog (biasanya 1 bulan setelah publish).

Untuk mendapat job review hendaknya kita haru rajin posting, yang akan membuat statistik blog pun menjadi bagus, dan akhirnya bisa mempunyai rate card blogger. Di sini semua informasi harus tertulis, dari mulai Page Rank, Alexa Rank, total visits/month, sampai dengan total pageviews/month. Dalam rate card sendiri, perlunya ada informasi mengenai pengalaman dari tulisan review yang telah dan pernah kita kerjakan. Bukan itu saja, kita perlu mencantumkan fee per blog dan sebagainya.

WP_20141228_007

Acara pun semakin seru dengan sesi tanya jawab, yang akhirnya membuat kita yang hadir punya pelajaran baru yang bisa bermanfaat di masa depan. “Harus bisa mematuhi aturan/kode etik, dan jangan menerima pekerjaan dengan produk sejenis dalam waktu yang sama,” pesan mak Isnuansa.

Setelah acara sharing ilmu selesai, acara pun berlanjut ke acara makan-makan dan tentunya foto-foto asyik. Makanan dibawa secara potluck, jadi ada berbagai makanan berbeda yang dibawa oleh member KEB yang hadir. Bahkan tanpa diketahui, ternyata ada live tweet juga loh, dan yang menang mendapat voucher dari IDBlogNetwork. Selamat buat yang menang, dan semoga arisan selanjutnya bisa bertemu kembali, serta mendapat ilmu-ilmu keren lainnya.

Liswanti Pertiwi