foto bertiga 7 lake

Selamat Mak Indah Nuria Savitri, blognya terpilih sebagai  Blog of May 2015.Di blognya yang serba ungu ini, Mak Indah bercerita banyak soal kehidupan sehari-harinya sebagai diplomat (yang juga PNS) dan ibu dua anak yang tinggal di New York, Amerika Serikat.

Blog Mak Indah menginspirasi dengan postingan tentang kedua anaknya, cerita traveling yang diakuinya menjadi bagian pekerjaan dan juga hobi, serta kisahnya sebagai seorang survivor kanker payudara yang tetap semangat menjalani hari dan bekerja. Yuk, kenal lebih dekat dengan Mak Indah!

Berikut data diri Mak Indah:

Nama: Indah Nuria Savitri

Blog: indahnuria.com dan mamaboetobi.wordpress.com

Pekerjaan:  Diplomat / PNS Kemlu

Twitter: @indahnuria

Instagram: @insav dan @indahnuria

Makmin: Bagaimana proses  sebuah blog post dibuat? Dari mana idenya?

Mak Indah: A great way to start the story indeed :). Saya senang ngeblog karena pada dasarnya senang cerita (baca: bawel :)) dan senang berbagi. Tentang apa saja.. well, mostly. Biasanya ide selalu datang dari mana-mana, dari dua anak saya yang lagi lucu-lucunya; perjalanan menjelajah berbagai tempat yang saya lakukan, baik untuk pekerjaan ataupun perjalanan keluarga kecil kami; perjalanan dan pengalaman pribadi sebagai cancer fighter; hobi-hobi saya, mulai dari diving, masak sampai postcrossing;  juga urusan pekerjaan, foto-foto sampai koleksi tenun saya. Isi blog saya memang random, but all posts are the labour of love.

Intinya apa saja yang saya pikir menarik, bermanfaat dan bisa di-share, at least sebagai catatan buat saya sendiri. Well, ada juga sih tulisan curcol :). Yang pasti… saya selalu menyempatkan diri untuk mencurahkan hari-hari saya di blog lewat cerita dan foto-foto.

Makmin: Apa tips untuk tetap konsisten posting blog? Apalagi Mak Indah kan ibu bekerja, bagaimana membagi waktunya?

Mak Indah: sebenarnya memang tidak mudah untuk selalu konsisten, mak. Juggling with my lovely family, full-time job, and my personal passion memang perlu perjuangan dan pengorbanan tersendiri. Tapi karena saya suka, jadi rasanya ada yang tidak lengkap kalau saya belum ngeblog. Rasanya kepala penuh dengan ide dan cerita yang ‘berbahaya’ kalau tidak dicurahkan hehehe.

Jadi, biasanya saya suka ‘mencuri-curi’ waktu. Di sela-sela lunch break, saat sedang  menunggu dokter, di atas busway or saat menunggu subway, di antara panggangan kue, dan bahkan saat ‘nongkrong’ dengan damai di toilet hahaha.. Sorry if it might sound gross, tapi memang ini beneran :).  Dan biasanya, karena waktu saya terbatas, saya cicil postingan dengan drafting. Setiap ada ide yang muncul, saya draft dulu. Semua kan mulai dengan ide, kemudian dilengkapi dengan riset untuk informasi terkait supaya yang kita share memang benar (apalagi kalau berkaitan dengan informasi yang sensitive seperti kesehatan misalnya) dan penunjang lainnya seperti foto-foto. Biasanya memang perlu waktu untuk menyelesaikan satu postingan lengkap, apalagi karena saya mengerjakannya di sela-sela prioritas utama saya. Dan memang saya jadi punya draft banyaaak aja hehe… Tapi paling tidak, ide yang ada tidak terlupa dan saat kita punya waktu luang, draft tersebut bisa disempurnakan.

Memang, terkadang saya merasa kok ngga ada istirahatnya, tapi karena memang senang, jadi walaupun capek tapi selalu ada energi untuk melakukannya. Saya sempat lama ‘break’ ketika harus recovery setelah operasi mastektomi yang harus saya lakukan plus saat menjalani kemoterapi. Tapi ternyata, makin banyak pengalaman hidup yang saya alami, makin semangat saya berbagi melalui blog. So far paling tidak seminggu saya mencoba konsisten membuat 3 posts. Dan Alhamdulillah, selalu diberi semangat untuk ngeblog :).  Selain itu, ngeblog kan bukan  hanya sekedar posting, tapi juga harus rajin bloghopping dan ‘bergaul’ :), baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Ini yang saya masih kedodoran sampai sekarang. Selain karena memang berjuang dengan waktu yang terbatas, juga karena sedang jauh dari tanah air dan emak-emak keren semua.  Biasanya saya juga selalu mencoba menyempatkan diri untuk ikutan kopdar jika waktu memungkinkan, bahkan ketika acaranya diadakan di luar Jakarta. Aaaah..jadi kangen kopdaran dengan emak-emak semua niih :).

So, kalau ditanya tips, mungkin yang perlu dijaga adalah the love of blogging, kecintaan kita akan blogging itu sendiri. And love will always find the way (udah kayak lagu aja yaa :)). Nanti pasti ketemu cara yang cocok dengan ritme kita masing-masing. Percaya deeeh 🙂

Makmin: Mak Indah sejak kapan mulai menulis blog? Apa motivasi awalnya?

Mak Indah: saya mulai dengan il mio diario jaman friendster. Hmmm…tahun berapa ya itu :). Udah lama aja pokoknya, mungkin sekitar tahun 2000-an ya (jadi ketahuan deeeh generasinya 🙂 ).

Terus juga selama di Jenewa (2007 – 2011), saya ngeblog dengan platform multiply, lewat bolovesgeneva.multiply.com dan indahsburrow.multiply.com. Waktu itu sempet mulai serius ngeblognya, dalam arti semangat buat post dan lumayan banyak. Sayangnya, saat platform itu resmi ditutup, hanya beberapa tulisan saja yang sempat saya selamatkan ke platform blogspot sejak tahun 2012. Kepulangan kami ke tanah air dengan segala kerempongannya di pertengahan tahun 2011 membuat blog saya terlantar.

Waktu mulai ngeblog lagi tahun 2012, saya mulai semangat lagi. Ngeblog mulai ‘seriusan’…dalam arti yang ditulis dan yang dibagi lebih diperhatikan baik dari segi isi, tampilan, dan aspek teknis lainnya. Tapi saya juga masih amatir bangeet koook, masih banyak yang perlu dipelajari dari banyak blogger handal di KEB :). Makanya saya seneeeng banget waktu Makpon dan Makkandi Alaika di acara ASEAN Blogger Festival di Solo. Langsung deeeh gabung KEB waktu itu :).

Motivasi awal saya adalah simply berbagi. Sampai sekarang pun masih sama dan mudah-mudahan dengan terus berbagi ada banyak manfaat untuk saya sendiri dan mereka yang membacanya. Selain itu, serunya ngeblog tuh seperti punya living document yang terus evolving sepanjang kita terus menulis. Dan cerita perjalanan hidup ini pastinya akan jadi kenangan yang indah untuk saya dan keluarga :).

Makmin: Sepanjang sejarah ngeblog, apa posting paling populer? Kira-kira kenapa orang menyukai posting itu?

Mak Indah: hmm… apa yaaa… kalau diintip dari jumlah yang paling populer adalah GA saya huahahaha… Tapi banyak juga yang membaca catatan perjalanan saya ke berbagai tempat. Alhamdulillah #MyItchyFeet sempat melanglang-buana ke beberapa sudut di dunia. Berhubung saya dan suami hobi foto (dan difoto :)), cukup banyak catatan perjalanan kami yang terabadikan di foto dan sebagian kecil sudah saya tuangkan di blog. Masih banyaaak catatan perjalanan yang belum sempat saya tulis but I will :). Saya paling suka kalau catatan perjalanan saya selama di tanah air tercinta juga mendapat banyak perhatian dari mereka yang belum pernah ke Indonesia atau hanya tahu sedikit tentang Indonesia. Bangga rasanya kalau banyak yang tahu indahnya Pulau Kiluan di pelosok Tanggamus, Lampung dengan pemandangan alam dan lumba-lumba liar yang memukau atau cantiknya Tenun Nunkolo dari  NTT atau nikmatnya makan papeda dan ikan kuah kuning di Jayapura, Papua :).

Dan akhir-akhir ini banyak juga yang membaca sharingan saya terkait kanker, khususnya kanker payudara yang saya derita. Berbagai informasi dan pengalaman yang saya dapat selama menjalani pengobatan menjadi catatan penting buat saya sendiri. Mudah-mudahan mereka yang membaca postingan itu mendapat manfaat :).

Makmin: Apa yang selalu membuat Mak Indah menulis dan menulis lagi di blog?

Mak Indah: it keeps calling me… menulis itu menyenangkan ternyata. Bener, lho.

Well, dalam pekerjaan saya, menulis, khususnya dalam bentuk laporan dan pernyataan Indonesia, adalah salah satu elemen utama karena reporting juga merupakan tugas utama diplomat, selain promoting and representing Indonesia, plus protecting our citizens. Tapi menulis karena pekerjaan dan menulis untuk blog beda sekali :). Makanya saya merasa ngeblog membuat hidup saya lebih seimbang, tidak substansi melulu hahaha. Ada masa di mana pekerjaan saya sangat intense dan menguras tenaga, tapi saya justru menjadi rileks kembali setelah menulis blog. Jadi ada efek terapinya juga ya.

Saya juga merasakan hal yang sama saat saya harus menjalani rangkaian pengobatan untuk kanker payudara yang saya derita. Di tengah kondisi badan yang bener-bener ngga enak, pikiran stress dan capek, ngeblog sebentar membantu membuat saya semangat lagi. Apalagi ditemani suami dan anak-anak yang seringkali masih bingung kenapa saya suka sekali ngeblog :).

Makmin: Apa pentingnya social media untuk Mak Indah?

Mak Indah: social media tuh buat saya seperti bagian dari daily routine. Bayangkan saja, bangun tidur update status, naik subway check in di stasiun, selesai masak posting foto masakan, selesai posting blog langsung share….hahaha. I’m not bragging about it tapi ya itu.. social media sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari.  Kalau ngga ada rasanya belum lengkap. Well, I’m not a social media junky either, dalam arti saya tidak ‘kecanduan’ dengan berbagai platform media sosial yang ada dan saya juga masih belum memanfaatkannya secara maksimal.

Tapi kita memang harus akui kalau media sosial memiliki potensi besar, baik positif maupun negatif.  Banyak informasi penting, menarik dan bermanfaat yang saya dapat dari media sosial, plus jejaring dan teman-teman dunia maya yang menyenangkan. Tapi di luar itu, interaksi yang penuh emosi negative dan manipulatif, pornografi, dan penipuan adalah sebagian kecil dari ancaman yang mengintip dari media sosial juga. Jadi kita harus bisa hati-hati dalam menggunakannya. Saya mencoba memanfaatkannya dengan seimbang saja. Buat saya, the real world is far more colorful and rewarding. Jadi meskipun menikmati asyiknya media sosial, saya sangat menghargai pertemanan dan kehidupan saya di dunia nyata :).

Makmin: Apakah pernah bosan blogging dan ingin berhenti? 🙂

Mak Indah: Hahahaha…belum tuuuh. Kalau lelah, mungkin iya…tapi bukan karena bosan dan terus ingin berhenti. Lebih karena kelimpungan sendiri membagi waktunya. Apalagi saya selalu mencoba menghabiskan waktu bersama Bo et Obi (dan juga my munchkin :))  yang seringkali tersita karena tanggung jawab pekerjaan yang bejibun. Kalau sudah begini, biasanya saya realistis saja… kalau memang tidak bisa selalu update blog, ya jangan dibawa stress :). But for sure, karena saya suka, selalu ada waktu untuk ngeblog at the end of the day. Jadi blog tidak terlalu ‘berdebu.’

Makmin: Ada cerita unik, duka, menyenangkan, tak terlupakan selama jadi blogger?

Mak Indah: Saya ketemu banyak teman kereeeeen :). Saya beruntung sempet sering ikutan kopdar dengan teman-teman blogger yang asyik-asyik dan inspiratif selama di Indonesia. Ada banyak cerita seru dan menyenangkan selama ikut kegiatan itu, belum lagi foto-foto ‘ajaibnya’ hehehe. Punya banyak teman dari berbagai daerah, dengan berbagai latar belakang budaya dan pengalaman hidup adalah harta tak ternilai buat saya. Dan alhamdulillah hal ini saya dapat dari ngeblog. Sedikit-sedikit saya juga menikmati anugrah materi dari ngeblog, baik dalam bentuk barang, uang, kesempatan menerbitkan tulisan dan antologi, dan hadiah lainnya. Walaupun bukan itu tujuan utama saya ngeblog, tapi itu bonus ngeblog yang oke bangeeet :).

Dan saya tidak menyangka, hobi ngeblog saya yang relatif masih baru ini bisa memberi saya kesempatan untuk menjadi salah satu 50 semifinalis, dan kemudian menjadi 10 finalis Srikandi Blogger tahun lalu. It was indeed a great honour! Saya yang masih anak bawang bisa belajar banyak dari blogger inspiratif yang luar biasa.

foto botak pink

Makmin: Sebagai seorang survivor kanker payudara, apakah ada pesan untuk para perempuan Indonesia?

Mak Indah: saya berharap teman-teman semua bisa selalu menjaga kesehatan dan hidup seimbang. Don’t stress out. Memang terkadang mudah untuk diucapkan tapi susah diterapkan (look who’s talking 😉 tapi pasti kita semua bisa. Jangan pernah takut untuk bertanya, belajar, periksa dan aware dengan kondisi tubuh sendiri. Saya terbantu dengan early detection, mak. As I said in my post, early detection is the best defense. Kalau merasa ada yang aneh atau tidak biasa, jangan didiamkan ya mak. Semakin dini terdeteksi, semakin besar kemungkinan kanker yang diderita terobati. Semua bermula dari diri kita sendiri dan semoga kita semua bisa selalu sehat …

Buat mereka yang masih terus berjuang untuk sembuh total seperti saya, semangaaat ya.  I know how hard things can be. Nothing is easy but you will be amazed to see how strong you really are :). Dan jangan pernah lupa berdoa, minta diberi kekuatan oleh Sang Maha Pemberi Hidup. Let’s fight this cancer!

Makmin: Bagaimana Mak Indah melalui hari-hari berat dan apa yang selalu bias membuat emak kembali ceria?

Mak Indah: Keep the faith, mak. Saya selalu, dan akan selalu, berpikir positif untuk segala hal yang harus saya lewati dalam hidup ini. Saya percaya bahwa Yang Kuasa punya rencana dan skenario terindah buat saya dan juga orang-orang yang saya cintai. Dan saat diberi cobaan kesehatan, saya justru jadi sadar bahwa banyak yang perlu saya perbaiki dalam hidup ini, termasuk prioritas dan gaya hidup. Banyak hikmah yang saya petik selama sakit, mulai dari unconditional love dari orang-orang yang saya cintai dan mereka di sekitar saya, kekuatan doa dan positive thinking, gaya hidup sehat yang harus dijalani, sampai fakta bahwa gaya rambut botak ternyata oke juga :).

Don’t get me wrong…saya juga mengalami banyak kesedihan, stress, frustrasi, marah pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar saya, dan masa-masa yang berat saat menghadapi ujian hidup. Toh kita memang manusia biasa :)…jadi normal jika kita merasakan emosi-emosi tersebut. Yang penting adalah yakin dan percaya bahwa semua itu adalah sebuah proses yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Selalu ada hikmah dan pelajaran berharga yang kita dapat dari cobaan-cobaan ini. Selesai menangis dan lega, pompa kembali semangat ke diri sendiri dan bilang kalau kita bisa melewati ini semua. Semangaaaaat…

Inget ngga, kalau ada anak kecil yang sakit, kita selalu bilang mereka mau gede, mau pinter? Nah, analogi yang sama juga saya terapkan ke diri sendiri 🙂

Makmin: Apa harapan emak kepada para blogger, terutama blogger perempuan?

Mak Indah: Show the world your true potential! Saya yakin banyak blogger perempuan yang begitu berpotensi…memiliki bakat, kemampuan dan keahlian khusus yang pastinya banyak memberi manfaat bagi semua, apapun itu bentuknya.  Seringkali kita merasa tidak percaya diri atau ragu untuk berbagi di blog…Don’t! Yakin dan percaya kalau apa yang kita sampaikan melalui blog bisa membawa kebaikan dan manfaat, entah itu lewat tulisan, foto, video, review, promosi dan apa saja. Dan kalau kita semua ngeblog dengan hati dan dengan cinta, pasti kereeen deh hasilnya :). Saya pun tidak berhenti belajar dari emak-emak semua, supaya bisa menjadi blogger yang baik dan lebih baik lagi…

Makmin: Sebuah komunitas blogger itu seharusnya seperti apa sih? Ada saran untuk kemajuan KEB?

Mak Indah: Buat saya, comfort is the key. Suatu komunitas akan solid jika semua yang tergabung di dalamnya nyaman satu sama lain. Pastinya tidak mudah karena memang komunitas akan selalu terdiri dari banyak orang dengan segala keunikannya. Keragaman ini yang justu membuat suatu komunitas ‘kaya’ dan karenanya perlu dipelihara. Dan di mana-mana, jika kita bergabung dalam komunitas kita pun harus bisa toleran dan menerima berbagai perbedaan ini. Selain itu, komunitas kan dibentuk karena ada benang merah atau kesamaan yang membuat kita bergabung, misalnya KEB yang menjadi wadah perempuan blogger Indonesia di mana pun berada. So, mari kita sama-sama jaga keseruan “tempat nongkrong bareng” kita ini :).

Saya senang karena KEB aktif dan bisa menjadi rumah yang nyaman buat begitu banyak blogger perempuan Indonesia, termasuk melalui kegiatan dan program-program seru. Mudah-mudahan KEB bisa tambah engaged dengan anggotanya yang luar biasa banyak dan makin beragam. Saya pikir kegiatan yang ada seperti  perhelatan Srikandi Blogger, KEB Peduli, kopdar bareng, Artikel Berbagi dan lainnya sudah oke, hanya tinggal ditambah frekuensinya dan diadakan di berbagai kota. Aaaah, saya jadi kangeeeen semuaaa :).

Sukses selalu ya KEB… Salam kangeeeen (pake banget) dari pojok NYC yang mulai menghangat…

Terimakasih mak, semoga selalu bisa menginspirasi emak-emak blogger dan teman-teman blogger lainnya untuk lebih semangat berbagi melalui tulisan online. Bisa juga menginspirasi para survivor kanker untuk tetap semangat menjalani hidup dengan bahagia! 🙂

BANNER BOTM mei