image15
Lobi atrium Mal Kota Kasablanka siang itu semarak. Dengan warna kuning cerah, sesuai dengan warna kotak susu Dancow 1+, warna primer subtraktif ini membawa pesan ceria dan damai. Acara itu adalah acara Nestle DANCOW EXCELNUTRI+: The First & The Biggest Ranch Adventure yang digelar selama dua hari yaitu tanggal 30-31 Mei 2015  di Jakarta.

Didahului oleh Media Briefing di Munchies Café, tampak rekan-rekan media bersiap mendengar talkshow. Suara Brand Ambassador Dancow, Shahnaz Haque terdengar ramah membuka acara. Ibu dari tiga putri ini memang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

“Pada dasarnya, orangtua berperan dalam memenuhi kebutuhan dasar anak berupa fisik, stimulasi dan tak lupa kasih sayang,” kata Shahnaz Haque saat membuka acara.

“Selain itu, sebagai orangtua kita sebaiknya percaya diri sehingga si Kecil berani bereksplorasi pada masa pertumbuhannya.”

Untuk itu, orangtua baik Bunda dan Ayah harus rajin belajar tentang pertumbuhan anak, baik dari media maupun berkonsultasi dengan para dokter anak. Dengan pengetahuan cukup, niscaya orangtua akan menjadi percaya diri.

Tiga Faktor Penting yang mempengaruhi pertumbuhan anak

Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik mau pun kecerdasan anak, di antaranya adalah nutrisi, stimulasi dan genetik. Jika anak mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup, maka anak tumbuh dengan sehat dan berkembang lebih cepat dari pada anak-anak lain di usianya.

Seperti diungkapkan oleh Category Marketing Manager Dancow Growing Up Milk PT Nestle Indonesia, Jasmin Lumanta Estacio.  Beliau mengatakan Nestle Dancow percaya perkembangan anak harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting nutrisi inilah yang melatarbelakangi peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+.

 “Kami terus berinovasi menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si Kecil. Kami ingin memastikan anak Indonesia terlindungi dengan memberikan nutrisi yang tepat karena mereka berada pada masa belajar dan bereksplorasi.”

  • Pemberian nutrisi yang cukup dapat dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. dr. Ali Sungkar, SpOG(K) menekankan pentingnya nutrisi di 1000 hari pertama. Ditambahkan oleh dr. Vinka Desiria selaku Nutrition Advisor Manager, asupan nutrisi tepat sesuai dengan tahapan usia akan bekerja efektif dalam tubuh si Kecil.
  • dr. Sudjatmiko, Sp A(K) MSi. menekankan stimulasi tepat berupa menyediakan faktor lingkungan yang sehat dan nyaman, akan membentuk karakter dan kepribadian anak. Jika anak mendapat cukup kasih sayang dan fasilitas lain yang bisa merangsang perkembangan anak, maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan optimal.
  • Psikolog Ratih Ibrahim, MM menambahkan tentang cinta dan eksplorasi untuk anak. Cinta adalah memberi ruang kepada si Kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh, dan berlari mengejar cita-citanya. Cinta adalah memberi ruang pada si Kecil agar bereksplorasi dan mengenal hal-hal baru, bukan membatasi.
  • Terakhir, Riza Nopalas selaku Brand Manager Nestle Dancow Excelnutri+ menambahkan, “Cinta Bunda dengan memberikan nutrisi dan simulasi yang baik dapat mengoptimalkan masa depan si Kecil. Mari berikan perlindungan terbaik si Kecil agar bereksplorasi.” Harapan Nestle Dancow Excelnutri+ adalah memperkuat momen orangtua dan si Kecil hingga menjadikan si Kecil tangguh dan kreatif.image1

Ada apa di Nestle Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure?

Untuk memfasilitasi peran belajar orangtua bersama si Kecil ini, Dancow Excelnutri+ menghadirkan satu wahana berisi tujuh aktivitas seru. Ada area Gardening untuk mengenal tumbuhan, ada Animal Petting, Fishing, Milking Cow, Pony Riding agar si Kecil berani berinteraksi dan berempati terhadap hewan. Sementara itu, aktivitas Puzzle dan Hay Maze mengajarkan solusi dan mengasah memori.

image4
image2

Tidak hanya itu, di area yang khusus dibuat nyaris seperti di alam ini, si Kecil berlarian ke sana ke mari dengan ceria, karena di setiap sudut ada kakak-kakak yang mengajak mereka bermain. Jika haus, ada tiga titik pengambilan susu Dancow Excelnutri 1+ yang tersedia! Ibu yang mendampingi si Kecil juga dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter ahli. Wow.. senangnyaa..!

image13

Inovasi dari Nestle DANCOW EXCELNUTRI+

Inovasi terbaru dari Nestle adalah dengan diluncurkannya Nestle DANCOW Excelnutri+ dengan formula yang disempurnakan. Rangkaian susu formula ini adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1 hingga 12 tahun yang membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal.

Inovasi terbaru ini berisi :

  1. Nutrisi untuk perlindungan untuk kesehatan pencernaan. Lactobacillus rhamnosus, bifidobacterium longnum, serta inulin mampu melindungi kesehatan saluran cerna si Kecil. Vitamin A, C, E, serta mineral selenium dan zinc berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk pertumbuhan serta menguatkan daya tahan tubuh si Kecil
  2. Nutrisi untuk mendukung perkembangan otak agar bisa membantu proses belajar si Kecil, seperti asam lemak esential (omega 3 dan omega 6) juga minyak ikan sebagai sumber DHA
  3. Nutrisi untuk pertumbuhan fisik si Kecil dengan macro dan micro nutrient seperti protein serta kalsium.

Seperti kita ketahui, nutrisi dan stimulasi yang berkelanjutan akan mendukung perkembangan 5 kemampuan dasar kognitif si kecil. 5 kemampuan kognitif si Kecil, yaitu memori, perhatian, psikomotor, bahasa, bahasa dan penyelesaian masalah bisa diasah melalui program Stimulearn ini.

Untuk itu DANCOW Parenting Center bersama Nestle Research Centre mengembangkan program Stimulearn, yaitu program yang dirancang khusus untuk para orang agak mengajak si Kecil bersama-sama bereksplorasi melalu permainan online dan offline. Ayah dan Bunda juga bisa mendapatkan berbagai tip seputar parenting dan artikel berbagi lainnya yang berkaitan dengan tumbuh kembang si Kecil.

Sesi Tanya Jawab

Seperti biasa, jika ada kesempatan bertanya, maka tak akan dilewatkan oleh media yang hadir. Pertanyaan pertama adalah dari seorang Ayah yang hadir bersama putranya. Ia bertanya tentang kecukupan nutrisi anak sejak bayi kepada Dr.dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K).

Dr. Ali menerangkan bahwa kecukupan nutrisi terutama pada bayi adalah di 1000 hari pertama. Bukan dihitung dari bayi lahir namun sejak masih janin.

Pertanyaan kedua adalah bagaimana jika ada Ibu yang tidak mau minum susu saat kehamilan berlangsung?

Menurut dr. Ali, jika Ibu tidak minum susu, si Kecil tetap bisa bertumbuh namun untuk kebutuhan kalsium, si Kecil akan mengambil cadangan kalsium dari cadangan tubuh bundanya. Akibatnya, Ibu yang cadangan kalsium tubuhnya ‘diambil’ oleh si kecil akan mudah mengalami gigi keropos dan osteoporosis.

Dr . Vinka juga menambahkan, kalsium memang tak hanya dari susu, ada juga sayur-sayuran seperti brokoli dan pisang. Namun susu tetap memiliki cadangan kalsium terbesar. Ibu bisa berkreasi dengan susu. Misalnya membuat pudding, sop dengan susu, atau bahkan jus atau smoothie.

Nestle Dancow Ranch Adventure Tour

Usai acara talkshow, kami digiring menuju aula atrium lobi Mal Kota Kasablanka yang luas dengan diiringi serombongan karakter binatang lucu seperti ayam, kelinci, kuda dan lain-lain. Langsung menonton pertunjukan operet. Operet ini dibawakan anak-anak kecil, dan berkisar pada tema petualangan di ranch atau area peternakan.

Operet berlangsung selama sekitar 20 menit, dan berakhir dengan si Kecil yang menang melawan bakteri jahat karena #DancowLindungi dengan Dancow Excelnutri+.

Animal Petting

image7

image6
Di area ini, si Kecil memberi makan binatang hidup. Ada kelinci, domba, hingga kuda poni, juga memancing. Ternyata banyak ya yang masih takut dengan binatang, bahkan jijik. Di sinilah proses belajar dimulai, dengan membantu si kecil mengenal binatang tersebut.

image8

Saat pulang dari area memancing, si Kecil diberi sebuah gelas bertutup yang isinya ikan yang mereka pancing tadi!

Milking Cow
image14

Pasti si Kecil belum pernah memerah susu sapi, bukan? Nah, di sini mereka belajar merasakan memerah susu sapi. Lucunya, sapi yang ada adalah sapi boneka, seru ya!

Consultation Booth and Puzzle Area
image10

Ayah dan bunda bisa berkonsultasi dengan ahlinya di sini. Ada psikolog dan ahli nutrisi. Di satu area ini terdapat Puzzle Area. Si Kecil bisa leluasa menggambar, mewarnai dan bermain lego di sini. Gunanya untuk belajar berkreasi dan problem solving.

Hay Maze / Labirin Petualang
image16

Area ini benar-benar mengajarkan Si Kecil berani memasuki labirin seorang diri. Tujuannya tentu agar si Kecil belajar memecahkan masalah. Selain itu si Kecil disuruh mencari tiga buah apel untuk si kuda poni.

Photo Booth
Photo booth ini adalah untuk foto bersama ala dunia cowboy. Semua boleh memakai properti yang disediakan, hasil foto bisa langsung dicetak untuk dibawa pulang. Sayangnya, karena peminat yang banyak membuat foto kami gagal dibawa pulang.

Tentang Nestle Indonesia
Nestlé adalah sebuah perusahaan multinasional di VeveySwiss. Bergerak di bidang produsen makanan dan minuman. Nestle didirikan pada tahun 1868 oleh Hendry Nestlé. Perusahaan ini menghasilkan makanan nutrisi dan minuman nutrisi seperti makanan bayisusukopicokelat, dan lain-lain. Perusahaan ini masuk dalam bursa saham SWX Swiss Exchange.

Di Indonesia, Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A di Vevey, Swiss dan berdiri pada tahun 1971. Saat ini, karyawan Nestle mencapai jumlah 3.300 orang. Pusat penelitian Nestle tersebar di Switzerland, Amerika Serikat, China dan Jepang.

Nestle menggambarkan komitmen perusahaan sebagai penyedia produk yang berkualitas dengan motto perusahaan “Good Food, Good Life”. Tak main-main,  Nestle didukung oleh 34 pusat pengembangan di seluruh dunia serta memiliki lebih dari 5000 ahli di berbagai bidang seperti gizi, fisiologi, teknologi pangan, serta dokter spesialis.

Di usianya yang ke 150 tahun, Nestle telah menjadi produsen makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia, pabrik Nestle ada di Cikupa, Sepanjang dan berkantor pusat di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Merek yang beredar di pasaran antara lain adalah DANCOW, MILO, NESCAFE, CERELAC, LACTOGEN 3, KITKAT, FOX’S, BEAR BRAND, dan lain-lain.

Info Nestle DANCOW Excelnutri+

Website:  http://www.dancow.co.id/dpc/
Fanpage Facebook: Dancow Parenting Center
Twitter: @DancowCenter

Tanti Amelia