Sekarang sudah memasuki bulan puasa, sebentar lagi hari raya Idul Fitri tiba. Teman-teman sudah siap mudik?

Meskipun tidak merayakan Lebaran, aku biasanya mudik juga ke rumah ortu karena anak-anak libur sekolahnya.

Sumber gambar :  http://www.kaskus.co.id/

Sumber gambar : http://www.kaskus.co.id/

Setahun lalu saat mudik ke rumah ortu, di tengah jalan baru ingat kalau tadi sebelum berangkat aku menyetrika baju anak-anak. Aku lupa apakah setrikanya sudah dicabut atau belum dari stop kontak. Seingatku sih sudah, tapi aku masih ragu karena sebelum berangkat lupa mengecek setrikaannya. Duh padahal air, elpiji, rice cooker dan lampu-lampu sudah kuperiksa semua, kenapa setrikanya lupa. Langsung saja aku beritahukan kepada suami tentang kekhawatiranku.

Suami menelpon adiknya minta tolong memeriksa kondisi setrika. Untungnya adik suami tinggal di kota yang sama. Tapi karena pagi hari toko biasanya rame pengunjung, dia tidak bisa secepatnya langsung pergi ke rumah kami.

Kami sudah hampir di tengah perjalanan saat itu, kurang lebih 2 jam dari berangkat tadi. Masa mau balik arah pulang lagi ke rumah. Mau diteruskan kok perasaan nggak enak, mau balik pulang lagi sudah terlanjur jauh. Serba salah jadinya. Akhirnya suami mengemudikan mobilnya pelan-pelan.

Selama menunggu kabar dari adik iparku, bayangan buruk terus berkelebat di kepalaku, jangan-jangan kabel setrikanya memang lupa nggak dicabut terus rumah kebakaran. Mau nangis rasanya hiks. Nggak bisa berbuat apa-apa selain berdoa dan menunggu kabar dari adik ipar.

Satu setengah jam kemudian adik iparku menelpon mengabarkan kalau sudah ke rumah dan nggak terjadi apa-apa. Kabel setrika sudah dicabut dari stop kontak. Huaaah plong rasanya hati ini,  rasa syukur tak henti kupanjatkan dalam hati. Terima kasih, Tuhan. Selanjutnya kami bisa meneruskan perjalanan dengan hati lega.

Kejadian ini sungguh merupakan pengalaman yang berharga buat kami. Lain kali kami harus berhati-hati, jangan sampai teledor memeriksa semuanya sebelum berangkat mudik ke luar kota. Aku harap teman-teman tidak mengalami kejadian sepertiku ini.

 Beberapa hal yang harus dipastikan keamanannya antara lain:

  • Checklist barang yang mau dibawa, jangan sampe ada yang ketinggalan (misal: jaket, obat-obatan dsb)
  • Amankan stop kontak dan barang elektronik lainnya (lampu-lampu, rice cooker, setrika, tv dll)
  • Periksa kompor dan tabung elpiji.
  • Periksa kran kamar mandi.
  • Simpan barang berharga di tempat yang aman.
  • Pastikan pintu dan jendela sudah tertutup rapat dan pagar sudah digembok dengan benar.

Yup, semuanya harus diperiksa sebelum mudik. Jangan sampe lupa TV masih nyala, kran air kamar mandi masih nyala atau obat nyamuk elektrik masih belum dicabut, duh jangan sampe ya. Apalagi nih yang perlu diperhatikan? Silahkan jika ada yang mau menambahkan.

Selamat berpuasa buat teman-teman yang menjalankannya.

Selamat mempersiapkan mudik juga *bagi yang mau mudik 🙂