Lelah setelah lebaran kali ini akibat macet atau gak ada ART?

Jangan takut. Kita ke dapur yuk… pasti jadi segar kembali. Eh? Iya, kalau terpikir dapur, yang terlintas adalah garam, minyak goreng, jahe, kencur, bla bla bla.. masak udah lelah disuruh ke dapur lagi? Eh, bukan disuruh masak, lhoo, tapi membuat bahan untuk perawatan tubuh!

Memang sih, jaman sekarang banyak perawatan tubuh instan, tinggal beli di mini market terdekat. Ada lulur instan, garam mandi, body lotion … name it. Tapi sesekali kalau ingin yang baunya persis seperti yang kita inginkan, atau gak sempat beli (baca: malas shopping) nggak ada salahnya kita gunakan yang dari tempat terdekat : dapur.

Kali ini saya ingin mengulas kegunaan bath salt. Bath salt adalah garam mandi. Fungsinya tak sepopuler luluran, Di Indonesia kita lebih familiar dengan lulur, Karena cara mandi orang Asia adalah ‘byur byur’ bukan berendam di bath tub. Bath salt menggunakan bahan utama garam, namun yang digunakan hanya garam bata kasar, bukan garam meja. Garam meja biasanya telah melalui proses pemutihan dan penambahan senyawa seperti iodium.

Fungsi garam mandi adalah merangsang pengeluaran racun atau toksin dari tubuh melalui pori-pori kulit. Biasanya telah diberi wewangian aromaterapi, sehingga bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks, selain itu mencegah otot menjadi kram.

bath salt

 

BAHAN YANG DIPERLUKAN

Garam kasar 125 gram ( 1 sdm = 10 gram )

Baking soda 60 gram ( sekitar 1 cangkir kecil )

Minyak esensial (lavender atau eucalyptus, atau sesuai selera) cukup 20 – 30 tetes

Semua bahan ini dicampurkan di dalam toples. Untuk mandi, cukup dilarutkan sekitar 2 – 3 sendok makan saja.

Sebelum berendam, baby oil atau minyak zaitun diratakan ke seluruh tubuh. Parut jahe segar sebanyak 1 ruas ibu jari dan dimasukkan ke dalam bak mandi yang akan digunakan. Jika memungkinkan, berendamlah selama 30 menit. Jika tidak, mandi seperti biasa namun perlahan-lahan sambil menikmati aroma yang menguar dari air.

Semakin tinggi konsentrasi garam, maka efeknya setelah mandi tubuh akan terasa lebih ringan dan menghilangkan rasa lelah.

Selamat mencoba!

 

Picture courtesy :
simplydesigning.net
number-2-pencil.com

 

Tanti Amelia | tantiamelia.com