Foto : Dok. Sary Melati

Foto : Dok. Sary Melati

Memiliki anak-anak yang sehat dan bahagia adalah impian setiap orangtua. Salah satu kekhawatiran saya adalah ketika anak-anak sakit. Apalagi kalau anaknya masih kecil dan belum mampu berkomunikasi dengan baik. Gak tega rasanya 🙁 Karena itulah, saya selalu berusaha menjaga supaya anak-anak tetap sehat. Menyediakan makanan sehat dan bergizi, memastikan mereka memiliki waktu istirahat yang cukup serta menjaga tubuh dan rumah selalu bersih dan bebas kuman sehingga anak-anak selalu merasa nyaman dan bebas bermain.

Anak-anak umumnya senang bereksplorasi. Rumah saya jarang sekali bisa rapi. Setiap hari selalu saja ada barang-barang yang bertebaran tidak pada tempatnya. Mulai dari mainan anak-anak, buku-buku, kertas, spidol, sampai perkakas dapur seperti panci pun bisa ditemui di kamar mandi dan beralih fungsi jadi perahu-perahuan. Belum lagi remah-remah makanan bekas anak-anak makan. Oleh sebab itu rumah wajib dibersihkan setiap hari supaya tidak menjadi sarang kuman. Termasuk mainan-mainannya harus sering dicuci. Anak saya yang paling kecil, masih suka memasukkan mainannya ke dalam mulut. Duh, gak kebayang kan kalau mainannya kotor? Berapa banyak kuman jahat yang masuk melalui mulutnya 🙁

Anak-anak saya senang bermain di lantai. Mereka tidur-tiduran, guling-gulingan di lantai.  Meskipun bersih karena selalu disapu dan dipel, saya tidak bisa menjamin kalau lantai rumah bebas kuman.

Kuman adalah organisme yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Kuman ada dimana-mana dan bisa menjadi sumber penyakit berbahaya. Kuman bisa menyebabkan infeksi. Tanpa kita sadari, kuman ada dimana-mana, termasuk di lingkungan yang bersih sekalipun. Anak-anak rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa.

Penyakit yang umum diderita anak-anak penyebab utamanya ternyata  adalah kuman dan bakteri jahat yang banyak terdapat di sekitar mereka. Masalahnya kita sering baru menyadari kalau anak-anak diserang kuman jahat ketika mereka mulai menunjukkan gejala sakit. Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek, atau penyakit perut seperti diare  adalah penyakit yang paling sering dialami anak-anak. Begitu juga dengan kulit anak-anak yang masih sensitif, rentan sekali mengalami gangguan seperti ruam dan alergi.

Jenis kuman seperti bakteri bisa hidup dimana saja dalam kondisi suhu ekstrem sekalipun.  Jadi, rumah yang terlihat bersih ternyata belum tentu bebas kuman loh, Mak. Bersih saja ternyata tidak cukup. Bersih belum tentu sehat dan bebas kuman. Apalagi kuman tidak kelihatan oleh mata. Sebagai seorang ibu, saya bertanggungjawab untuk kesehatan anak-anak saya. Supaya #100PersenYakin dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada anak-anak, saya selalu menyediakan antiseptik di rumah.

Antiseptik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan hidup seperti kulit manusia (sumber: wikipedia). Buat saya, antiseptik adalah salah satu perlindungan pertama untuk kesehatan anak-anak dan keluarga. Para ahli kesehatan pun menyarankan penggunaan antiseptik dalam keseharian kita, karena antiseptik dapat menghambat penyebaran penyakit.

Antiseptik yang saya pakai di rumah adalah Dettol Antiseptik Cair. Produk ini multiguna karena bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan dan sangat efektif membunuh 100 kuman penyebab penyakit. Dettol Antiseptik Cair sudah lama dipercaya untuk menjaga kesehatan keluarga dari kuman penyakit. Namun ternyata, kebanyakan orang hanya tahu kalau Dettol Antiseptik Cair itu untuk digunakan sebagai campuran air mandi dan obat luka saja. Padahal Dettol Antiseptik Cair juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai, dicampur air untuk mencuci mainan anak-anak, membersihkan meja makan yang kotor, bahkan untuk campuran air mencuci baju. Dan tahu, gak, Mak, dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang tepat, Dettol Antiseptik Cair juga bisa untuk mengobati ketombe dan jerawat ^_^

Ada banyak jenis antiseptik yang bisa kita gunakan sehari-hari. Manfaatnya sama, hanya penggunaannya saja yang berbeda. Pastikan selalu membaca petunjuk penggunaan yang ada di kemasan, ya, Mak, supaya anak-anak dan keluarga kita tetap sehat dan terlindungi dari kuman.

Kuman memang ada di sekitar kita. They are EVERYWHERE. Yuk, pilih perlindungan yang tepat, Mak, supaya rumah kita selalu bersih dan sehat. Anak-anak pun bisa bebas bermain tanpa khawatir dengan gangguan kuman.

#100PersenYakin lantai rumah bersih dengan Dettol Antiseptik Cair Foto: Dok. Fanpage Dettol Indonesia

#100PersenYakin lantai rumah bersih dengan Dettol Antiseptik Cair
Foto: Dok. Fanpage Dettol Indonesia