Moms, Coba deh cek aplikasi   pengukur  cuaca  yang ada di  ponsel  kita.  Rata-rata  setiap hari  menunjukkan angka yang menginformasikan suhu  selalu panas, ya.  Jarang  banget  ketemu hujan yang jadi sesuatu yang  kita  rindukan. Catat, hujan yang dirindukan! Hehe. Kalau hari lagi panas-panasnya, boro-boro  pergi ke luar,  maunya sih  diam saja di rumah, leyeh-leyeh  menikmati hari. Tapi sayangnya kita sudah bukan anak-anak lagi yang bisa main atau santai sesuka hati. Apalagi sebagai seorang Ibu, pastinya kita tetap siaga saat berada di rumah. Rasanya enggak tega juga membiarkan  seisi rumah kelaparan atau rumah kotor, dan berantakan. Yang ada juga, kita malah  semakin suntuk dan repot  dibuatnya. Apalagi kalau musim kemarau seperti  ini,  rumah semakin  mudah sekali terpapar  debu.  So, dengan kondisi seperti itu, apakah sudah cukup dengan menyapu dan mengepel lantai saja agar rumah tetap bersih dan terbebas dari kuman?

Contohnya nih, jendela rumah.  Akses sinar matahari dan udara  ini juga jangan sampai  kita lewatkan untuk dibersihkan.  Selain kaca,  jangan sampai juga membuat kita  mengabaikan gorden.  Duh,  rasanya memang malas banget  membersihkan  yang satu  ini.  Selain ukurannya besar dan berat, bahan, dan detil lainnya, membuat kita lebih memilih untuk mengangkat tangan dan pergi ke laundry untuk menyelesaikannya.

Tips Mencuci Gorden emak blogger copy

Untuk beberapa  jenis  gorden terutama yang modelnya agak rumit, memang laundry adalah pilihan  paling pas  untuk  menyelesaikannya. Tapi untuk beberapa jenis gorden tertentu sebenarnya  bisa kita cuci sendiri di rumah, lho.

  1. Frekuensi Membersihkan Gorden

Bingung berapa  kali  idealnya mencuci  gorden?  Terlalu sering  mencuci gorden  selain ribet saat melepas dan memasangnya  kembali, juga bisa membuat  warna gorden jadi cepat pudar. Sebenarnya cukup  kok,   mencuci gorden  dengan jarak  3 bulan dari atau ke pencucian berikutnya.  Jadi  dalam setahun   kita hanya  perlu mencuci  gorden  sebanyak 4 kali, lho. Tuh kan, ga serepot  yang dibayangkan, ya?

  1. Perhatikan Bahan Gorden

Perhatikan  tag wash  atau keterangan lain yang tercantum pada  kemasan waktu  pertama kali membeli gorden.  Ada  gorden yang bisa dicuci dengan bantuan mesin cuci atau harus dicuci dengan tangan agar tidak merusak  bahan atau lebih aman  dikirim ke laundry karena  detil yang rumit seperti  lipitan  pada  gorden atau bahan  yang   mudah rusak seperti sutra, rayon atau  wol misalnya.

  1. Singkirkan Debu Sebelum Dicuci

Untuk meringankan pekerjaan kita saat membersihkan gorden, sebaiknya  gunakan bantuan vacuum cleaner sebelum dicuci.  Bersihkan  gorden dengan menggerakan vacuum  cleaner yang mengarah dari atas ke bawah.  Jangan bingung kalau tidak punya  vaccum  cleaner,  karena kita juga bisa menggunakan kemoceng atau lap basah.

  1. Saat Mencuci

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci gorden baik dengan mesin cuci atau cara manual, alias  dicuci dengan tangan. Kalau  mau menggunakan mesin cuci, sebaiknya  pisahkan  gorden dengan pakaian  agar tidak  terkena lunturan dari pakaian berwarna.  Lagi pula kalau dicuci tersendiri juga membuat tabung lebih leluasa berputar, tidak tersendat, karena terlalu banyak  bahan yang dicuci.   Selain menggunakan deterjen yang lembut, jangan lupa untuk mencampurkan DAL (Dettol Antiseptic Liquid). 

Lho, kok, kenapa harus pakai DAL? Take it easy, Moms, and don’t be surprise.  Dettol ini bukan saja  ampuh membasmi kuman saat mencuci  tangan/ mandi, atau membersihkan luka saja, kok. Anti kuman yang terkandung di dalamnya membantu  membersihkan  kuman  lebih tuntas. Jadi,  saat  gorden dipasang kembali di rumah, kita bakal  dibuat tenang,  lebih tenang dan yakin  karena kondisi rumah lebih bersih dan higienis. Yes, 100 persen yakin deh.

  1. Saat Dijemur

Agar warrna gorden tidak pudar,  sebaiknya  jangan terkena sinar matahari langsung saat menjemur.  Jangan lupa  untuk memerhatikan detail  pada gorden (misalnya saja surai atau  renda) dengan menjepitnya saat menjemurnya agar bentuknya tidak  berubah ketika kembali dipasang.

Last  but  not least, gorden ini  mudah  sekali memudah warnanya karena  terkena paparan sinar matahari lebih  intens.  Agar  tidak  terlihat belang., Sesekali  balik posisi  gorden agar warna gorden tidak cepat belel alias  pudar.

See? Produk-produk Dettol  ini  memang keren kan, Moms. Sangat membantu  menjaga keluarga dari kuman yang mengancam kesehatan semua anggota keluarga dengan berbagai cara. Yuk, jangan lupa  untuk selalu  menyediakan  DAL (Dettol Antiseptic Liquid) di rumah, ya.

Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli dengan lingkungan rumah yang bersih?