Twitter adalah salah satu microblog daring yang populer saat ini. Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Singkat?

Yap, karena itu disebut dengan kicauan (tweet). Sejak Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di internet. Twitter juga dijuluki dengan pesan singkat dari Internet.

Twitter dianggap lebih ampuh untuk aktivitas memposting kronologis suatu acara, diadakan pada saat acara berlangsung. Disebut juga dengan livetweet.

Untuk penyelenggara, keuntungan livetweet adalah; orang yang tidak tahu mengenai event tersebut menjadi tahu dan tertarik. Mereka yang tidak sempat hadir pun bisa mengikuti jalannya acara melalui livetweet.

Bahkan, teman-teman di Twitter bisa ikut mendiskusikan program yang sedang berlangsung. Cara ini cukup ampuh untuk mempromosikan acara Anda, sehingga kelak ketika mengadakan acara serupa, sudah banyak orang yang aware.

Twitter juga sekarang punya aplikasi baru, bernama Periscope -tentu saja masih bergerak di bidang sosial media. Jadi, kita tidak lagi mengandalkan tweet yang 140 karakter, namun juga bisa menonton live acara yang berlangsung.

Periscope sebenarnya satu layanan broadcast video untuk perangkat iPhone. Jadi, kamu bisa berbagi hasil siaran video kamu secara langsung ke seluruh dunia!

Oya, bagaimana cara livetweet yang baik? Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Penggunaan tagar atau hashtag

Pada saat acara berlangsung, biasanya ada hashtag alias tagar, misalnya #SocMedFest15 untuk event Social Media Festival 2015, atau #KEBberbagi untuk membahas mengenai Artikel Berbagi yang ada setiap Senin (2 minggu sekali) di grup rahasia KEB, dan seterusnya.

Gunakan fasilitas copy-paste untuk mempermudah pengetikan saat livetweet. Namun jika saat acara berlangsung sudah banyak yang melakukan live tweet, maka biasanya akan muncul sendiri tagar tersebut.

Kenali acara, dan cari sisi positif mengenai tema yang dibicarakan

Follower biasanya ingin tahu mengenai sisi positif satu acara, tidak melulu hanya event. Maka, sebisa mungkin cari hal-hal lain sehubungan dengan acara tersebut.

Saat acara berlangsung

Twitlah informasi seputar acara. Sebutkan siapa saja yang akan hadir, apa topiknya, di mana tempatnya.

Beri sedikit info tentang kesibukan persiapan. Lebih baik lagi jika melakukan mention akun Twitter orang-orang yang akan hadir di acara nanti.

Tidak melakukan pengulangan informasi

Sebisa mungkin, tidak mengulang informasi acara. Buatlah kalimat yang bervariasi, menarik, dan menyenangkan. Ajak follower berinteraksi tentang acara tersebut.

Makin sering di-retweet alias di-RT, makin tinggi kemungkinan informasi kita dibaca banyak orang. Makin besar pula pengaruhnya ke orang banyak. Semakin banyak audiens yang menikmatinya, makin besar pula kemungkinan difollow banyak orang.

Kronologis Acara

Selama acara, lakukan tweet secara secara kronologis, namun tidak dengan kalimat kaku. Twit juga sejumlah pernak-pernik yang seolah remeh namun menarik dan lucu selama acara berlangsung.

Sertakan kutipan kalimat dari pembicara yang dirasa punya greget dan bisa memancing interaksi dengan follower.

Twitlah pendek, sisakan setidaknya 25 karakter untuk ruang bebas. Gunanya agar jika orang lain me-RT maka twitmu tidak terpotong.

Buat daftar orang-orang yang sering melakukan RT, terutama yang followernya banyak. Amati, twit seperti apa yang sering mereka RT. Jika menggunakan TweetDeck, list ini mudah dibuat. Dengan memahami topic yang disukai orang tertentu akan memudahkan kita menarik perhatian mereka, sehingga mereka berminat melakukan RT.

Sertakan twitpic

Anda bisa melakukan twitpic saat acara berlangsung, agar follower bisa menangkap informasi acara secara lebih hidup.

Lakukan twitpic beberapa foto-foto menarik selama jalannya event. Mention ke orang-orang yang ada di foto tersebut. Mereka akan dengan senang hati me-retweet-nya!

Ucapan terima kasih

Usai acara, jangan lupa ucapkan terima kasih ya, ke semua pembicara dan pengunjung.

Mention akun Twitter mereka satu per satu jika ada, agar mereka merasa dilibatkan dalam livetweet dan mereka akan me-retweet-nya.