Sepatu, dengan banyak model, bahan dan kegunaannya, terkadang memiliki masalahnya sendiri. Aku dulu pernah mengalami, sepatu yang baru kupakai dua kali itu kulitnya sudah rusak pecah-pecah. Sepatu suami juga, jadi seperti ada kotoran putih-putih gitu, kemungkinan karena lembab sehingga berjamur. Semuanya kutaruh di dalam kardus sepatunya sih, dan memang tidak pernah kurawat dengan baik, dikeluarin dari kardus kalau pas mau pakai saja. Duh jadi kapok deh, ternyata sepatu juga butuh perhatian khusus, artinya perlu dirawat juga agar bisa awet.

Berikut beberapa tips perawatan sepatu secara umum :

  1. Sebelum disimpan, bersihkan dulu dari sisa-sisa tanah yang menempel di bagian bawahnya. Jangan sampe nih habis menginjak lumpur, sepatunya dicuekin aja langsung ditaruh di rak sepatu, bau dong hihi. Jadi mesti dibersihkan dulu, kalo perlu cuci dulu menggunakan sabun/sampo khusus. Tapi tidak semua sepatu harus dicuci lho. Ada yang cukup diangin-anginkan saja, dilap basah, atau malah dilap kering menggunakan kain halus.
  2. Setelah bersih, segera keringkan agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Perhatikan apakah bahan sepatu bisa terkena sinar matahari secara langsung atau cukup dengan cara diangin-anginkan. Kalo sepatu sekolah anakku biasanya kucuci dengan sedikit sabun lalu kujemur langsung di sinar matahari biar cepat kering, bahannya aman kena sinar matahari.
  3. Sepatu dari bahan kulit perlu disikat menggunakan sikat khusus sepatu. Bisa juga manfaatkan leather cleaner/bahan pembersih khusus sepatu kulit.
  4. Untuk penyimpanan sepatu kulit, tidak dianjurkan menyimpannya dalam kardus karena mudah lembab dan berjamur. Untuk mengurangi kelembaban tersebut bisa digunakan silica gel, namun setiap dua minggu sekali gantilah silica gelnya dengan yang baru. Paling baik sepatu disimpan di rak terbuka dengan posisi berdiri. Sepatu kulit memang perlu perawatan ekstra khusus ya.
  5. Gunakan ganjalan/bantalan sepatu agar bentuknya tidak berubah. Kalaupun tak punya ganjalan khusus, koran bekas bisa dimanfaatkan untuk menyumpalnya. Bisa juga dengan bantalan bahu yang tak lagi digunakan. Nah ternyata bantalan bahu bisa dimanfaatkan juga ya, aku punya beberapa bantalan bahu tidak terpakai. Dulu kan ngetrend tuh pake baju yang ada bantalan bahunya *nih yang seumuran pasti tau deh hihihi.

Yup, itulah beberapa tips perawatan sepatu secara umum yang aku tahu. Teman-teman kalo mau menambahkan tips lainnya, silahkan ya 🙂