Gadget, baik itu handphone, tablet atau music player sudah menjadi kebutuhan sekarang ini. Tidak cuma orang dewasa saja lho yang memegang gadget, bahkan anak-anak balita juga banyak yang pegang gadget. Aku pernah melihat anak temanku yang masih TK, pegang tablet untuk mainan games. Tabletnya itu seakan tak terpisahkan darinya, jadi saat perjalanan dalam mobil ataupun saat pergi ke tempat makan, tablet itu selalu di tangannya.

Anak-anakku sekarang juga mempunyai handphone sendiri sekarang. Mereka sudah banyak aktifitas di luar rumah, baik itu kegiatan di sekolah ataupun sekedar kumpul-kumpul dengan temannya sesekali. Tidak jarang aku menasihati mereka soal menggunakan handphone ini saat di luar rumah, mungkin sampai anak-anakku bosan mendengar kecerewetanku hihi.

Yah, namanya juga orang tua, kan khawatir juga kalo anak-anak memakai gadget (khususnya  handphone) di tempat yang salah, bisa berakibat buruk lho.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan nih :

1. Tidak menggunakan gadget di tempat rawan kejahatan.

Tempat umum sekarang ini rawan juga dengan kejahatan. Sebaiknya saat berada di pinggir jalan atau dalam angkutan umum, gadget kita letakkan dalam tas saja. Bukan tidak mungkin lho kalau kita asyik mainan gadget di tempat-tempat umum tersebut, orang yang mempunyai niat jahat akan memanfaatkan kesempatan ini.

2. Tidak menggunakan gadget saat berkendara.

Aku sering melihat anak-anak sekolah ataupun orang dewasa dibonceng sepeda motor, asyik mengotak-atik handphonenya. Duh, ini kan sangat membahayakan keselamatan mereka sendiri. Aku saja suka ngomel kalau suami sedang nyetir mobil terus menjawab telepon masuk di handphonenya.

3. Tidak menggunakan gadget sambil berjalan kaki.

Nah, kalau berjalan sambil melihat gadget, kita tidak akan tau apa yang ada di depan.  Kita hanya fokus dengan gadget saja, tidak awas dengan keadaan sekitar. Bisa-bisa menabrak orang atau tiang, atau kalo ada lubang bisa terperosok hadeuuh.

4. Sebaiknya tidak menggunakan gadget saat kumpul bersama.

Saat kumpul bersama seperti acara keluarga, apalagi keluarga yang sudah lama nggak ketemu, mending berbincang menanyakan kabar daripada sibuk dengan gadget melulu. Saat reuni dengan teman-teman yang 10 tahun tidak bertemu misalnya, lebih seru mendengar kabar dan menyimak cerita pengalaman teman-teman kita aja daripada sibuk dengan gadget. Pengalaman seperti ini kan jarang bisa terulang lagi.

5. Sebaiknya mematikan gadget di tempat-tempat tertentu seperti : pom bensin atau tempat ibadah.

Mari kita menggunakan gadget dengan baik demi kenyamanan bersama dan keamanan diri kita sendiri tentunya. Yuk, silahkan saja yang mau menambahkan :).