Dear Emak Blogger, tahukah tentang Seng?

Seng mineral ya, bukan seng yang untuk atap atau bangunan itu. Bukan seng, untuk perlengkapan masak atau peralatan makanan emak sekalian ya.

Seng yang akan kita kenalkan atau pelajari ini adalah seng yang merupakan mineral atau bagian dari mikro nutrisi.  Seng atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Zinc, yaitu trace mineral.

Yuk belajar tentang Seng atau Zinc ini.

Seng atau Zinc, memang jarang mendapat perhatian dibandingkan vitamin (yang pasti sudah dikenal dengan baik oleh emak-emak). Padahal, Seng mempunyai peran tidak kalah penting terutama buat wanita yang sedang merencanakan hamil ataupun sedang menjalani masa kehamilan.

Berdasarkan AKG 2012, ibu hamil berusia 19–29 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 12 mg seng pada trimester pertama, 14 mg pada trimester kedua, dan 20 mg pada trimester ketiga. Seng dapat diperoleh dari sumber makanan yang tepat atau pun mengkonsumsi suplementasi/multivitamin yang mengandung seng.  Elevit Pronatal adalah salah satu jenis multivitamin untuk ibu hamil dan menyusui yang memiliki kandungan seng yang cukup besar.

Seng berperan penting dalam pembentukan sel  dan DNA pada janin, dapat mencegah kelahiran prematur, mencegah kelainan otak, mata, jantung, dan bibir sumbing.

FA Calendar Elevit 2016 tnp logo

 

Gejala utama defisiensi seng pada ibu hamil adalah hilangnya selera makan.  Defisiensi yang terjadi pada periode kritis organogenesis (pembentukan organ tubuh pada janin di minggu-minggu awal kehamilan) dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti lemahnya imun tubuh pada bayi yang bersifat permanen sampai ia dewasa. Di samping itu, beberapa literatur mencatat ada peningkatan risiko penyakit kronik (penyakit jantung dan hipertensi) di masa dewasa jika si ibu kekurangan seng selama masa kehamilan.

Oh ya, tidak hanya untuk wanita, seng juga berpengaruh pada tingkat kesuburan pria lho. Mau tahu? Kapan-kapan kita bahas ya, Mak.

elevit

 

Referensi:

  1. Panduan Nutrisi Perikonsepsi. 2015. HKFM