Mak, kemacetan sekarang sudah merajalela ya, terutama di kota-kota besar. Jakarta (dan sekitarnya) mah nggak usah dibahas lagi lah ya hehehehe. Tapi kemacetan sering terjadi juga di beberapa kota besar lain seperti Bandung, Surabaya atau Medan. Makmin jadi iseng nih, melakukan survey kecil-kecilan di grup telegram KEB, ternyata cara emak-emak menikmati macet beragam lho, mungkin salah satunya bisa Emak tiru saat terjebak macet.

Apa sajakah itu? Ini dia daftarnya:

Tidur

Ini sepertinya cocok dilakukan pada jenis macet yang rauwisuwis gitu ya, Mak hihihihi. Tidur adalah cara MakTe Sary Melati menikmati kemacetan, tentu saja kalau tidak sedang dibonceng pak suami tercinta lah yaa #eeaa. Sementara Mak Sally Fauzi pernah lho terbawa sampai ke pangkalan bus hingga dibangunkan pak supir akibat tertidur di bus. Jadi berhati-hatilah kalau tidur saat macet ya, Mak, jangan terlalu pulas sampai kebablasan! :D.

Baca buku (atau e-book)

Ihiy, pencitraan bukan sih ini? *nuduh*. Tapi ternyata banyak, Mak, yang melakukan kegiatan ini. Mak Ipeh Alena, misalnya, yang selalu menyediakan novel di tasnya. Selain itu MakMin Lianda Marta, Istiana Sutanti, Mak Ria Buchari, dan Mak Jiah Al Jafara juga, duh, pada pinter-pinter deh ya ini emak-emak, bermacet ria masih baca buku hehehe. Mak Hani S malah terkadang mengaji di kereta lho, Mak, bisa dicontoh nih, pahala jadi berlipat-lipat :).

Yang perlu diperhatikan adalah, membaca saat kendaraan bergerak bisa menyebabkan mual dan pusing bagi sebagian orang (terutama yang matanya silindris, berdasarkan pengalaman pribadi :D), jadi harus hati-hati ya, Mak, jangan dipaksakan membaca jika kurang memungkinkan :).

Bermain gadget

Tentu saja beragam jenisnya ya Mak, Mak Mira A. Udjo biasanya bermain game di gadget saat macet, atau mantengin sis IG yang berakhir dengan belanja online *kekepin dompet!*. Kalau Maketu Icoel mah tak lain tak bukan: streaming drama Korea favorit dan terngehits! hahahaha. Tapi katanya sih, kalau lagi malas menonton drama yang butuh mikir, bisa juga si gadget digunakan untuk menikmati variety show seperti Running Man. Ternyata, MakMin Istiana Sutanti juga suka nonton si Running Man ini bersama putrinya Naia, tapi prioritasnya tentu nonton film anak-anak ya hehehe.

Mendengarkan radio dari ponsel juga dilakukan MakPuh Indah Juli. di Surabaya, MakMin Yuniarti Nukti mendengarkan radio E100 Suara Surabaya untuk mencari info jalan alternatif lain, tapi kalo semua jalan macet, cari saluran lagu dangdut ajaa, nyanyi sambil goyang-goyang di mobil *tarik maaaang* :D.

Gadget juga banyak digunakan untuk melakukan blogwalking atau cek email atau membuka notif social media seperti MakMin Efi Fitriyyah dan Lianda Marta, atau bahkan menulis draft di blog seperti Mak Hani S.

Tapi hati-hati ya, Mak, saat main gadget di kendaraan umum, karena bisa mengundang para pencopet dan teman-temannya itu lho. Usahakan jangan terlalu asyik dengan gadget sehingga melupakan tas yang tidak tertutup sempurna, misalnya, dompet hilang deh :(.

Menggambar

Ini tentunya hanya berlaku bagi mereka-mereka yang bisa menggambar ya, Mak *yaiyalah*. MakMin Tanti Amelia yang sudah kita ketahui bersama jago gambar, selalu membawa kertas atau notes dan spidol. “Believe me, it’s a lots of interesting things and happened around us, while ur sitting at a bus,” begitu katanya.

Memerhatikan Sekeliling, Berimajinasi

Mengamini kalimat MakMin Tanti Amelia sebelumnya, memang banyak sekali hal menarik yang terjadi di sekitar kita saat kemacetan terjadi ya, Mak, selama kita memerhatikannya tentu saja. Saya lumayan sering melakukan hal ini nih, Mak, bisa jadi inspirasi untuk menulis cerpen kan ya? hihihihi.

Mak Unik di Semarang juga punya kebiasaan unik, memerhatikan sepatu yang dikenakan pengendara motor lain saat macet! Kabarnya Mak Unik jadi penasaran dan jadi kepengen beli sepatu yang dilihatnya itu lho :D.

Dan Mak Alida Bahaweres baru-baru ini memerhatikan alis para penumpang busway! Ada alis yang naik-naik ke puncak gunung segala lho katanya, Mak, hihihihi.

Mengobrol

Bisa dengan teman seperjalanan, atau bahkan orang asing yang kebetulan duduk di sebelah kita di bus, misalnya. Atau seperti Mak Nurul Musyafirah, yang kalau saat dibonceng abang (g)ojek, mengajaknya mengobrol ini itu tentang berbagai hal, sehingga kemacetan tidak begitu terasa.

Membereskan Make Up

Nah! Caranya Mak Memez ini cemerlang ya, Mak, apalagi kalau dari rumah terburu-buru karena kesiangan, jadi prosesi dandan dieksekusi di dalam mobil saat macet melanda deh hehehe.

Ikhlas

Ini sih jawaban sholehah dari MakMin Irma Susanti nih, yang tiap hari nyetir macet-macetan, jadi ya nikmatin aja sambil denger musik, makan permen/ngemil dan berdamai dengan kemacetan supaya gak stress. Atau mau coba ikhlas versi MakPon Mira Sahid yang melakukan kayang atau headstand di dalam mobil? hihihihi

**

Apakah Emak punya cara asyik menikmati kemacetan yang lain? Yuk share di kotak komen, Mak ;).