Hai, Mak, sudah tahu dong siapa emak yang menyandang Blog of the Month kali ini? Iya betuuul, Mak Uchi yang terlihat sekali perkembangan bloggingnya. Bagi emak-emak yang sering main ke blog Mak Suci, pasti bisa menemukan perbedaan signifikan dari postingan-postingannya. Misalnya saja, tambahan infografis yang bagus dalam postingan-postingan terbaru.

Selain blog utama www.risalahhusna.com, Mak Suci juga memiliki blog khusus traveling dan kuliner yang tidak kalah oke. Blog http://www.gayaransel.blogspot.co.id/ ini juga diup date secara teratur lho! *takjub* Duh, jadi penasaran nggak sih sama emak yang satu ini? Yuk ah kita tanya-tanya sedikit ;).

**

IMG20160226141608

Mak Suci, sejak kecil sudah suka nulis kabarnya ya, kalau untuk ngeblog mulai fokus kapan nih?

Iya, sejak SMP sudah suka menulis. SD pun sebenarnya sudah suka nulis tapi cuma di diary saja. Baru pas SMP belajar nulis cerpen walau temanya nggak jauh dari soal cinta dan pertemanan ala anak SMP :). Kalau untuk ngeblog, saya baru fokus bulan Mei 2014. Sejak itu mulai bikin-bikin tulisan apa saja. Dan juga mulai berani bergabung di komunitas blogger. Kumpulan Emak Blogger lah komunitas pertama yang saya ikuti.

Dengan anak-anak dan pekerjaan rumah yang pastinya menyita waktu, kapan biasanya Mak Suci ngeblog?

Biasanya, saya ngeblog saat anak-anak sudah tidur dan ketika anak-anak sudah berangkat sekolah. Karena, saat itulah saya bisa fokus nulis. Kadang juga, ngeblog sambil mengerjakan pekerjaan rumah lain. Nggak jarang saya ngeblog sambil nyuci. Bukan laptopnya dibawa ke tempat nyuci loh. Tapi, saat pakaian sedang digiling di mesin cuci, saya sempatkan untuk ngeblog. Memang harus pintar curi-curi waktu buat ngeblog, karena kalau ngga gitu, malah ngga bisa nulis sama sekali.

Suka Blogwalking, Mak? Penting nggak sih BW?

Saya suka sekali blogwalking. Karena, dari situ saya bisa kenal dengan blogger lain. Bisa punya ide buat nulis juga. Makin sering main ke blog teman, jadi makin tahu karakter blog yang bagus seperti apa. Dan yang paling penting bisa dapat ilmu baru. Dan seperti yang sudah diketahui, bahwa blogwalking adalah cara untuk memperbaiki ranking blog kita.

Inspirasi untuk ngeblog biasanya dari mana aja nih, Mak? Ada ritual khusus tidak untuk memancing ide datang?

Karena saya pernah belajar di forum menulis, dimana kami diajarkan untuk bisa “menangkap ide” darimana saja, jadi untuk nulis blog pun begitu. Inspirasi nulis datang  dari mana mana. Yang penting itu, eksekusinya. Kadang banyak banget ide, tapi waktu nulisnya terbatas. Makanya, saya punya buku catatan yang saya gunakan untuk menulis ide yang tiba-tiba datang. Pas waktunya nulis, jadi nggak bingung mau nulis apa.

Nggak ada ritual khusus buat memancing ide, karena ide itu memang datang tiba-tiba. Jadi, pas ada ide lewat, buru-buru dicatat biar ngga lupa :).

Di blog Mak Suci, ada page ‘Tentang Tujuh’ yang sangat menarik. Boleh cerita kisah di baliknya, Mak? Kenapa 7?

Tentang Tujuh itu sebenarnya saya buat karena saya ingin merangkum ide yang datang dengan cara yang lebih simpel. Kenapa “Tujuh” karena saya lahir tanggal 7 :), dan jujur, 7 adalah angka favorit saya. Jadi, rasanya pas aja untuk membuat label “Tentang Tujuh”.  Karena angka 7 juga, saya pernah dapat doorprize di sebuah peluncuran smartphone hehehe. Saya suka sekali dengan angka 7.

IMG_20160205_183530

Sekarang masih suka nulis cerpen nggak nih, Mak?

Iya saya kangen sekali nulis cerpen. Sudah beberapa bulan ini saya belum nulis cerpen lagi. Terakhir cerpen anak (dongeng) saya dimuat di Kompas. Itu udah bikin bahagia banget. Mohon doanya ya supaya bisa nulis cerpen lagi. Karena kalau sudah keasyikan nulis di blog, suka lupa segalanya. Termasuk nulis cerpen :).

Mak Suci kan suka otak atik blog ya, termasuk belajar otodidak tentang infografis dan lainnya. Tipsnya apa nih, Mak? Untuk menumbuhkan semangat terus belajar itu?

Iya, saya orangnya penasaran. Kalau nggak bisa, saya pasti berusaha buat bisa. Saya mulai coba-coba bikin infografis karena penasaran, kok orang lain bisa saya nggak bisa.  Dari situ saya mulai cari tutorial infografis. Saya bisa buka lebih dari 5 website secara bersamaan tentang tutorial infografis. Dari situ saya bandingkan, mana yang paling mudah dicerna dan dipraktekkan. Sampai akhirnya nemu yang cocok dan paling mudah. Walau kata yang jago infografis, hasil saya masih jelek, setidaknya saya puas karena sudah bisa melakukan sendiri.

Tipsnya: jangan pernah malas untuk belajar dan mencoba sesuatu yang kita nggak bisa. Berusaha terus, karena kalau kita pantang menyerah, kita pasti bisa mengusai apa yang awalnya nggak kita bisa. Walau sudah emak-emak, jangan pernah malu belajar dari yang lebih muda. Dan itu selalu saya lakukan. Bertanya pada yang lebih expert walaupun usianya jauh lebih muda dari saya.

Sejauh ini, apa pencapaian terbesar Mak Suci sebagai seorang blogger?

Pencapaian terbesar saya sebagai seorang blogger adalah ketika komunitas blogger pertama yang saya ikuti (a.k.a Kumpulan Emak Blogger) menobatkan saya sebagai BLOG OF THE MONTH. Ini yang paling membuat saya speechless. Dari KEB-lah saya merintis kemampuan menulis di blog. Diberi kesempatan untuk hadir di event-event blogger, bertemu dengan para emaks sesama blogger, menjalin silaturahmi, melebarkan network sampai bisa bertemu blogger-blogger profesional. I have nothing to say selain terima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi ini.

Sudah lama join KEB, Mak? Bagaimana peran komunitas dalam dunia blogging menurut Mak Suci?

Ini tahun kedua saya bergabung di KEB. Komunitas itu penting bagi siapa saja yang mau serius menguasai sesuatu. Sama halnya dengan komunitas blogging yang penting bagi seorang blogger. Dari komunitas blogger lah kita bisa mengasah kemampuan blogging. Network juga makin terbuka lebar dan kita bisa punya banyak teman sesama blogger. Tentunya, bisa saling berbagi ilmu.

Selain KEB, Mak Suci juga kan aktif di berbagai komunitas menulis lain, menurut Mak Suci apa yang membuat KEB berbeda?

KEB berbeda karena memiliki visi supaya seorang ibu lebih produktif menulis. Walau pada kenyataannya, bukan ibu-ibu saja yang menjadi membernya. Saya masih merasa bahwa KEB adalah “rumah” yang nyaman bagi seorang ibu blogger. Karena memang lebih banyak ibu-ibu, nggak jarang kita saling berbagi ilmu parenting dan hal apa pun terkait anak dan keluarga lewat sebuah tulisan.  Dari situ, saya jadi banyak tahu bagaimana seorang  emak blogger mengatur waktunya untuk menulis namun tetap mengurus keluarga dengan baik.

 **

Seru yah, Mak, ngobrol sama mak Suci :). Apah? Kurang? hihihhi. Tenang, Mak, kalau mau ngerumpi lebih jauh sama beliau, sila hubungi sosmed-nya aja yah, bisa di facebook: Suci Santy Risalah, Twitter: @suci_risalah, atau Instagram: @risalah_husna.

Sekali lagi, selamat ya Mak Uchi, terima kasih sudah berbagi dengan KEB, jadi banyak belajar, termasuk cara ngeblog saat cucian masuk mesin cuci hehehehe. Semoga Mak Suci tetap semangat ngeblog, dan tidak bosan menginspirasi para emak blogger di semesta raya *tsaaah*.

Keep blogging, Mak!