Pagi hari adalah saat-saat tersibuk bagi para Mama, terutama yang sudah mempunyai anak usia sekolah. Pastinya rempong banget deh. Iya kan, Mak?

“Wah sudah jam setengah tujuh! Gimana nih masakanku belum kelar.”

“Ayo bangun! Ntar terlambat lho masuk sekolahnya!”

“Aduh sudah siang, aku telat bangun! Nggak sempet deh masak nasi.”

“Ya ampun, aku belum setrika baju seragam anak-anak!”

Pernah nggak Emak mengalami kejadian seperti ini? Keributan kecil, hal-hal tak terduga di pagi hari? Aku pernah hahaha. Belum lagi kalo anak-anak mulai mengeluarkan suara indahnya.

“Ma, kaos kakiku ini mana pasangannya, ya?”

“Ikat pinggangku mana sih? Kemarin kuletakkan di lemari kok nggak ada?”

“Ma…”

“Ma…”

Langsung pusing deh kepala mamanya ini hiks.

Untuk menghindari keributan kecil di pagi hari, bisa dilakukan beberapa hal berikut :

  1. Setel weker.

Meskipun sudah terbiasa bangun pagi, nggak ada salahnya sih setel weker. Yah siapa tau keasyikan mimpi indah sampe kesiangan bangun. Bisa gawat kalo sampe kesiangan bangun, tau-tau sudah siang aja, belum juga masak nasi apalagi masak makanan untuk sarapan anak-anak sebelum berangkat sekolah.

Anak-anakku juga pasang weker juga, tapi kebiasaan deh jam weker bunyi, dimatikan terus tidur-tiduran lagi akhirnya ketiduran beneran. Jadilah ini mamanya pagi-pagi sudah berkicau membangunkan anak-anak. Nah, kalo sampe aku bangun kesiangan, anak-anak ikutan telat bangun tuh, bisa telat ke sekolahnya.

  1. Selalu siapkan bahan makanan serba praktis.

Aku selalu membiasakan anak-anak sarapan pagi dengan nasi. Sesekali aja kue atau roti. Buatku nih, pagi hari enaknya itu masak makanan yang serba praktis aja. Telur dan abon sebisa mungkin harus selalu ada di dapur. Paling praktis emang masak telur, entah didadar, dibuat telur mata sapi atau direbus. Bisa masak tumis sayur seperti tumis labu siam, atau masak sayur bening, sayur gambas, cah tahu taoge dll. Alternatif lainnya adalah masak nasi goreng. Cara lain lagi, masak masakan di malam hari seperti rawon, ayam kecap atau semur, paginya tinggal diangetin aja. Memang lebih fresh masak pagi langsung, tapi kadang suka rempong dan terburu-buru masaknya, kalo belum matang juga kan kasihan anaknya nanti nggak sarapan. Nah, kalo abon bisa buat sarapan juga kalo sewaktu-waktu gas elpiji tiba-tiba habis dan tidak ada cadangan elpiji di rumah.

  1. Usahakan tidak mencoba masakan baru di pagi hari.

Kadang pengin juga ya mencoba resep-resep masakan baru. Tapi usahakan nyobanya setelah anak-anak sekolah saja, bisa buat makan siang mereka setelah pulang sekolah. Mencoba memasak masakan baru di pagi hari selain membuat kita bingung karena belum pernah membuat sebelumnya juga hasilnya bisa tidak sempurna karena diburu waktu. Mencoba memasak masakan baru untuk makan siang akan lebih nyaman dan santai. Pengalaman pribadi nih, aku pernah nyoba membuat kue pagi-pagi, sudah pilih resep paling simple, tapi ya tetep aja membuatnya tergesa-gesa dan dapur beneran deh jadi berantakan banget hahaha.

  1. Sebaiknya tidak setrika baju pagi hari.

Kadang sifat males tiba-tiba muncul, mau setrika baju ditunda melulu, termasuk setrika baju seragam anak-anak. Jadi setrika baju seragam pagi hari saat anak-anak akan memakai baju seragamnya. Ya sebetulnya nggak apa-apa sih, cumaaaa… kalo lampu tiba-tiba mati dan seragam belum sempat disetrika, gimana dong? Anak-anak akan pake baju kusut ke sekolah.

  1. Biasakan anak-anak untuk menyiapkan peralatan sekolah dan seragam malam hari sebelum tidur.

Untuk urusan buku pelajaran, baju dll, semuanya sudah kuserahkan ke anak-anak karena mereka sudah ABG, harus belajar menyimpan barang-barang mereka sendiri. Itu sudah tanggung jawab mereka masing-masing. Jadi kalo sampe hilang, ya mungkin karena mereka lupa tidak meletakkan barang-barang miliknya itu di tempat seharusnya.

Bayangkan kalo telat bangun, belum mandi, belum sarapan, eh buku pelajaran juga belum disiapkan, masih ditambah dengan kaos kaki yang hilang sebelah atau ikat pinggang yang ngumpet entah kemana. Haduuuhh bisa ngomel-ngomel lagi deh ini mamanya. Jadi lebih baik, anak-anak dibiasakan untuk menyiapkan semuanya sebelum tidur, termasuk baju seragam dan pernak-perniknya seperti kaos kaki, dasi, topi dan ikat pinggang. Letakkan semua di meja belajar, besok paginya tinggal ambil aja.

Yup, itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari keributan kecil dan hal-hal tak terduga di pagi hari. Ini berdasarkan pengalamanku pribadi hehehe.

Silahkan jika Emak mau menambahkan :).