Sebagai perempuan yang juga seorang Ibu, di era kekinian kita harus mampu berperan bukan lagi ganda, tetapi sudah multi peran atau multitasking. Hal ini cukup sering dibahas di berbagai forum dan diskusi, termasuk di lingkungan Kumpulan Emak Blogger.

Sharing silih berganti dari satu topik ke topik lainnya, karena memang emak-emak yang sudah berumah tangga, apapun peran dan profesinya, semua memiliki permasalahan dan tantangan yang nyaris sama, baik yang buah hati masih kecil, maupun sudah beranjak remaja hingga dewasa. Bener nggak maks dan rekan blogger semua? 😀

Permasalahan dan kesibukan mengurus buah hati paling sering diangkat menjadi diskusi, terutama seperti saat-saat sekarang, yaitu menjelang Ujian Nasional dan ujian semester untuk kenaikan kelas. Curhat yang sering muncul “Pelajaran anak sekarang beda dengan kita dulu. Pening emaknya liat soal-soal itu. Ya udah deh, dileskan aja”.

Setelah dapat tempat les, keluar lagi deh curhat “Aduh, ternyata lelah juga ya setiap hari antar jemput anak ke tempat les” atau “Nggak bisa mantau maksimal anak les dengan seksama karena tiap pulang kerja sudah capek duluan”. Aeh, urusan buah hati belajar memang selalu bikin khawatir 😀

Menjawab kebutuhan dan tantangan ini, sekelompok anak muda kreatif hadir menciptakan platform layanan pendidikan berbasis teknologi, yaitu Ruangguru.com. Kebetulan sekali Kumpulan Emak Blogger pada Rabu lalu (23/03) berkesempatan mengenal Ruangguru.com lebih jauh di acara gathering blogger bersama tim Ruangguru.com.

Dalam acara ini, tim Ruangguru.com berbagi cerita dengan Kumpulan Emak Blogger tentang pengalaman didirikannya startup pendidikan berbasis teknologi ini, apa saja inovasi layanan dan manfaatnya bagi murid, orang tua murid dan guru, serta rencana ke depan Ruangguru.com.

ruangguru2

Iman Usman, CEO & Co-Founder Ruangguru.com berbagi cerita dengan Emak-Emak Blogger

Dirilis pertama kali ke publik pada April 2014, Ruangguru.com didirikan oleh Iman Usman (24 tahun) dan Adamas Belva (25 tahun). Masih muda banget ya? Nah,perusahaan ini memiliki berbagai layanan utama, yaitu penyediaan jasa guru privat berkualitas (online dan offline), konten persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu bagi murid dan guru.

ruangguru3

Layanan situs Ruangguru.com

Untuk layanan pertamanya, situs Ruangguru.com memungkinkan orang tua dan murid mencari guru privat berkualitas dengan mudah dan cepat. Situs Ruangguru.com menghubungkan murid dengan 26.000 guru, baik untuk mempelajari pelajaran sekolah maupun melatih keterampilan khusus di luar sekolah/kampus.

Dengan jumlah guru sebanyak ini, para orang tua murid jadi lebih mudah untuk memilih guru yang sesuai kebutuhan buah hatinya. Kata Iman Usman, semua guru yang bergabung di Ruangguru.com tidak asal diterima, tapi diverifikasi latar belakang dan kompetensinya untuk menjaga kualitas guru.

Bagi guru,bergabung dengan Ruangguru.com menjadi peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan. Hal ini sesuai dengan salah satu visi Ruangguru.com, yaitu meningkatkan kesejahteraan para pengajar di Indonesia. Karena pada dasarnya, guru berkualitas memang harus diperjuangkan kesejahteraannya.

ruangguru4

Layanan tes.ruangguru.com

Selain menyediakan layanan pencarian guru privat, Ruangguru.com juga menyediakan platform unggulan kumpulan tes soal yang bisa dicoba oleh murid secara online di tes.ruangguru.comPlatform ini memungkinkan anak mengakses ribuan bank soal secara gratis dan mempersiapkan diri untuk berbagai jenis ujian, seperti Ujian Semester, Ujian Nasional, maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Salah satu keunggulan utama platform tes.ruangguru.com adalah adanya analisis data evaluasi latihan murid dari waktu ke waktu sehingga orang tua bisa melihat perkembangan serta prosesnya. Dengan demikian, bisa merencanakan banyak skema untuk pola pendidikan buah hati setelah melihat hasil evaluasi tersebut.

Dengan adanya platform ini, tentunya dampaknya baik ya, bagi murid tidak perlu lagi beli buku kumpulan soal tes tebal yang harganya cukup lumayan tapi setelah digunakan terkadang sudah tak terpakai lagi. Hemat budget dan hemat kertas :D.

Ruangguru.com juga telah secara aktif bekerja sama dengan pihak pemerintah kota, provinsi maupun nasional, untuk membantu murid dan guru meningkatkan performa belajar mengajar dengan memanfaatkan platform tes.ruangguru.com. Pada bulan Februari 2016, Ruangguru.com bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kota Bogor, Bekasi dan Tangerang Selatan dalam mengadakan tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

ruangguru5

Dalam acara gathering kemarin, semua emak-emak yang hadir juga berkesempatan menjajal layanan ketigadari Ruangguru.com, yaitu aplikasi mobile Ruangguru (versi Beta). Di zaman sekarang, kita menyadari saat ini orang tua dan anak sudah semakin banyak menggunakan perangkat mobile.

Dengan banyaknya kesibukan kegiatan sekolah, tidak jarang anak-anak kita baru pulang ke rumah sore atau malam hari. Mereka biasanya baru punya waktu luang untuk belajar dan mengerjakan PR pada malam hari. Apalagi jika mereka menghadapi soal-soal pelajaran yang sulit, ditambah kondisi badan yang sudah capek dan tidak kondusif, performa belajar anak bisa jatuh.

Menyadari bahwa murid membutuhkan solusi belajar yang cepat dan mudah, Ruangguru.com mengembangkan aplikasi mobile Ruangguru memudahkan murid belajar di mana pun dan kapan pun murid membutuhkan.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi mobile Ruangguru?

ruangguru6

Aplikasi mobile Ruangguru sangat mudah digunakan, loh! Hanya perlu download langsung di Google Play Store, registrasi secara online, lalu foto soal yang ingin ditanyakan dan upload soal tersebut.Pengguna hanya perlu menunggu paling lama 3 menit untuk terhubung dengan guru dan melakukan chat, baik via text chat maupun audio call. Untuk saat ini, pelajaran yang bisa dikonsultasikan adalah pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kimia dan Fisika.

ruangguru7

Setelah selesai menggunakan aplikasi ini, murid atau orang tua bisa memberikan feedback secara langsung, baik melalui rate kualitas kinerja guru dan kinerja aplikasi. Khusus selama masa uji coba ini, guru standby dari pukul 06.00-22.00 setiap hari. Menariknya lagi, aplikasi ini GRATIS hingga 15 April 2016 lho!

Kuis Blog

Bagi emak-emak di rumah dan rekan blogger sekalian, apa sih pendapat kalian tentang “Teknologi untuk Pendidikan”?

Berikan pendapat kalian di kolom komentar dan 3 komentar terbaik akan mendapat uang tunai masing-masing Rp 200.000!

 

Kuis Instagram

Aturan Kuis Instagram Kumpulan Emak Blogger:

  1. Follow akun @Emak2blogger & @ruangguru.
  2. Download aplikasi mobile Ruangguru, registrasi dan coba semuafeature yang terdapat di aplikasi mobile Ruangguru.
  3. Unggah foto saat mencoba aplikasi Ruangguru dan upload ke Instagram.
  4. Jangan lupa “TAG” @Emak2blogger & @Ruangguru. (Tag, bukan sekadar “Mention”)
  5. Berikan testimoni terbaik Emak dan rekan blogger sekalian dengan menggunakan hastag #SolusiBelajar& #KEBelajar.

4 Testimoni terbaik akan mendapatkan masing-masing Rp 200.000. Ditunggu partisipasinya sampai 10 April 2016! 🙂