Mak, sudah kenal dong sama Mak Ety Abdoel yang jadi Blog of The Month bulan ini? Emak yang bernama asli Ety Handayaningsih ini artikelnya sering muncul lho di media cetak. Rajin ngeblog di http://etyabdoel.com, matarembulan.wordpress.com, fayzahealth.wordpress.com (Mom Corner), juga di http://www.kompasiana.com/etyhandayaningsih. Psssst, selain jadi blogger, Mak Ety juga seorang enterpreneur lho, punya online shop, buat emak yang mau belanja belanji, silakan lho ya hubungi Mak Ety langsung hehehe.

Prolognya tidak perlu terlalu panjang lah ya, Mak. Kita langsung simak obrolan MakMin dengan Mak Ety yuks ;).

**

Mak Ety, sejak 2009 yah jadi blogger? Dulu kenapa sih kok memutuskan menjadi blogger?

Iya Mak, saya ngeblog sejak 2009. Kalau awalnya sih karena penasaran dengan blog karena ini sesuatu yang baru buat saya. Setelah dijalani, ternyata, saya suka dan keterusan hingga sekarang.

Blog Mak Ety kan banyak yah, yang mana nih yang merupakan blog yang paling berkesan bagi Mak Ety?

Wah, ini susah menilainya. Tiap blog yang saya punya itu berkesan karena masing-masing adalah milestone. Mom Corner itu awal mula belajar ngeblog, belum tahu banyak hal. Tahunya hanya menulis saja. Sementara blog Mata Rembulan dibuat  saat saya mulai membuka diri dengan blogwalking, mengenal banyak blogger dan mulai ikut lomba blog. Dan blog etyabdoel.com ini menjadi tonggak keseriusan saya menekuni dunia blogging. Semua berkesan, susah memilihnya. Walaupun untuk sekarang ini dua blog pertama vakum karena keterbatasan kemampuan untuk mengupdatenya.

Dengan dua putri yang pastinya ingin diperhatikan, dan jadi enterpreneur berjualan khimar secara online, kapan waktu Mak Ety untuk ngeblog?

Waktu untuk ngeblog biasanya saat anak-anak sekolah, waktunya dari jam 9.00 pagi hingga 2 siang. Lepas anak-anak pulang sekolah, saya fokus lagi sama anak-anak.

12191225_1049674311723613_294098691789698670_o (1)

Berapa lama biasanya Mak Ety menyelesaikan sebuah postingan blog?

Untuk postingan sehari-hari (bukan lomba) sih, rata-rata sehari bisa menulis, edit, upload foto dan publish dengan catatan koneksi lancar. Untuk postingan lomba butuh waktu lebih banyak tergantung tingkat kesulitan tema lomba.

Ada target tertentu nggak, Mak? (Misalnya sebulan harus ada 10 postingan blog atau tiga tulisan di media cetak).

Kalau sekarang sih, tiap minggu minimal posting 2 tulisan. Untuk menulis di media cetak, tidak pernah ditarget apalagi beberapa rubrik yang biasanya saya sasar, sekarang nggak ada lagi.

Lumayan sering ikut lomba blog kan, Mak? Biasanya apa kriteria lomba blog yang Mak Ety ikuti?

Iya, bisa dibilang lumayan sering ikut lomba blognya. Biasanya sih yang temanya dikuasai atau kalau toh harus mempelajari dulu, temanya masih terjangkau sama otak saya. Waktu lombanya masih lama, paling tidak masih dua mingguan.

Apa pencapaian tertinggi yang diperoleh Mak Ety sebagai seorang blogger?

Kalau sebagai seorang blogger menurut saya ada dua pencapaian tertinggi saat menjadi juara lomba blog dan bisa berbagi sedikit ilmu tentang blogging yang saya punya.

Mak Ety, bagi tipsnya dong, Mak, bagaimana caranya tulisan kita bisa nongkrong di media cetak?

Boleh! Biasanya ini yang saya lakukan: baca rubrik yang dituju; pelajari temanya, gaya bahasa dan ketentuan kirimnya. Kalau belum dimuat, menulis terus dan kirim terus sampai dimuat.

Bagaimana peran social media bagi seorang blogger menurut Mak Ety?

Peran social media bagi seorang blogger itu penting karena dari sosial media sosok seorang blogger bisa dikenal secara lebih dekat dari status-statusnya. Selain itu social media juga menjadi alat agar tulisan bisa terjangkau oleh lebih banyak orang.

Sejauh ini, apa pengaruh baik komunitas (khususnya KEB) bagi Mak Ety? Kritik dan saran untuk KEB dong, Mak 🙂

Kalau buat saya pengaruh komunitas dalam hal ini KEB, besar banget. Komunitas itu tempat saya belajar, mengenal banyak blogger dan blognya, membangun jaringan bisnis , mendapatkan inspirasi dan lain-lain. Beda banget sama sebelum bergabung di KEB, deh!.

Saran buat KEB, lebih erat lagi menjalin hubungan dengan emak-emak blogger di daerah melalui arisan ilmu supaya lebih banyak lagi member KEB yang merasakan keberadaan KEB.

**

Eh? Kok udahan? Ternyata Mak Ety ini irit bicara ya, Mak. Pertanyaan MakMin dijawab to the point-singkat-padat-jelas banget nih hihihihi. Tapi tak apa, kita semua masih bisa ngobrol banyak dengan Mak Ety di akun sosmednya sebagai berikut: Ety Handayaningsih S/ Ety Abdoel (FB), atau @etyabdoel (IG/Twitter).

Sukses terus untuk Mak Ety yaa, teruslah menginspirasi dan berbagi dengan ngeblog. Semangaaaat!