Benarkah selama bulan puasa kulit kita kering?

Bagaimana cara mencegah agar tidak dehidrasi selama berpuasa?

Kenapa sih, saat berpuasa badan lemah lesu letih lunglai?

Beragam pertanyaan seperti ini sangat sering kita dengar saat menjelang Ramadhan. Apalagi ibu-ibu, khawatir kalau kulitnya kusam dan terlihat kering. Rasanya tidak cantik, ya?

Eh, ternyata kegelisahan ibu-ibu ini terjawab!

Tanggal 19 juni 2016, P&G dan Alfamart serta tabloid Nyata menggelar acara talkshow dengan tema “Kiat cantik & sehat selama berpuasa”. Venue acara juga tak kalah unik, di sebuah kantor kelurahan Jakasampurna Bekasi. Kebayang ya, ibu-ibu PKK yang berasal dari seputar Bekasi sangat antusias datang!

Acara talkshow ini mengundang narasumber Dr.Nanny Djaja,MS,SpGk ( ahli gizi dari fakultas kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta ) dan bintang tamu Artika Sari Devi sebagai brand ambassador P&G.

Program Andalan Bunda Cerdas

ABC ini semacam program online yang dapat diakses di situs www.alfamartku.com

Andalan Bunda Cerdas atau lazim disingkat ABC adalah program kerjasama antara Alfamart dan P&G. Situs ini diadakan oleh perusahaan ternama, dimaksudkan untuk membantu para Bunda dalam mengurus rumah tangga, sehingga menjadi Bunda, Istri dan Ibu Rumah tangga yang sempurna.

Biasanya nih, pertimbangan ibu-ibu kalau belanja bulanan adalah :

  • Harga lebih murah.
    Biasanya, meskipun beda seribu atau dua ribu perak juga mempengaruhi pilihan Bunda!
  • Lokasi dekat rumah

Selain itu, di bulan puasa pasti mempertimbangkan tempat belanja yang lokasinya nggak jauh dari rumah. Apalagi jika berkaitan dengan sesuatu yang sifatnya urgensi. Contohnya, tiba-tiba pospak anak habis atau kebutuhan shampo atau sabun habis, tentu tempat belanja yang dekat dari rumah akan memudahkan kita untuk belanja.

Nah, terbukti kan, bahwa Bunda memang dituntut untuk bisa cerdas dalam melakukan dan memilih segala sesuatu?

Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa

In dia yang ditunggu-tunggu. Tips dan kiat cantik dan sehat selama berpuasa. Acara dimulai pukul 12.30, dengan talkshow, dibuka oleh MC yang interaktif dan lucu, Daud Tobing.

Menurut dr. Nanny, talkshow ini memang relevan sekali, sehubungan dengan kondisi saat berpuasa, masalah kesehatan paling umum yang dialami saat berpuasa adalah masalah pencernan (maag), tekanan darah dan gula yang tidak stabil, kulit kering serta rambut rontok.

Ini dia 7 kiat dari dr Nanny Djaja dan Artika Sari Devi yang bisa kita ambil;

  1. Perhatikan kecukupan nutrisi saat sahur dan berbuka, jadi tidak asal kenyang. Pilihlah karbohidrat komplek (beras merah dan beras coklat) daripada karbohidrat yang sederhana ( beras putih, roti)
  2. Berbuka dengan makanan manis dan minuman hangat terlebih dahulu, jangan terlalu banyak agar pencernaan tidak kaget. Maksimal sekitar 300 – 400 kalori sudah cukup ( sekitar 2 – 3 buah kurma, sepotong pisang goreng dan segelas teh manis)
  3. Makanlah makanan berat setelah sekitar 30 menit kemudian, dan sesaat sebelum tidur malam hari boleh mengonsumsi segelas susu coklat hangat atau oatmeal
  4. Kebutuhan air juga harus diperhatikan, yaitu 30 cc/kg berat tubuh, jadi untuk seseorang dengan berat badan 60 Kg maka harus mengkonsumsi air sebanyak 30 X 60 = 1800 cc air perhari, disiasati dengan minum di waktu berbuka, malam dan saat sahur.
  5. Selain minum air putih, juga dibutuhkan minuman isotonik yang bagus untuk mengganti kadar ion dalam tubuh. Ini penting agar keseimbangan garam dalam tubuh tidak berkurang karena berkeringat.
  1. Gunakan pelembab setelah mandi agar kulit tidak kering, juga pemakaian kondisioner setiap kali selesai keramas. Produk P&G seperti Olay dan Pantene, menjadi andalan Kartika Sari Devi
  1. Minum vitamin C sangat membantu agar tubuh tidak mudah letih. Kebutuhan wanita adalah sekitar 75 mg, ibu hamil 85 mg dan ibu menyusui 120 mg. Sedangkan anak-anak 15 mg per hari.Oya ada tips dari dr Nanny saat mengonsumsi pepaya, lebih baik dikerok, tidak dipotong-potong, agar enzim papain terjaga. Juga perbanyak minum air rebusan sereh dicampur dengan madu, untuk mencegah wasir.

Lomba Kreasi Hijab

Setelah usai acara bincang-bincang dan tanya jawab yang bertabur hadiah, dilanjutkan dengan lomba kreasi hijab.

Acara ini mengundang banyak gelak tawa karena peserta yang terdiri dari 3 orang ibu harus bekerjasama. Yang terpilih menjadi pemenang pertama, dinilai dari kekompakan dan keserasian, serta mudahnya mengaplikasian hijab. Pemenang mendapat bingkisan dan voucher belanja di Alfamart senilai masing-masing IDR 200ribu. Wah, senangnya..

Setelah itu, ibu-ibu masih banjir hadiah elektronik saat pengambilan door prize, dan pemilihan lomba foto ibu dan anak, semua mendapat goodie bag menarik dari P&G.

Bagaimana dengan anak-anak?  Saat Bunda mengikuti acara, anak-anak juga disediakan playground dengan kakak-kakak pendamping. Anak-anak bebas bermain dan mewarnai dengan tempat yang nyaman.

Oya, di sini juga ada aneka paket murah dan menarik, jadi jika Bunda ingin membeli kebutuhan rumah tangga seperti minyak sayur, shampo dan lain-lain harganya dijamin murah meriah!

Ingin ikutan acara Program ABC?

Kalau mau bertanya, hubungi call center ABC ( 021 ) 1500.959 – setelah tersambung tunggu pilihan dan tekan angka 4.

Selain produk andalan program ABC, tersedia informasi promo GRATIS TIKET MUDIK dengan Bus, Pesawat atau Kereta Api.

Duh, senangnya ya yang ikut di acara ini. Masih ada lagi tidak sih?

Untuk teman-teman yang belum ikut, bisa datang di :

Andalan Bunda Cerdas

Sabtu, 25 Juni 2016 – Pukul 13.00 – 16.00

Lokasi : Badan Pengelola Gedung Dakwah MUI. Jl. Nusantara Raya no. 5-7 Depok.

Narasumber : Artika Sari Devi dan dr. Nanny Djaja, MS, SpGK