Halo Emak! Sudah siap-siap ya mau mudik Lebaran?

Bahagia banget ya bisa mudik, kumpul rame-rame dengan keluarga besar.

Tapi tetap harus persiapan dong kalo mau mudik, mudik dadakan banyak resikonya lho.  Jangan sampe deh mengalami kejadian saat aku mudik setahun yang lalu. Sudah hampir setengah perjalanan baru inget, tadi kabel setrika sudah kucopot belum ya? Aduh, beneran deh deg-degan banget waktu itu. Udah pernah kutulis itu di web KEB, bisa dibaca di postingan : Periksa Keamanan Rumah Sebelum Mudik.

Yup, pastikan dulu rumah aman saat kita tinggal mudik, setelah itu kita bisa mudik dengan tenang.

Emak biasanya mudik naik kendaraan pribadi atau umum nih? Apapun itu, harus dipersiapkan deh jauh-jauh hari ya.  Berikut tips mudik Lebaran, semoga bermanfaat.

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

  1. Cek kondisi kendaraan, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Cek oli, cek kelistrikan (spion, lampu sign dll). Periksa juga kanvas rem, kabel rem, kondisi ban dll.
  2. Cek kelengkapan kendaraan seperti surat-surat (SIM dan STNK) dan segitiga pengaman, kotak P3K, tool kit, oli cadangan dan ban cadangan.

Perlu banget nih, aku pernah ngalami sendiri saat mudik Lebaran, ban mobil kempes. Saat itu banyak toko tutup, begitu juga bapak tukang tambal ban. Untung saja siap ban cadangan jadi suami bisa ganti ban mobil sendiri *dengan susah payah hehehe.

  1. Penuhi tangki bensin sebelum berangkat agar perjalanan lebih lancar dan bisa hemat waktu. Tahu sendiri kan, biasanya pom bensin itu kalo musim mudik, antriannya panjang dan lama banget nunggunya.
  2. Siapkan peta jalur mudik, pelajari juga jalur-jalur alternatif yang ada.
  3. Untuk yang mudik menggunakan sepeda motor dan bawa anak kecil, biar lebih aman pakai selalu sabuk motor anak yang bisa dipakai di bagian belakang atau depan. Duh ngeri banget kan kalo sampai anak ngantuk apalagi menempuh perjalanan jauh.
  4. Siapkan fisik jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, terutama bagi yang nyetir nih, baik menggunakan mobil atau sepeda motor. Ntar nggak jadi mudik kalo tiba-tiba sakit.
  5. Siapkan selalu obat-obatan dan cemilan serta air minum, terutama yang bawa anak kecil untuk menghindari rewel saat di perjalanan.
  6. Jika pengendara sudah lelah dan mengantuk, berhenti sejenak untuk beristirahat. Mengemudi dalam kondisi mengantuk amat berbahaya.

 

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Umum ( Kereta, Pesawat )

  1. Pesan tiket untuk mudik maupun balik jauh-jauh hari sebelum hari H Idul Fitri agar tidak berjejal antri tiket saat hari keberangkatan maupun kepulangan.
  2. Bawa barang secukupnya, usahakan jangan terlalu banyak agar tidak merepotkan. Kemas barang-barang bawaan sepraktis mungkin agar mudah membawanya.
  3. Bawa juga obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga kalo tiba-tiba sakit.
  4. Bawa uang tunai secukupnya dan hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan dan menarik perhatian. Hal ini bisa mengundang orang yang berniat jahat.
  5. Yang mudik sendirian, tidak bersama keluarga, berhati-hatilah dengan penumpang lain yang duduk di sekitar kita, jangan mudah percaya.
  6. Jangan mudah menerima minuman, makanan atau titipan barang orang yang tidak kita kenal. Waspada nggak ada salahnya, kan?

Jika kita mudiknya menggunakan kendaraan umum memang harus ekstra waspada deh. Apalagi kalo naik bus. Aku dulu pernah mudik Lebaran naik bus saat kuliah, ramenya minta ampun, lari-lari kejar bus, berdesak-desakan dengan orang-orang tak dikenal. Mana bus nya diisi sebanyak mungkin, orang-orang juga rela berdiri, pokoknya asal dapat bus *eeh ini ujung-ujungnya kok malah curcol hahaha.

 

Nah, itu tadi tips mudik lebaran secara umum, semoga bermanfaat ya. Senang banget jika ada yang mau menambahkan, jadi saling berbagi, saling melengkapi :).

Semoga mudik kita aman, nyaman dan lancar ya Maks.

Selamat mudik!