Tidak semua masyarakat Indonesia beruntung mendapatkan air bersih, terutama yang layak minum. Terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia. Padahal masalah air bersih ini adalah hal yang krusial lho, Maks.

Nah, menyikapi hal tersebut, Procter & Gamble (P&G) bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Wahana Visi Indonesia, menjalankan program Berbagi Air Bersih yang layak untuk dikonsumsi.

P&G sendiri sudah sejak tahun 2004 lalu menjalankan program Children’s Safe Drinking Water (CSDW). Mereka telah membagikan lebih dari 10 miliar liter air layak konsumsi kepada masyarakat di 85 negara. Di Indonesia, CSDW ini sudah dimulai sejak tahun 2004 saat terjadinya tsunami di Aceh. Kemudian dilanjutkan ketika gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, gempa bumi di Padang tahun 2009, erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah tahun 2012, dan di Nusa Tenggara Timur sejak tahun 2015 hingga 2018 mendatang.

Untuk program berbagi air bersih ini, daerah yang menjadi target pendistribusian adalah di Sekadau, Kalimantan Barat. Di daerah tersebut, air yang layak dikonsumsi sangat sulit didapatkan. Sumber utama air yang digunakan di sana adalah air hujan, air sungai, dan sumber permukaan air lainnya, di mana hampir semua sumber air tersebut terkontaminasi dan tercemar.

Program berbagi air bersih ini dan juga program CSDW yang sudah dijalankan sejak tahun 2004 lalu menggunakan inovasi baru yang dikeluarkan oleh P&G, yaitu P&G Purifier of Water. Inovasi ini berupa bubuk dalam kemasan sachet yang dapat bekerja dengan mengikat dan memisahkan kotoran yang terdapat di dalam air kotor dalam waktu 30 menit. Setelah proses pemurnian dan penyaringan tersebut, akan dihasilkan air bersih yang dapat langsung diminum. Dalam satu kemasan sachet dapat digunakan untuk membersihkan 10 liter air kotor.

Saat press conference yang diadakan hari Jum’at (19/8) lalu di Indomaret Point Kemang, dilakukan demo proses pemurnian air kotor kepada seluruh media dan tamu undangan yang hadir. Proses ini diawali dengan menaburkan bubuk P&G Purifier of Water ke dalam air kotor, lalu diaduk selama 5 menit sampai kotoran mengendap. Setelah itu diamkan selama 5 menit. Lalu saring air dengan kain katun bersih ke dalam wadah baru. Tunggu selama 20 menit sebelum air dapat diminum agar proses disinfektan dapat berjalan sempurna.

filter air

Di press conference tersebut, hadir pula Nararya Soeprapto (Direktur P&G Indonesia), Gondo Sudjoni (Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama), David Andre Ardhani Kamal (Direktur NRD, Wahana Visi Indonesia), dan Dewi Lestari, yang ikut mencicipi air bersih layak minum hasil proses pemurnian dengan P&G Purifier of Water.

DSC00217

Bapak Nararya Soeprapto berharap semoga dengan dijalankannya program PG Berbagi Asa dan CSDW ini, dapat meningkatkan kualitas hidup banyak orang, terutama anak-anak Indonesia. Melalui berbagai produk P&G yang dapat ditemui di pasaran, P&G dengan bantuan Wahana Visi Indonesia yang langsung turun ke lapangan, akan memberikan akses untuk mendapatkan air layak konsumsi serta edukasi kesehatan dan sanitasi ke daerah yang paling membutuhkan.

Hal ini juga sejalan dengan pandangan bapak Gondo Sudjoni dan Dewi Lestari, bahwa semua anak-anak Indonesia memiliki hak untuk tumbuh kembang dengan sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi air bersih yang layak diminum. Mirisnya, di Indonesia masih banyak ditemukan kondisi air yang kotor dan tidak layak untuk dikonsumsi. Mereka berharap, semoga dengan program ini masyarakat juga bisa ikut berkontribusi dan memberikan solusi terhadap permasalahan ketersediaan air bersih di Indonesia.

DSC00204

Semua masyarakat Indonesia dapat ikut berpartisipasi di program ini. Caranya adalah dengan berbelanja produk P&G di Indomaret terdekat. Membeli 1 produk P&G di Indomaret = menyumbang air bersih layak minum untuk 1 hari kehidupan.

Program ini sudah dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2016 dan akan terus berjalan sampai tanggal 30 September 2016 mendatang. Targetnya akan terkumpul lebih dari 9 juta liter air bersih layak konsumsi yang didapatkan dari konsumen Indomaret untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Jadi, sebagai konsumen kita tidak hanya berbelanja saja, tetapi juga ikut membantu sesama melalui program PG Berbagi Asa. 🙂