Pisang termasuk salah satu buah kesukaan keluargaku. Rasanya enak dan dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan seperti keripik pisang, pisang goreng, banana cake, kolak pisang dll. Pisang tinggi kadar vitamin B6 dan merupakan sumber vitamin C, kalium dan serat.

Pisang juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti :
• Menurunkan panas (antipiretik)
• Menghaluskan kulit
• Anti radang
• Meluruhkan kencing (diuretik)
• Menurunkan resiko tekanan darah tinggi
• Buah pisang muda berkhasiat antidiare dan antidisentri

Oya, agar pisang yang diiris tidak cepat berubah warna jadi kecoklatan, rendam sebentar dengan air yang diberi perasan jeruk lemon.
(Sumber: Buku “Khasiat Buah & Sayur”, dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian)

Emak suka jenis pisang apa?
Kalo aku biasanya suka pisang kepok, bisa dibuat pisang goreng atau lempeng pisang. Nah kalo pisang ambon suka dimakan langsung aja. Tapi kebiasaan nih anak-anak, kalo liat kulit pisang sudah ada bintik-bintiknya, mereka males makan, padahal isi dalemnya masih bagus kok, buah pisangnya nggak busuk, malah rasanya enak manis.
Minggu lalu beli sesisir pisang kepok dan sesisir pisang ambon. Anak-anak pada minta dibuatin pisang goreng, ya akhirnya eksekusi deh pisang kepoknya duluan, 2 hari bikin pisang goreng. Eeh si pisang ambon cepet banget matangnya, separuh sudah dimakan, masih sisa separuh lagi. Besoknya sudah muncul bintik-bintik di kulit pisangnya. Wuah harus cepet-cepet diolah nih pisangnya, ntar tambah kematengan malah nggak bisa dimakan.

Akhirnya kubuat moist banana muffin aja deh, nggak perlu ngeluarin mixer. Karena aku pake cup kecil, jadinya juga kecil-kecil muffinnya hahaha, jadi 21 buah banana muffin mini. Hhhm rasanya enak dan manis. Bisa buat bekal sekolah anak-anak nih, bawa agak banyak biar bisa dibagi-bagi sama temennya :).

Resepnya aku liat di IG @tintinrayner, kutuliskan di bawah ini ya resepnya, mungkin Emak mau nyoba buat juga.

BahanMoistBananaMuffin

Resep Moist Banana Muffin

Bahan A:
3 buah pisang ambon besar, lumatkan
1 telur ukuran besar
40 gram minyak goreng
45 gram butter, cairkan, suhu ruang
80 gram gula pasir
30 gram gula palem
1 sdt vanilla essens
Bisa tambah rhum buat yang suka 1 sdt

Bahan B:
190 gram tepung terigu
1 sdt baking powder double acting
½ sdt baking soda (aku skip)
Sejumput garam
½ sdt cinnamon bubuk (boleh skip)
Sesuai selera Chocochips, kismis

CaraMembuatMoistBananaMuffin1

Cara membuat:
1. Bahan A: Aduk pake whisk semua bahan basah sampai tercampur rata. Sisihkan.
2. Bahan B: Ayak bersamaan hingga rata. Masukkan kismis, chocochips, aduk rata.
3. Buat cekungan di tengah bahan B. Masukkan bahan A. Aduk pake whisk asal tercampur bahan basah ke kering, jangan overmix.
4. Tuang ke dalam cup, isi ¾ aja, taburi topping sesuai selera.
5. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 25-30 menit/sampai matang (Sesuaikan oven masing-masing).

CaraMembuatMoistBananaMuffin2

Bahannya emang rada banyak yang harus disiapkan, tapi prosesnya nggak ribet kok. Tinggal campur dan aduk-aduk pake whisk aja sebelum dipanggang.
Yuk, buat juga moist banana muffin yang lembab, legit dan manis ini! 