Juni menjadi bulan sakral dalam hidup saya. Kedatangannya selalu menjadi perdebatan batin; antara dinanti atau dihindari. Setiap kali melihat perayaan ulang tahun teman di social media, saya turut bahagia, tetapi jauh dalam hati kecil saya mengeluh iri, “Uh, Ulang Tahunku masih lama”. Lucunya, tiap menjelang penutupan bulan Mei, perasaan was-was saya muncul, “aduh, udah mau Juni. Sebentar lagi umurku nambah, gimana doong..”. Tak terasa, kini saya sudah tiba di gerbang #UsiaCantik.

35 Tahun, kini usia saya. Dalam hitungan angka saya selalu menerima kenyataan: ya, sekarang usiaku sudah kepala 3. Udah mulai tua, postur tubuh seperti bolu kukus, rambut mulai rontok, hanya wajah yang menurut versi Suami masih seperti anak SMA, haha.  Namun dibalik itu semua saya tidak bisa tidak menoleh ke belakang. Melihat kembali jejak perjalanan hidup yang entah sudah berapa juta kilo saya lalui. Dan begitu menatap kembali ke depan, saya berguman,”Kok cepet sih udah 35. Baru aja tahun lalu lulus SMA!”

Itulah usia. Usia ibarat muara perjalanan manusia. Untuk menggapainya saya dituntut agar menikmati prosesnya. Seperti air jernih yang mengalir di sungai, kadangkala mulus bebas hambatan, kadang harus nyangkut dulu di sampah ranting pepohonan kering. Begitu pun hidup, kadangkala yang terjadi tak sesuai harapan, namun sejatinya hakikat hidup tak pernah bicara bohong. Percaya saja, semua hambatan pasti berakhir bahagia, Insya Allah.

Saya adalah pribadi bertipikal pasrah. Saking pasrahnya, saya sering tidak siap dengan perubahan rencana yang telah disusun rapi. Alih-alih takut menemui kekecewaan, saya jadi ragu menyusun rencana. Kepribadian saya ibarat arus yang mengalir nyaman di tengah sungai yang bersih, kalau mulus, ya Alhamdulillah. Tapi kalau nyangkut di ranting, apa boleh buat, mau nggak mau kudu memutar otak bagaimana cara untuk melepaskan segala jeratnya.

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-21-03-am-1

Di gerbang usia saat ini saya tak ingin terus menerus jadi ‘anak sungai’. Kedewasaan jadi pedoman saya mengubah segala kebiasaan. Seperti yang tercatat dalam jurnal saya, hakikat #usiacantik sejatinya belajar banyak hal, antara lain:

  1. Pola Pikir Matang

Akan ada saat dimana setiap fase perjalanan hidup menemui pelajaran. Seperti halnya saya, tiap bertambahnya usia selalu ada jejak pengalaman yang tersisa. Pengalaman demi pengalaman selalu saya ingat dan catat dalam kenangan memori. Catatan itulah yang mengubah pola pikir dasar menjadi matang. Dulu jika ingin beli HP baru harus bisa diwujudkan tanpa ada alasan apapun, sekarang selama perangkat itu masih berfungsi, bahkan meski bentuknya sudah dedel duwel, tetap dianggap barang berharga.

  1. Berani memutuskan

Hati-hati adalah karakter saya, bahkan terlalu hati-hatinya saya seperti sulit mengambil keputusan. Setiap akan menekan tombol ‘Enter’ selalu timbul rasa tidak percaya diri. Seakan ada pertanyaan menuntut: nanti begini, takut akan begitu. Tapi sekarang, insting saya mulai bisa membaca dan meraba hingga untuk memutuskan sesuatu pun tak ada lagi beban berat menggantung. Segalanya seperti mengerti dan sudah memiliki kekuatan sendiri.

  1. Pandai Menahan Diri

PR terbesar saya saat ini adalah berpikir pintar mengelola pertahanan diri. Teramat sulit untuk menahan suatu keinginan. Apalagi wanita, ya. Ujiannya teramat besar. Melihat label ‘sale’ saja, iman terdorong mau roboh. Namun pengalaman berkali-kali kejeblos dalam kenekatan seringkali mengajarkan kedewasaan pola berpikir.

  1. Menyelesaikan Tanggung jawab

Byuh, ini teramat sulit dilakukan. Terutama urusan tanggung jawab dapur. Hingga saat ini saya masih belum bisa menyelesaikan hal yang satu itu. Entah sampai kapan, selama ada warung buka, mungkin cara ini dulu yang saya lakukan. Mungkin besok atau minggu depan tumpukan resep akan saya coba satu persatu, hehe

  1. Merawat Kecantikan

Sebagai wanita tentu saja saya ingin tetap cantik. Walaupun soal dandan saya tak begitu menguasai, yang penting menarik saat dipandang, hehe.  Untuk itu menjaga perawatan kulit saya lakukan sebagai langkah utama agar selalu tampil cantik.

  1. Melakukan hal menyenangkan sesuai passion

Saya hobi menulis. Hal paling menyenangkan adalah saat bergaul dengan orang-orang yang memiliki passion sama. Karena itu saya bergabung di berbagai komunitas, seperti komunitas Kumpulan Emak Blogger. Sekarang pun saya dipercaya sebagai salah satu pengurus KEB.

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-21-03-am

Hal paling menyenangkan dalam komunitas blogging seperti KEB adalah saat satu sama lain tidak pernah mempermasalahkan usia. Bahkan bergaul dengan perempuan-perempuan yang rentang usianya jauh di bawah saya, hingga nyaris disebut adik, merupakan kejadian biasa.

Yang paling penting adalah hubungan, bagaimana bisa membawa diri dan menyesuaikan bergaul dengan segala usia. Hubungan komunitas tidak membuat saya canggung sebab usia mengajarkan kedewasaan. Fase #usiacantik 35+, memberi pengalaman hidup menjadi bertambah. Disana ada kisah-kisah inspiratif asam garam kehidupan.

Namun kami memiliki kesamaan, yaitu memperhatikan masalah kulit saat usia tak lagi muda. Dan berdasarkan pengalaman yang di share oleh teman-teman KEB yang berada dalam fase #usiacantik, kami sama-sama mempercayakan perawatan kulit pada #LorealDermalift dari L’Oreal Paris Skin Expert. Rangkaian  Revitalift Dermalift-nya mengandung Cantella Asiatica membuat kulit wajah 35% lebih kencang dan kerutan berkurang hingga 27%.

Untuk teman-teman KEB, kunjungi http://bit.ly/UsiaCantik untuk mendapatkan info produk cantik ini.

#UsiaCantik merupakan bagian menuju kedewasaan. Keseimbangan pola pikir dan berpikir strategis menjadikan hidup lebih sempurna.

Teman-teman KEB memiliki pengalaman inspiratif di #UsiaCantik ? Atau pengalaman orang terdekat  yang kisah #UsiaCantik-nya menginspirasi orang lain? Yuk bagikan kisahnya dengan mengikuti lomba di http://bit.ly/usiacantik_blogcomp. Dapatkan reward khusus dari L’Oreal Paris Skin Expert untuk kisah paling inspiratif.

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-21-06-am

Gerakan #UsiaCantik didukung sepenuhnya oleh L’Oreal Paris Revitalift Dermalift.

Baca kisah inspiratif Kumpulan Emak Blogger tentang perjalanan #UsiaCantik mereka di :

http://bit.ly/usiacantik_Eni

http://bit.ly/usiacantik_lidya

http://bit.ly/usiacantik_irma

http://bit.ly/usiacantik_ophi

http://bit.ly/usiacantik_lianny

http://bit.ly/usiacantik_erry

http://bit.ly/usiacantik_sary

http://bit.ly/usiacantik_indah

http://bit.ly/usiacantik_febry

http://bit.ly/usiacantik_mirasahid

http://bit.ly/usiacantik_dwina

http://bit.ly/usiacantik_edelyne

http://bit.ly/usiacantik_ervya

http://bit.ly/usiacantik_retno

http://bit.ly/usiacantik_katerina

http://bit.ly/usiacantik_lita

http://bit.ly/usiacantik_lubena

http://bit.ly/usiacantik_oyen

http://bit.ly/usiacantik_arin

http://bit.ly/usiacantik_naqqi

http://bit.ly/usiacantik_adis

http://bit.ly/usiacantik_insav

http://bit.ly/usiacantik_orin

http://bit.ly/usiacantik_efi

http://bit.ly/usiacantik_zata

http://bit.ly/usiacantik_nuniek

http://bit.ly/usiacantik_nchie

http://bit.ly/usiacantik_molly

http://bit.ly/usiacantik_sabai

http://bit.ly/usiacantik_winda