ditulis oleh Eni Martini –  http://www.duniaeni.com/

**

MPASI

Tiga anak saya semuanya Mpasi  homemade,  aseli buatan ibunya karena kebetulan saya suka sekali berkreasi dalam membuat Mpasi.  Sesuai dengan rekomendasi WHO, standar emas makanan bayi setelah IMD dan ASI ekslusif selama 6 bulan adalah pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Tujuannya untuk melengkapi kebutuhan energi, zinc, vitamin A dan mikronutrien lainnya sambil melanjutkan menyusui hingga 2 tahun.

Mpasi dianjurkan untuk mulai dikenalkan di usia 6 bulan, dalam bentuk makanan lumat atau halus dengan konsistensi yang bertahap, dikentalkan atau makin kasar. Jenis menu yang disajikan terdiri dari sumber karbohidrat, lemak, protein hewani dan nabati, serta serat dari berbagai sayuran dan buah.

Nah, sebagai ibu kita bisa mengkreasikan bahan-bahan tersebut menjadi Mpasi yang tidak saja sehat, memiliki kandungan yang lengkap, tetapi juga mengolah jadi Mpasi yang cukup enak dikonsumsi bayi. Namun tentu saja bayi di bawah satu tahun tidak diperkenankan menggunakan gulgar (gula-garam). Rasa lezat Mpasi bisa menggunakan minyak kelapa, bawang putih, tomat, seledri, bawang bombay, telur.

Ketika saya mendapat undangan dari KEB untuk menghadiri acara Kreasi MP-ASI Bernutrisi bersama Chef Steby Rafael dalam rangka ulang tahun Nestle ke 150 tahun, tertarik dong. Tentu ini akan memperkaya pengetahuan saya dalam kreasi Mpasi, meski Pendar sudah berusia 23 bulan dalam hal menu masih saya batasi kadar gulgar, dan jajanan. Karena itu otomatis harus bisa membuat Mpasi camilan yang sehat, cocok lah acara ini.

150 Tahun Nestle

Acara yang digelar di Main Atrium Kota Kasablanca Jakarta atau yang lebih dikenal dengan KOKAS, sangat seru. Terdapat banyak booth prodak keluaran Nestle, seperti Dancow, Lactogen, Bear Brand, Nescafe, Cerelac, Milo, dan lain-lain. Pengunjung dan undangan bebas mencicipi prodak Nestle dari booth satu ke booth lain.

Aneka game diadakan menambah semarak acara, termasuk acara joget bersama dancow yang seru. Pengunjung terutama anak-anak tumpah ruah di depan panggung, termasuk para orangtua yang ikut bergoyang saat acara joget bersama Dancow. Sementara saya dan para Blogger KEB sibuk mengambil foto-foto, berkeliling, dan mencicipi prodak Nestle. Saya suka sekali dengan Milo dingin dan Nescafe hangat.

henri-nestlelogo

Saya sempat membaca sekilas biografi Henry Nestle, sang pendiri Nestle. Beberapa logo Nestle yang mengalami enam kali pergantian dari tahun 1868 hingga 2015, 150 tahun Nestle  mendedikasikan brand-nya untuk masyarakat. Salah satunya yang banyak dikenal ibu-ibu yang berkutat dengan Mpasi adalah Cerelac, prodak Mpasi bayi dari usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Puncak acara undangan yang saya hadiri ini adalah mengolah Cerelac menjadi aneka Mpasi yang sehat dan lezat. Untuk beberapa ibu, termasuk saya, mengolah Mpasi menggunakan bahan-bahan segar, sehat, alami adalah hal penting. Karena itu saya penasaran sekali akan diolah seperti apakah Cerelac? Apakah memenuhi kriteria Mpasi yang sehat?

Kreasi MP-ASI Bernutrisi

Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, Chef Steby Rafael hadir memberi 3 resep kreasi MP-ASI dari Cerelac yang dikreasikan dengan bahan-bahan segar, sehat lainnya:

  1. Crepes Cerelac Apel Pisang
  2. Bubur Ubi Ungu dengan Cerelac Wortel Bayam Labu
  3. Puding Cerelac Kurma Madu

Ketiga resep tersebut diolah oleh Chef Steby Rafael dengan step-step yang harus dipahami para Emak Blogger. Karena setelah itu akan diadakan games seru, yakni secara berkelompok Emak Blogger harus membuat Mpasi sesuai yang dibuat Chef Steby Rafael. Wah, seru banget dong! Dapat ilmunya, plus hadiahnya. Makanya semua sibuk memfoto aksi Chef Steby Rafael dan menyimak resep plus step by step cara mengolah Mpasi tersebut.

Sambil sibuk mengolah kreasi Mpasi dari Cerelac dan bahan-bahan segar lainnya, Chef Steby Rafael memberi info kandungan prodak Cerelac. Salah satunya Cerelac Bubur Susu Pisang yang menjadi bahan dasar  Crepes Cerelac Apel Pisang: Iron+, zink, yodium, vitamin A&C, omega 3&6, minyak ikan.

Itu kandungan Cerelacnya, sementara campurannya ada telur, susu cair (buat Bunda yang ASI, bisa menggunakan ASI sebagai pengganti susu atau sufor), tepung terigu, mentega, pisang raja, apel, gula (ini digunakan untuk anak usia 1+ tahun), keju. Sehat dong, ada protein hewani, nabati, vitamin dari buah segar, karbohidrat.

Setelah matang, selain penampakannya cantik, kandungan nutrisinya cukup, rasanya lezat loh. Tiga resep langsung selesai dikreasikan oleh Chef Steby Rafael. Maka selanjutnya para Emak Blogger yang sudah membentuk kelompok masing-masing 3-4 orang, langsung ditantang membuat kreasi Mpasi ASI sesuai resep yang sudah dipraktekan Chef Steby Rafael. Kelompok saya ada 4 orang, yaitu: Saya, Leyla Hana, Windah Saputra, Lubena Ali, mendapat jatah membuat Puding Cerelac Kurma Madu.

games-masak-mpasi

Game Membuat Mpasi Bernutrisi Cerelac

Rasanya tegang betul padahal sehari-hari kerjaan saya berkutat dengan Mpasi Pendar, maklum dilombakan dan disaksikan banyak orang. Bayangkan, empat orang Emak sempat kikuk hanya untuk menentukan suhu air yang akan dicampurkan ke Cerelac Kurma Madu. Karena suhu air tidak boleh terlalu panas, jika terlalu panas akan membunuh bakteri baik pada Cerelac Kurma Madu, nah kan!

Masing-masing mengerjakan tugasnya, sebab kerjasama, kebersihan juga masuk dalam penilaian juri. Jurinya ya,  Chef Steby Rafael yang sibuk mengamati Emak-Emak. Empat Emak mengolah satu menu ribut, sementara Chef Steby Rafael mengolah tiga resep terlihat tenang. Sebenarnya kami para Emak ini sering ke dapur gak, sih? Hahaha.

Kebayang kan, selain kikuk suhu air hangat-hangat kuku, kami mendadak bingung soal encer atau padat. Sebab, jika terlalu encer maka puding tidak jadi, terlalu padat juga tidak sempurna. Akhirnya dengan kerjasama yang baik, Mpasi Puding Cerelac Kurma Madu siap dikukus. Bismillah, semoga beruntung mendapat nomor satu.

Secara bergilir, empat kelompok Emak Blogger selesai juga mengolah Mpasi kreasi berbahan dasar Cerelac. Siapakah juaranya?

Ternyata semua kelompok dapat hadiah karena empat kelompok masing-masing dibagi dua, yaitu juara I dan juara II. Kelompok saya juara II dapat voucer MAP senilai Rp. 900.000 , juara I dapat voucer MAP senilai RP1.800.000.  Senangnya, Nestle yang ulang tahun, Emak Blogger yang dapat hadiah.

Resep Mpasi Bernutrisi Cerelac Kreasi Chef Steby Rafael

Pasti penasaran dong, sama resep  dari Chef Steby Rafael yang sudah Emak-Emak Blogger pratekan dalam games tadi? Jangan kawatir, ini lengkapnya  3 resep Mpasi berbahan dasar Cerelac plus bahan-bahan segar lainnya itu. Bisa langsung dipraktekan karena selain caranya  mudah , bahan-bahanya banyak tersedia di mini market:

crepes-cerelac-apel-pisang

Crepes Cerelac Apel Pisang

Bahan Crepes:

  • 75 gram tepung terigu
  • ½ butir telur
  • ½ sdt garam
  • 160 ml susu cair
  • 1 sdt mentega, lelehkan

Isi:

  • 20 gr Cerelac bubur Susu Pisang
  • 150 ml air hangat 40o C
  • 1 sdt margarin
  • 8 buah pisang raja matang

Saus Apel:

  • ½ buah apel, kupas, parut halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 cm kayu manis batang
  • 1 sdt maizena, larutkan dengan 50 ml air
  • 1 sdm keju parut

Cara membuatnya:

  • Crepes: Campur semua bahan crepes, aduk hingga rata, panaskan pan dadar (bisa pakai teplon bisa), oleskan margarin, buat dadar tipis. Angkat, lakukan hal yang sama hingga bahan habis
  • Isi: Campur semua bahan, aduk hingga rata dan halus. Panaskan margarin, masukkan pisang hingga pisang harum dan matang, angkat.
  • Saus Apel: Campur apel, kayu manis, gula pasir, masak hingga harum. Lalu masukkan larutan maizena, masak hingga mengental, angkat.
  • Ambil selembar crepes, oles dengan campuran isi, lalu letakkan satu buah pisang, gulung hingga padat dan rapi.
  • Potong-potong dan sajikan dengan saos apel dan taburan keju parut

Hasil: 8 porsi

puding-cerelac-kurma-madu

Puding Cerelac Kurma Madu

Bahan:

  • 100 gr Cerelac Kurma Madu
  • 150 l susu cair
  • 2 butir telur
  • 25 gr kurma, potong kecil-kecil

Cara membuatnya:

  • Campur Cerelac dan susu cair, aduk hingga rata
  • Tambahkan telur, kocok kembali hingga rata
  • Masukkan kurma, kocok kembali
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan atau mangkuk yang telah dioles
  • Kukus atau panggang hingga matang, angkat dan sajikan

Hasil: 10 porsi

bubur-ubi-ungu-cerelac

Bubur Ubi Ungu dengan Cerelac Wortel Bayam Labu

Bahan:

  • Siapkan 5 sendok makan Cerelac Wortel Bayam Labu
  • 60 gram ubi merah atau ubi ungu
  • 170 ml air hangat

Cara membuatnya:

  • Kukus atau rebus ubi hingga matang, lalu dihaluskan
  • Campurkan Cerelac Wortel Bayam Labu ke dalam sebuah mangkuk
  • Campurkan air hangat
  • Menu siap disajikan

Mudah banget kan, selain mudah ubi ini bagus loh buat si kecil. Karena ubi mengandung karbohidrat dan pro vitamin A.

Acara pun usai setelah pemberian hadiah voucer MAP , dan tidak ketinggalan setiap Emak Blogger yang datang membawa oleh-oleh goodiebag dari Nestle. Goodiebag yang dikemas cantik ini berisi aneka prodak Nestle: Cerelac bubur bayi, Nescafe, Bear Brand, Milo, Koko Kruncu. Tidak hanya si kecil yang dapat, tetapi kakaknya dan Emaknya juga dapat. Moga next Emak Blogger dapat menghadiri acara seru dan bermanfaat lagi ya, see you!