ditulis oleh Rinrin Indrianie – Admin Web emak2blogger.com

Harga cabe berapa sekarang nih, Mak? Tarif Dasar Listrik juga naik yah? Pajak lima tahunan kendaraan juga dengar-dengar naik prosentasenya kan? Uang sekolah anak-anak gimana, Mak? Tapi arisan sama shopping di olshop langganan nggak bisa dihentikan dong? #eh Hihihihi.

Tarik napas dalam-dalam dulu yuks, Mak. Inhale. Exhale.

Menjadi ‘Menteri keuangan’ keluarga memang tidak bisa tidak harus menjadi salah satu peran kita ya, Mak. Perkara working mom atau stay at home wife sama sekali tidak berpengaruh secara signifikan untuk urusan ini. Berapa banyak pun anggaran rumah tangga Emak, kalau tidak bisa mengaturnya (baca: lebih besar pasak daripada tiang alias BOROS), kelar deh hidup! 🙂

Mungkin karena itulah kenapa berbagai artikel tentang “tips belanja hemat” masih selalu banyak dicari ya, Mak. Nah, ini dia tips belanja hemat yang bisa ditiru dan diterapkan:

1. Make The List!

hand-859514_1280

Tidak harus selalu menggunakan kertas dan pulpen seperti cara yang dilakukan oleh banyak orang tua jaman dulu sih ya, bisa saja membuatnya di aplikasi ‘note’ di ponsel, atau bahkan mengetiknya di laptop. Pilih saja senyamannya Emak. Cek sekeliling rumah, catat apa-apa saja yang sudah/hampir habis. Cek isi kulkas, lemari penyimpan makanan, kamar mandi, setiap ruangan di rumah, halaman, garasi, dan sebagainya dan seterusnya.

Buat daftarnya, termasuk jumlah satuan yang diperlukan selama sebulan ke depan. Misalnya nih, jika selama ini rata-rata dalam satu bulan sepuluh kilo beras cukup untuk keperluan makan seluruh keluarga, tidak perlu membeli satu ton beras, bukan? Lima belas kilo mungkin sudah cukup untuk antisipasi Emak kedatangan keluarga atau tamu atau keadaan ‘darurat’ lainnya.

Kembali ke daftar belanjaan, gunakan daftar yang sudah Emak buat ini saat berbelanja, and stick to it! Jangan menambah-kurangi daftar tersebut. Awalnya mungkin akan ada yang terlewat satu dua barang, tapi kalau sudah terbiasa akan membiasa kok. Bahkan kalau sudah expert, Emak tidak perlu lagi catatan fisik, karena daftar belanja itu seperti sudah tertulis di benak.

2. Hati-hati terhadap SALE/Discount

Ngaku deh, emak mana sih yang tidak berburu SALE atau barang diskon? *tunjuk jari paling tinggi* hihihihi. Kadang, saya ‘mengkhianati’ daftar yang sudah saya buat kalau si minyak goreng favorit ternyata diskon 20%, misalnya. Ini bisa dimaafkan, karena minyak goreng toh expired date-nya cukup lama ya, dan bisa menghemat belanja minyak goreng 2-3 bulan ke depan bagus juga kan? *membela diri*.

Maka yang harus diperhatikan saat godaan SALE dan Diskon ini adalah mempertimbangkan seberapa penting barang/produk tersebut untuk dibeli saat itu juga. Yaaa, kalau tas ngantor emak-emak masih cukup bagus mah sepertinya tidak perlulah ya beli dulu meski sedang SALE :).

3. Tidak Berbelanja dalam Keadaan Lapar

Ini serius lho ya. Tips hemat belanja emak-emak masa kini yang berikutnya adalah: Makanlah dulu sebelum berbelanja! Bukan, bukannya pelit, tapi secara psikologis, perut lapar cenderung selalu melihat segala sesuatu sebagai ‘kebutuhan’. Padahal sebenarnya cuma ‘keinginan’ yang bisa saja tidak seberapa penting. Lapar mata ini berbahaya sekali emak-emak. Jangan sampai menyesali barang belanjaan yang sudah Emak beli saat sampai di rumah.

Jadi jangan lupa makan dulu sebelum belanja ya, Mak.

 

KAT Cookingware

4. Ada harga ada rupa

Ini sebuah keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri sepertinya ya, Mak, meskipun tidak bisa juga diaplikasikan untuk semua barang yang kita butuhkan sehari-hari. Sepatu kets saya misalnya, usianya sudah hampir empat tahun dan sudah saya ajak ngebolang mendaki gunung menyebrangi lautan *halah*, hingga dipakai treadmil entah berapa kilo, tapi masih awet saja lho. Padahal saya ingat betul, saya berpikir entah berapa kali saat hendak membelinya, karena kok ya sepatu mahal banget sih cuma buat diinjak-injak doang?! Hahahaha.

Kualitas yang baik memang terkadang berbanding lurus dengan harga yang sedikit mahal. Pada akhirnya menjadi salah satu tips berhemat juga, karena dengan kualitas yang bagus dan awet ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang berkali-kali untuk barang yang sama, betul?

5. Mulai menyesuaikan dengan era kekinian

Era sekarang yang kian maju pesat dalam perkembangan IT, menghadirkan banyak kemudahan di segala aspek keidupan, termasuk dalam dunia belanja ya, Mak. Tidak hanya tentang mudahnya mencari artikel “Tips hemat belanja”, “Tips memilih barang bagus” dan lain-lain, tapi juga banyak menyediakan fasilitas diskon yang cukup realistis dan memanjakan konsumen melalui jaringan penjualan online.

Apa sih yang tidak  ada dijual online sekarang? Bisa dibilang semua ada. Terkait dengan tips nomer 4 pula, kita bisa membandingkan kualitas setiap barang yang kita inginkan. Kebutuhan dari ujung rambut hingga kaki, dari depan rumah sampai belakang semua ada. Bahkan sekarang banyak produsen memanjakan konsumen dengan pelayanan kombinasi antara online dan offline salah satu contohnya adalah Alfamart. Salah satu jaringan retail yang cukup besar di Indonesia juga sudah menyediakan layanan konsumen via online.

Tidak  bisa dipungkiri, sepesat apapun pertumbuhan IT dan sudah banyak penggunanya di seluruh Indonesia, tetap masih banyak juga konsummen yang tetap lebih suka datang ke toko untuk belanja langsung.

16681689_10210781725073454_7017207068609463571_n

Yuk ikutan lomba resep Enak!!!

 

Jadi ada apa saja di Alfamart Awal Tahun 2017 ini?

Di awal 2017 Alfamart melaunching program Kejutan Awal Tahun 2017 Royal VKB Cookware. Yaitu program belanja Rp 30.000 (berlaku kelipatan) mendapatkan satu stamp Alfamart. Kita juga bisa dapat extra stamp saat dalam daftar belanja ada produk sponsor. Wow, sangat menarik nih Mak, bisa dijadikan salah satu cara kita untuk berhemat juga kan ya? *modus*.

Stamp yang terkumpul ini bisa digunakan untuk menebus Royal VKB Cookware dengan harga diskon hingga 85% lho, Mak.

Royal VKB Cookware itu apa sih? Ini adalah peralatan masak teflon yang telah teruji kualitasnya melalui standart uji Eropa, Mak. Keunggulan antara lain sebagai berikut:

“Tahan lama, tidak mudah rusak. Mudah dibersihkan. Handle tidak panas saat digunakan.

Dan Royal VKB Cookware juga bisa ditebus dengan stamp digital, Mak. Caranya gampil, hanya tinggal men-download aplikasi digital Alfastamp versi 2.0. Aktifkan dengan memasukan nomer ID Kartu Ponta Alfamart milik Emak, setelah itu dapatkan segera extra stamp digital untuk pengaktifan pertama.

Screenshot_2017-02-17-17-23-08_1

Nomer Bon, lihat contoh di atas

Jadi tunggu apalagi? Buruan belanja ya dan kumpulkan stampnya. Setiap konsumen yang menukarkan stamp baik stamp fisik maupun stamp digital yang dimiliki dengan Royal VKB Cookware jenis apa pun, berkesempatan memenangkan undian jalan-jalan ke Belanda loh. Baik yang menukarkan secara fisik maupun digital memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan undian jalan-jalan ke Belanda :D. Aduh, asyik ya belanja bisa dapet undian jalan-jalan.

10 Finalis memberebutkan hadiah berikut

10 Finalis memberebutkan hadiah berikut

 

Tapi kabar gembira lainnya, dalam program KAT 2017, hadiah jalan-jalan tidak hanya bisa didapat melalui undian stamp saja. Bisa juga dengan mengikuti lomba resep #PilihanBundaAlfamart yang caranya gampang banget.

1. Pelanggan yang berbelanja Rp 30.000 Produk Sponsor dari RoyalVKB Cookware bisa mengikuti Kontes Resep Royal VKB Cookware
2. Upload Foto melalui Facebook, Twitter atau Instagram dengan #PilihanBundaAlfamart, Sertakan dengan no struk pembelanjaan dalam caption foto dan resep yang di unggah ke social media.
3. Resep merupakan karya asli dari peserta
4. Jika resep terbukti bukan milik peserta, penyelenggara berhak untuk membatalkan
5. 10 Peserta yang terpilih Oleh Juri, akan diundang penyelenggara (Alfamart) untuk mempraktekan / demo resep yang diupload secara langsung dihadapan juri untuk memperebutkan juara 1-10.
6. Keputusan pihak penyelenggara bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.
8. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan program ini.
9. Informasi lengkap program ini kunungi website www.alfamartku.com
10. 5 peserta teratas upload resep terbanyak, mendapatkan masing-masing a-Voucher belanja Alfamart senilai Rp 500.000

Untuk info menarik lainnya jangan lupa ikuti akun official Alfamart Twitter/Instagram/Line di @Alfamart dan Fan Page Alfamart ya, Mak.

 

Nah, ada yang mau berbagi tips hemat berbelanja emak-emak masa kini lainnya? Sila tuliskan di kolom komentar ya, Mak ;).