Ada yang mengatakan bahwa “Buku adalah Jendela Dunia.” Yah, dengan membaca buku kita akan mendapatkan beragam pengetahuan dan informasi yang sangat bermanfaat. Bahkan sekarang ini nggak  hanya dalam bentuk buku, tapi dengan browsing lewat internet, segala macam hal yang ingin kita ketahui bisa kita dapatkan dengan mudah. Intinya adalah banyak membaca!

Nah, sebagai orang tua pasti pengin dong anak kita juga suka membaca? Iya, nggak?

Untuk anak usia balita yang mungkin masih belum bisa membaca, ya orang tuanya dulu lah yang kebagian tugas membaca. Nanti setelah anak sudah mulai belajar membaca, itulah saat yang tepat untuk menumbuhkan minat baca anak. Biasanya sih saat itu anak senang sekali sudah bisa membaca. Tulisan apa aja, entah di koran, di buku cerita, spanduk atau nama jalan pun mereka baca dengan antusias.

Bagaimana jika anak nggak suka membaca? Nggak usah khawatir, minat baca anak akan tumbuh kok seiring waktu. Anak-anakku dulu juga seperti itu, susah sekali kalo diminta baca buku meskipun itu buku cerita. Mereka malah lebih tertarik dengan gambar-gambar yang ada di bukunya. Eeh semakin besar mereka tambah lama makin suka membaca. Malah kalo sudah pergi ke toko buku, bisa berjam-jam di sana 😀

Adakah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak?

Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa diterapkan:

 

1.Sediakan waktu khusus untuk membaca

Mungkin bagi anak, nonton film anak di TV atau main game di gadget lebih menarik perhatian. Nggak apa-apa sih, tapi kalo bisa sediakan waktu khusus untuk membaca, minimal setengah jam sehari. Lama-lama, dengan rutinitas seperti itu, anak akan terbiasa sendiri kok meluangkan waktu untuk membaca.

2. Ajak mengunjungi toko buku atau perpustakaan

Perkenalkan anak dengan buku. Saat weekend atau sebulan sekali, ajak anak ke toko buku dan biarkan anak memilih buku yang disukainya. Kalau anak masih bingung, kita bisa memberikan beberapa pilihan buku untuk dipilihnya. Selain ke toko buku, bisa juga anak diajak mengunjungi perpustakaan.

3. Kado buku

Saat ulang tahun, kado buku bisa jadi salah satu pilihan kado yang unik untuk anak. Kalo biasanya kita memberi kado mainan, baju, tas atau sepatu, sesekali beri anak kado buku aja. Bisa juga saat kenaikan kelas, pas banget deh momentnya kasih kado buku kepada anak. Selain buku cerita, buku pengetahuan dan ensiklopedia bisa jadi kado yang bermanfaat buat anak.

4. Teladan dari orang tua

Anak itu peniru ulung dan kadang sangat kritis berpikirnya. Jika kita ingin anak kita suka membaca, kita juga wajib melakukan hal yang sama. Ntar diprotes lho sama anak, “Mama sendiri tuh, nggak pernah baca buku, sukanya nonton sinetron aja.” Tuh, bisa gawat kan kalo seperti itu hihihi. Jadi beri keteladanan dan damping anak saat membaca buku, jadi begitu ada hal-hal yang kurang dimengerti, anak akan bisa langsung bertanya pada kita.

5. Buat perpustakaan mini

Jika memungkinkan, ambil salah satu sudut ruangan rumah untuk dibuat jadi perpustakaan mini. Letakkan rak buku di situ untuk menyimpan koleksi buku yang ada di rumah. Tata dengan rapi dan jangan lupa untuk membersihkannya. Sesekali ajak anak untuk ikut menata dan membersihkan buku-buku di rak, ini akan menjadi salah satu cara untuk menarik minat anak terhadap buku.

Yup, itu 5 cara yang mungkin bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak. Pelan-pelan aja, nggak usah terlalu dipaksa, ntar anak malah ngambek lho 😀

Yuk, silahkan jika Emak mau menambahkan, share di komen ya.