Halo Maks yang punya anak balita, sejak kapan anak pakai car seat, tempat duduk nyaman di dalam mobil?

Kalau Makmin Annisa Steviani mulai mengenalkan car seat untuk Xylo,  sejak Bebe (panggilan sayang Xylo) berumur dua bulan.

Mengapa sedini mungkin mengenalkan car seat untuk anak? Jika bepergian dengan kendaraan roda empat atau mobil, lebih aman dan nyaman kalau anak diletakkan di car seat ketimbang digendong. Setidaknya, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, menggunakan car seat akan meminimalisir resiko kecelakaan lebih besar.

Bagaimana tips agar Xylo mau duduk di car seat? Berikut ini tipsnya, yang sudah pernah disharing di blog personal Icha tentang anak dan car seat.

Kapan Anak Pakai Car Seat?

  • Perkenalkan sedini mungkinSejak umur dua bulan, Xylo sudah diperkenalkkan dengan car seat. Technically dia malah bobo karena belum bisa duduk.Di usia 5 bulan, Xylo mulai rutin menggunakan car seat karena setiap hari kerja (pulang pergi), pergi ke daycare berdua sama JG.

 

  • Cek kenyamanan car seatYa, Bebe rewel diduga karena car seat nggak nyaman. Car seatnya waktu itu minjem punya temen saya dan kurang tebel gitu busanya jadi nggak nyaman. Pas beli sendiri merek Joie sih aman jaya.Perhatikan juga ukuran car seat. Bebe pernah tiba-tiba rewel banget nggak mau di car seat, ternyata karena car seat nya kekecilan. Diganti yang baru langsung mau dan nggak ada masalah. Yang penting empuk lah udah.

 

  • Matahari is no noBayi dan balita tidak bersahabat dengan matahari. Matahari membuat cranky. Kalau bayi sih mending kacanya ditutup penghalang kaca gitu loh yang diceplok-ceplok di kaca.

 

  • Bawa mainan atau Gadget: Saya pasang dudukan hp di kaca samping Bebe jadi dia bisa nonton sambil duduk di car seat. Itu udah pasti kalem lah dijamin nggak gagal. Kalau gagal mungkin dia ngantuk atau laper makanya cranky. Kalau bayi-bayi belum ngerti nonton sih bisa digantung mainan yang bunyi kincring-kincring macam di baby bouncer ya.
  • Nonton tentang Car SafetyIni works well banget sama Bebe. Intinya Bebe mau duduk lagi di car seat karena saya kasih tonton film tentang car safety.
  • Seatbelt: terakhir, temani dan tunjukkan kalau kita pun pakai seatbelt. Seatbelt itu keren, puji setiap dia mau duduk di car seat.

Dalam pemilihan car seat, sesuaikan dengan tipe kendaraan yang dimiliki. Jangan sampai salah pilih. Kalau bisa sih, saat membeli car seat dicoba dahulu agar sesuai dengan anak sehingga merasa nyaman saat duduk di car seat.

Perlu diperhatikan juga agar aman dalam menggunakan car seat, letakkan di bangku bagian belakang di tengah. Jangan pernah menempatkan anak dengan car seat di bangku depan dengan airbag yang aktif, karena dapat melukai anak saat terjadi tabrakan.

Jika anak masih balita ( di bawah usia 5 tahun), jika perjalanan lebih dari dua jam, pastikan anak beristirahat atau tidur dengan posisi berbaring saat di perjalanan.

Itu tips Icha dalam memperkenalkan car seat kepada Xylo. Semoga bermanfaat, sehingga nggak perlu bingung lagi menentukan saat Kapan Anak Mulai Pakai Car Seat.