Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, memastikannya selalu tumbuh dengan baik dan sehat sesuai dengan usia pertumbuhannya adalah hal penting bagi orang tua, terutama seorang Ibu. Memastikan setiap detail perkembangan anak, seperti berat badan atau kemampuan berbicara sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Meski sebagaimana kita ketahui, bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Seorang anak bisa mulai melangkah tertatih di usia 9 bulan, belum tentu sama dengan anak yang lain yang terkadang baru bisa berjalan di usia 14 bulan. Tentu bukan masalah asal tetap masih dalam batas normal pertumbuhan.

Karena yang paling penting bagi orang tua, terutama Ibu adalah bagaimana selalu memastikan buah hati selalu sehat dan cepat tanggap menangani saat buah hati sedang mengalami gangguan kesehatan.

infographic-transpulmin-Balsam
Karena usia pertumbuhan adalah usia rawan dan sensitif anak mudah sakit. Padahal keaktifan anak sangat mempengaruhi kualitas tumbuh kembangnya. Terutama saat masih berusia Batita hingga anak-anak.

Bergerak, lari, ngoceh mengeluarkan suara yang terkadang terlihat tanpa makna namun menggemaskan adalah stimulasi seorang anak untuk tumbuh secara sempurna seluruh kemampuan sensorik dan motoriknya.

Namun kondisi lingkungan, cuaca yang terkadang tidak menentu, tubuh anak yang sedang tidak fit tanpa disadari menjadikan buah hati mudah terserang penyakit seperti batuk, pilek, flu dan deman. Meski ini adalah sakit umum yang mudah menyerang semua umur, tetap saja untuk balita dan anak-anak akan mempengaruhi pertumbuhan mereka.

Pada tahap tertentu, akan membuat anak lemah dan lemas, rewel, tidak ceria, lebih pendiam, malas bergerak. Sehingga menghambat pertumbuhan sensorik dan motoriknya.

infographic-transpulmin-BB-Balsam
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga agar anak tidak mudah sakit dan tetap ceria di masa pertumbuhan.

1. Memastikan asupan makanan sehat
Biasanya dokter anak atau bidan di posyandu akan memberi panduan lengkap tentang makanan sehat untuk anak mulai dari lahir hingga 5 tahun. seperti 0-6 bulan hanya ASI, 6-9 bulan MPASI yang agak lembut. 9-12 bulan MPASI yang agak kasar untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Mamastikan asupan cairan pada anak cukup agar tidak dehidrasi. Memahami pola makan sehat sekarang yang patokannya pada piramida makanan. Yaitu mengurangi asupan gula garam dan memperbanyak asupan serat dan protein.

Hingga 2 tahun anak sudah bisa diberikan makanan yang sama dengan orang dewasa. Hanya takaran dan jumlahnya saja yang disesuaikan dengan usianya. Biasanya panduan ini juga dilengkapi berapa BB & TB normal anak yang sesuai dengan usianya.

2. Beraktivitas sehat yang merangsang pertumbuhan
Seperti menjemur bayi di pagi hari, akan melancarkan peredaran bayi. Melakukan pijat ringan saat memandikan. Mulai memperkenalkan gerakan ringan rutin, mengajak keliling kompleks atau taman saat anak mulai bisa melangkah. Agar terbiasa dengan olah raga sejak dini. Bahkan sebagian sudah ada yang mengajak dan memperkenalkan renang sejak dini.

3. Interaksi yang berkualitas
Apapun kondisi orang tua, apakah bisa mendampingi anak full sepanjang hari atau tidak bagi yang bekerja, yang terpenting adalah bagaimana membangun hubungan berkualitas saat bersama. Memahami setiap detail kondisi anak.

Seperti, anak mudah rewel dan gelisah saat tidur setelah diajak melakukan perjalanan meski perjalanannya hanya jarak dekat dalam kota. Mudah terserang flu setelah habis berenang, padahal renang adalah salah satu olahraga dan aktivitas favoritnya.

Saat pergantian cuaca ekstrim anak mudah terserang flu, batuk dan pilek. Orang tua adalah yang utama yang harus paham kondisi tubuh buah hati. Termasuk mamahami detail cara menangani dengan tepat dan cepat. Interaksi berkualitas yang dibangun sejak dini akan lebih memudahkan penyembuhan.

Pada hakikatnya, sentuhan nyata orang tua terutama Ibu adalah “penolong utama” penyembuhan seorang anak. Selain memberi efek penyembuhan, juga membangun bonding pada buah hati. Jadi terkadang berfikir positif saat anak sakit flu, batuk pilek ringan adalah bentuk gejala anak sedang butuh sentuhan lebih intens agar lebih dekat dengan orang tua, terutama Ibu merupakan rangkaian penyembuhan terbaik sangatlah penting.

Jadi bagi Ibu, cukup dengan memeluk, memijat pelan dengan sentuhan lembut, menggosok punggung buah hati dengan menggunakan balsam untuk bayi dan atau anak sudah merupakan langkah mudah penyembuhan cepat dan tepat.

Dan ngomong-ngomong soal balsam untuk flu bagi bayi dan anak-anak serta seluruh keluarga, sebagian dari kita pasti sudah tahu bahwa ada Transpulmin Balsam untuk anak dan keluarga, juga ada Transpulmin BB Balsam untuk bayi 0-2 tahun.

Kenapa memilih Transpulmin? Karena kandungan bahan alami dari ekstrak bunga Chamomile yang terkenal sejak dulu kandungannya sangat bermanfaat untuk pengobatan dan perawatan kesehatan. Terutama untuk mengatasi gangguan tidur, pencernaan, pereda sakit dan lain-lain.

Selain ekstrak bunga Chamomile, Transpulmin juga mengandung Eucalyptus Oil. Untuk Transpulmin Balsam ada tambahan kandungan menthol, Champor dan Sage Oil. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dioleskan ke punggung dan dada, dapat meredakan nyeri punggung, sakit perut sakit kepala dan menghangatkan badan.

Terkadang saat sakit, ada sebagian orang membeli wewangian khusus semacam aroma therapy untuk therapy penyembuhan dengan harga yang lumayan mahal. Bagi pengguna Transpulmin, kita bisa mengolah aroma therapy sendiri dengan cara memasukan Trasnspulmin Balsam ke dalam wadah berisi air mendidih dan letakan dalam kamar agar uapnya terserap anggota keluarga yang sedang pilek. Bermanfaat melegakan pernafasan penderita flu.

Transpulmin Balsam dan Transpulmin BB Balsam dapat dibeli Guardian, Century, Kimia Farma, Watson, Baby Shop dan toko obat di sekitar tempat tinggal kita. Untuk keterangan lebih lengkap tentang Transpulmin bisa kunjungi http://transpulmin.co.id/ atau social media facebook FP Transpulmin Kehangatan Ibu dan @transpulmin.kehangatanibu.

Jangan lupa untuk ikut berbagi kisah “10.000 Momen Kehangatan Transpulmin” yang keterangan lengkap bisa dilihat di http://transpulmin.co.id/momenkehangatanibu dan menangkan hadiah voucher belaja senilai JUTAAN RUPIAH & hampers eksklusif setiap bulannya.

Jadi teman-teman KEB, sekarang kalau bayi atau anggota keluarga terkena flu, batuk pilek jangan buru-buru langsung minum obat atau ke dokter, langsung beri sentuhan kehangatan Ibu secara intens dan Transpulmin dulu. Karena sentuhan kehangatan dan kasih sayang adalah salah satu faktor penyembuh utama dan terbaik untuk keluarga 