Halo Mak, biasanya apa sih yang menjadi pertimbangan saat memilih sebuah hotel? Apakah harga, lokasi atau fasilitasnya?

Sebetulnya banyak faktor yang menjadi pertimbangan saat memilih sebuah hotel dan tentunya pertimbangan tiap orang juga berbeda.

Kalau aku sendiri, 5 hal yang menjadi pertimbangan saat memilih hotel adalah:

  1. Lokasi

Lokasi di sini bisa merupakan lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan terminal, bandara, stasiun, tempat wisata atau pusat berbelanjaan. Nah, yang kedua bisa merupakan lokasi yang dekat dengan tempat tujuan yang ingin kita datangi.

Kalau aku pribadi, lokasi stategis di pusat kota tapi jauh dengan tempat yang ingin kutuju, pasti bakalan aku skip deh. Misalnya saja nih, aku ingin menghadiri seminar yang letaknya di daerah Surabaya Barat, pasti aku memilih menginap di hotel yang lokasinya seputaran itu. Pilih hotel di daerah Surabaya Timur juga bisa sih, tapi ya itu jaraknya nggak dekat, belum lagi kalo macet bikin geregetan haha, mending cari yang dekat dengan tempat tujuan aja.

2. Harga

Harga juga sangat menentukan nih, pilih hotel sesuai dengan budget yang ada. Kalo budget kita misalnya cuma 400 ribu ya nggak usah dipaksain deh nginep di hotel yang harganya lebih dari itu. Cara lain, cari voucher diskon. Sekarang kan banyak pesan hotel via online, dan diskonnya kadang-kadang juga gede lho. Aku pernah tuh, nginep di hotel yang harganya 300 an ribu, tapi bayar cuma 10 ribu. Beneran, serius! Dan pernah juga nginep di hotel yang harganya 700 an tapi bayar nggak sampe 400 ribu. Pokoknya, harus pinter-pinter nih cari diskonan, kan asyik kalo dapat hotel yang harganya 700 ribu tapi ada diskon gede  jadi bayar cuma 400 ribu aja. Asyik, kan!

3. Fasilitas

Fasilitas apa yang kita harapkan dari sebuah hotel? Misalnya fasilitas kamar (handuk, sabun, mini bar, TV, sandal hotel, jaket hotel, pembuat air panas, hair dyer dll) atau fasilitas hotel (kolam renang, play ground, parking area, wifi, breakfast dll). Fasilitas ini sih biasanya ngikut sesuai harga hotelnya. Semakin mahal hotel tentu fasilitasnya juga akan semakin komplit. Buat yang bawa anak kecil mungkin perlu ya pembuat air panas untuk bikin minuman hangat seperti teh atau susu.

Buat yang ingin santai menghabiskan banyak waktu di hotel, tentu menyenangkan jika fasilitasnya banyak ya. Tapi buat yang lebih banyak kegiatan di luar, berangkat pagi, balik hotel udah malam, ya bisa jadi nggak begitu mementingkan fasilitas di kamar, yang penting kasurnya nyaman buat tidur. Kalau kondisinya seperti ini, budget hotel mungkin akan jadi pilihan terbaik.

4. Kebersihan

Nah, soal kebersihan ini juga salah satu alasan utama dalam memilih hotel. Kalo buatku sih ini termasuk urutan nomor satu. Pasti nggak bakalan betah tidur di hotel yang jorok. Pernah nggak ngalamin, tidur di hotel yang ada kecoaknya? Aku pernah!

Waktu itu malam tahun baru, kesalahan kami nggak pesan hotel jauh-jauh hari, nah pas harinya, sibuk deh telpon hotel sana sini, udah penuh semua. Itu udah tahun berapa ya, lupa, udah lamaaa, belum ada yang namanya pesan hotel via online, biasanya pesan lewat travel atau telpon hotelnya langsung.

Banyak juga sih hotel yang masih penuh tapi harganya dua kali lipat budget yang ada. Akhirnya nemu satu hotel yang sesuai budget, tinggal satu kamar yang kosong. Karena sudah malem, kami memutuskan nginep di situ daripada tidur di mobil. Pas baru masuk kamar, itu kecoak nongkrong dengan cantiknya di kasur, kebayang deh anak-anak pada jejeritan hahaha. Langsung aku minta staff nya untuk mengusir si kecoak itu. Sekali itu aja, nginep di situ. Kapok!

5. Pelayanan

Pelayanan/service ini penting banget lho dalam sebuah hotel. Sangat nyaman tinggal di hotel yang resepsionis dan semua staff hotelnya ramah, murah senyum dan cekatan. Pasti deh bakal pingin balik lagi ke hotel itu jika pelayanannya memuaskan.

Yup, itulah 5 hal yang biasanya menjadi bahan pertimbanganku dalam memilih hotel. Bagaimana dengan Emak? Biasanya pilih hotel berdasar apa, yuk sharing!