Halo Emaks, seberapa sering anak-anak bermain di luar dan lepas dari gadget? Jaman sekarang ini, cukup sulit ya memisahkan anak-anak dari gadget. Karena gadget mempunyai magnet yang cukup kuat untuk membuat anak-anak lupa bermain di luar ruangan. Padahal bermain di luar ruangan punya manfaat yang besar untuk tumbuh kembang anak-anak kita.

Hari Kamis, 24 Agustus 2017 lalu, salah satu gerai penyedia mainan edukatif yang berasal dari UK (United Kingdom), Early Learning Centre atau biasa dikenal dengan ELC meluncurkan seri mainan khusus luar ruangan dan berbagai pengetahuan seputar aktivitas bermain di luar ruangan dalam acara Playdate yang bertema “The Joy of Outdoor Play” yang bertempat di Playground Hotel Borobudur, Jakarta.

ELC yang terkenal dengan berbagai macam mainan edukasi anak, mulai umur 0 bulan hingga 8 tahun, pada kesempatan ini memperkenalkan berbagai macam mainan luar ruangan atau Outdoor Play Series yang bisa menemani aktivitas anak-anak saat bermain di luar ruangan.

Seri Outdoor Play ini dirancang untuk lebih dari sekedar mainan anak, tapi juga sebagai media edukasi yang dapat mengembangkan kemampuan motorik, kreatifitas serta sosial selama mereka bermain di luar ruangan.

Bermain di Luar

Sore itu, sambil duduk santai ala piknik kita juga diajak ngobrol tentang pentingnya bermain di luar ruangan dan dikenalkan langsung dengan berbagai macam ELC Outdoor Play Series oleh beberapa perwakilan dari ELC yaitu (kedua dari kiri – kanan) Dini Naomi selaku Marketing Manager ELC, Bayu Wijanarko selaku ELC Toys Expert, Pieter Yustianus Gunawan selaku Operational Manager ELC & Mothercare Indonesia dan Eka Febrina selaku Brand Manager ELC.

ELC Toys Expert, Bayu Wijanarko mengatakan bahwa bermain di luar sangat penting untuk anak-anak kita. Bermain di luar berguna untuk mengembangkan fungsi motorik dan fungsi sosial anak-anak. Karena bermain di luar menuntut anak-anak untuk terus bergerak dan bersosialisasi dengan sekitarnya.

Kak Bayu pun juga memperkenalkan mainan-mainan luar ruangan yang dibawa oleh ELC pada sore itu. Ada apa aja ya?

Bermain di Luar

ELC Crazy Golf, satu set golf mini untuk anak-anak ini diperuntukkan untuk anak usia 3 – 8 tahun. Mainan yang terdiri dari 2 stik golf mini, 4 bola golf mini dan 5 obstacle ini bisa mengasah fungsi konsentrasi, fokus, motorik kasar dan social skill anak-anak.

Bermain di Luar

ELC Junior Trampoline, adalah trampoline mini untuk anak usia diatas 12 bulan. ELC Junior Trampoline ini sangat bagus untuk melatih koordinasi dan keseimbangan anak-anak. Trampoline mini ini juga memiliki pegangan dan tepian yang empuk sehingga aman untuk digunakan anak-anak kita. Tentunya harus dibawah pengawasan orang dewasa juga ya.

 

Bermain di Luar

ELC Double Sided Easel ini merupakan salah satu mainan dari kategori ELC Art & Creativity. ELC Double Sided Easel ini cocok untuk anak di atas usia 18 bulan. ELC Double Sided Easel ini merupakan papan tulis dua sisi yang dilengkapi dengan spidol dan kapur tulis yang mudah dibersihkan dan terbuat dari bahan yang aman digunakan oleh anak-anak. Sambil menggambar di ELC Double Sided Easel, anak- anak juga bisa melatih imajinasi dan kreativitas mereka loh.

 

Bermain di Luar

ELC Snazaroo Face Paint Kit ini juga bagian dari kategori ELC Art & Creativity. Snazaroo Face Paint Kit ini merupakan separangkat peralatan untuk mewarnai wajah yang cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Cat yang digunakan untuk menggambar wajah pada Snazaroo ini merupakan cat yang mudah dicuci dengan air dan sangat aman untuk kulit anak-anak.

Bermain di Luar

ELC Sand and Water Table ini merupakan meja yang dilengkapi aksesori mainan dengan dua bak yang bisa diisi dengan pasir maupun air. ELC Sand and Water Table ini cocok untuk anak usia 18 bulan keatas. Bermain air dan pasir pada ELC Water and Sand Table ini berguna untuk menstimulasi indera anak-anak kita.

Bermain di Luar

ELC Frankie The Bubble Fish merupakan mesin pencipta gelembung sabun yang berbentuk ikan yang lucu. Gelembung sabun yang dihasilkan oleh Frankie The Bubble Fish ini sangat banyak dan dapat digunakan untuk memeriahkan acara pesta ulang tahun atau pun acara di luar ruangan lainnya.

Bermain di Luar

Danesya Juzar, Founder The Productive Mamas yang bergabung pada playdate ELC sore itu mengatakan bahwa, mengajak anak bermain di luar adalah suatu keharusan baginya. Padahal, ia merupakan ibu yang cukup selektif dalam memilih mainan untuk anak-anaknya. Setiap mainan yang dibeli melewati berbagai pertimbangan seperti usia anak dan fungsi mainannya. Dan, ELC selalu menjadi pilihan tempat membeli mainan untuk anak-anaknya karena setiap mainan ELC memiliki petunjuk usia serta keterangan mengenai kemampuan dan pembelajaran apa saja yang didapat si anak dari mainan tersebut.

Bermain di Luar

Seperti pada mainan ELC 100 Playballs di atas, terdapat keterangan mengenai usia yang tepat untuk memainkan bola-bola warna-warni itu, dan icon Physical Development yang artinya saat memainkan playballs, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan fisiknya, mulai dari motorik kasar mengenggam bola atau melempar bola.

Jadi, saat kita masuk ke store ELC, kita tidak perlu bingung lagi menentukan mainan yang tepat untuk anak-anak kita. Karena ELC telah memberikan informasi usia dan icon kemampuan dan pembelajaran di setiap mainan.

Dan menurut ELC Toys Expert, Kak Bayu, setiap mainan dari ELC sangat aman untuk anak-anak, terutama mainan untuk anak di bawah umur 5 tahun dipastikan tidak memiliki bagian-bagian kecil yang mudah tertelan maupun sudut-sudut siku yang tajam.

Perawatan setiap mainan outdoor series dari ELC juga mudah. Jika ada yang kotor, cukup di lap dengan lap basah saja. Setiap mainan outdoor series dari ELC juga dibuat dari bahan plastik terbaik, cat yang aman untuk anak-anak dan memiliki UV protector sehingga catnya tidak mudah pudar dan warnanya tahan lama.

Bermain di Luar

Bermain di Luar

Playdate ELC sore itu juga dilengkapi dengan lomba-lomba yang menarik. Lomba Scooter Race menggunakan ELC Scooter Stripey untuk anak-anak dan lomba merangkai ELC Puzzle untuk para mamanya. Menang ataupun kalah, setiap pesertanya tetap dapat hadiah lho, asyik kan?

Bermain di Luar

Playdate ELC sore itu, seru banget! Semua anak yang hadir bebas berlarian, mengeksplorasi serta bebas bermain dengan semua mainan outdoor play series dari ELC. Untuk melihat produk lain bisa menuju ke link berikut ini

Jadi Emaks, jangan lupa mengajak anak-anak bermain di luar dan pilihlah mainan yang tepat untuk anak-anak kita. Seperti ELC, mainan yang berkualitas dan mengedukasi. Yuk, ajak anak bermain di luar rumah!

 

****

Reportase Adriana Dian

http://www.adrianadian.com