ditulis oleh Dian Ekawati Suryaman http://www.dianesuryaman.com/

Beberapa tahun terakhir, dunia blogging semakin gempita. Bukan semata karena makin banyak yang melakukan aktivitas tulis menulis via blog ini, tetapi juga pihak lain seperti agency, brand, atau sponsor lainnya, yang melirik blogger dan mengajak dalam setiap kegiatan seperti kampanye produk, gerakan atau promosi lainnya.

Memang sih ada beberapa persyaratan yang dipenuhi blogger untuk terlibat dalam kegiatan tersebut. Misalnya, berapa lama sudah ngeblog, jumlah postingan, berapa besar Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)-nya. Atau blognya masih gratisan atau sudah pakai domain sendiri (TLD).

Lalu, Asyiknya Ngeblog itu yang bagaimana?

Tiap orang memang punya tujuan yang berbeda-beda saat mengawali aktivitas bloggingnya. Niat awal mungkin hanya iseng, eh ternyata malah jadi seleb. Iseng-iseng nulis, eh dibayar. Seperti itu.

Barangkali, tips asyiknya ngeblog dari saya ini bisa cocok untuk yang ingin memulai ngeblog atau sudah ngeblog tapi masih belum konsisten update blognya.

6 Alasan Asyiknya Ngeblog

  1. Menulis dengan Hati, ya kan menulis dengan tangan..hehehe.. Maksudnya menulis sesuai dengan yang kita rasakan. Jadi tulisan sangat terasa orisinalitasnya. Karena tiap orang tentu punya pendapat yang berbeda tentang satu hal. Jadi meskipun menulis tentang obyek yang sama, kalau menulisnya dengan hati tentu hasilnya tetap beda.
  2. Menulis Sesuai Passion, serupa tapi tak sama dengan menulis dengan hati. Hanya saja, menulis sesuai passion ini bisa diwujudkan dengan membuat blog ber-niche yang sesuai dengan minat kita. Saya sendiri passionnya campur-campur. Kadang nulis travelling, kadang nulis kesehatan, kadang nulis parenting. Ya udah, bikin aja blog yang memang memuat berbagai kategori sesuai passion. Mau bikin lebih dari 1 blog  dengan tiap blog sesuai dengan passion boleh banget.
  3. Membuat Tulisan yang Aman, ya…sebenarnya ini faktor yang tergolong subyektif sih. Kadang kita menulis tanpa maksud untuk membuat kericuhan, tapi apa daya pembacanya yang ricuh. Kalo saya sih emang ngak terlalu suka menulis yang terkait dengan hal-hal yang sensitif atau kontroversi dan bisa memancing orang untuk ikut ribut. Apalagi sampai menulis tentang sesuatu yang belum jelas asal usulnya alias berbau fitnah. Duh nggak banget. Mending nulis yang lain yang lebih bermanfaat kan. Namanya blog kan bisa dibaca siapa saja..tidak hanya terbatas pada teman-teman yang tahu tentang kita.
  4. Mempercantik Tampilan Blog, blog itu kan kayak rumah kita ya, jadi menurut saya kalau rumah kita dibuat nyaman, tampilan bagus, isinya positif tentu bikin betah tamu yang mampir. Mempercantik tampilan blog bisa dengan cara gratis bisa juga berbayar. Tinggal pilih aja disesuaikan dengan karakter kita. Saya sukanya yang simple, ya udah blog saya ngak terlalu rame jadinya. Ngak terlalu banyak warna.
  5. Menjalin Pertemanan dengan Blogger, sekarang kan banyak berbagai komunitas online yang bisa jadi tempat kita mengasah kemampuan ngeblog. Gabung saja. Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas blog yang memang positif. Komunitas tersebut ada yang berbasis gender, hobi, wilayah, dll. Tidak sedikit komunitas blogger yang membuat anggotanya secara otomatis harus meningkatkan kapasitasnya. Seperti KEB in, kan jadi rajin posting.. 😉 Kalau memungkinkan bisa ikutan event atau acara kopdar yang mempertemukan kita dengan blogger lain secara offline. Kalaupun ngak bisa karena keterbatasan, ya ngak masalah. Ngeblog tetap bisa asyik kok.
  6. Ngeblog dengan Ikhlas alias Ngak Baperan, eh emang ada ya yang ngeblog ngak ikhlas atau terpaksa?hehehe bukan begitu, maksudnya lakukan segala sesuatu terkait ngeblog itu dengan ikhlas tanpa mengharap balasan. Contohnya Blog Walking (BW). BW memang bermanfaat buat blog kita (salah satunya membantu menaikkan angka Domain Authority). Ya walaupun ada yang berpendapat BW ngak ngaruh, tapi buat saya BW itu sarana silaturahmi, harus dilakukan dengan ikhlas. Ketika kita BW ke blog lain, ngak berharap pemilik blog akan berkunjung balik ke blog kita. Dikunjungi balik syukur, nggak juga ya Alhamdulillah. Begitu juga dengan aktivitas ngeblog lainnya. Jadi tanpa beban dan tidak pernah merasa rugi sudah ini itu. Ikut lomba atau giveaway pun menurut saya sama. Kemenangan adalah bonu, ngak menang ya udah ikhlasin ajah.

Itulah beberapa tips asyiknya ngeblog menurut saya. Semoga bermanfaat ya.

Punya tips lainnya? Share yuk…biar ngeblognya makin asyik

***

6 Alasan Asyiknya Ngeblog merupakan post trigger kedua untuk kelompok Susi Pudjiastuti dalam #KEBloggingCollab

Dian Ekawati Suryaman adalah blogger yang tinggal di Sumenep, Madura.