Browsing Articles Written by

ghi2

Kuliner / Life Style By On December 15, 2014

Gerak Kreatif di Tengah Pasar

Rasanya belum hilang dari ingatan warga ibukota, kehebohan relokasi pedagang Pasar Tanah Abang yang terserak di jalan raya. Para pedagang ini diharapkan, kalau nggak bisa dibilang dipaksa, untuk pindah masuk ke dalam bangunan pasar Blok G yang selama ini kosong. Sejak saat itu, Pemprov DKI berusaha untuk meningkatkan kunjungan ke Pasar Blok G, mulai dari renovasi bangunan, iming-iming hadiah belanja,…

Life Style / Wisata By On December 11, 2014

Menghadiri Pesta Pernikahan di Jepang

Bulan Maret lalu saya sekeluarga berkesempatan menghadiri pernikahan teman baik suami. Teman suami ini orang Jepang, dan pestanya diadakan di kota tempat mereka dulu berkuliah, yaitu di Kyoto. Tidak tanggung-tanggung, sang teman ini bahkan bersedia menanggung biaya akomodasi untuk 2,5 orang – kami berdua plus anak 21 bulan –, mulai dari tiket pesawat dan penginapan selama di sana. Kami merasa…

Inspirasi By On December 5, 2014

Menjadi Aneh: Menjadi Sukses?

Nama Eleanor Catton dan novel The Luminaries-nya mungkin belum dikenal di Indonesia. Tidak banyak yang tahu kalau gadis seumuran saya ini didaulat menjadi pemenang 2013 Man Booker Prize, dan menjadi novelis termuda yang memenangi penghargaan bergengsi ini. Novel keduanya ini juga adalah novel paling tebal yang pernah menang, dengan jumlah halaman sebanyak, tidak tanggung-tanggung: 832! Karena usia kami kira-kira sebaya,…

Kerajinan tangan / Life Style By On November 29, 2014

DIY Gantungan Kacamata

Sejak pertama kali divonis bermata minus di kelas IX, sudah nggak terhitung banyaknya kacamata yang saya pakai. Ada saja alasan mengganti (atau menambah) kacamata. Mulai dari minusnya nambah, kulit yang terkelupas, gagang yang patah, lensa yang lepas, baut yang penyok, sampai hilang entah ke mana. Dulu saya sebel sekali harus pakai kacamata, I feel like a nerd. Walaupun sudah pakai…

Lingkungan By On November 9, 2014

Pemandangan Sore di Taman Kota

Judul di atas bukan judul cerpen. Bukan cerita rekaan yang akan mendorong pembacanya mikir, siapa yang masih menghabiskan sore di taman kota? Ini benar-benar terjadi, pada suatu hari Minggu yang kosong, kami memilih menghabiskan sore di sebuah taman di tengah jalan yang ramai. Kami pasangan yang sudah nyaris khatam dengan taman-taman terkenal di ibukota, terutama di pagi hari. Namun, untuk…

Parenting By On November 7, 2014

Extended Breastfeeding

Ketika mulai menyusui anak dua tahun lalu, saya nggak punya target atau harapan berlebih akan aktivitas yang satu ini. Saya cukup senang kalau nantinya bisa menyusui eksklusif selama 6 bulan, dan syukur-syukur, sembari menurunkan berat badan kembali ke ukuran sebelum hamil, hehehe. Saat anak berumur satu tahun, saya segera mengenalkannya dengan susu pasteurisasi dan UHT. Harapan saya, untuk siang hari…

Life Style / Tips By On November 5, 2014

Melepas Barang Kenangan

Beberapa hari ini saya dipusingkan dengan banyaknya barang yang menumpuk di rumah, lebih tepatnya lagi di kamar. Besar kamar dan ruang penyimpanan nggak bertambah secara signifikan, tapi rasanya barang yang menyesak semakin banyak. Bukan hanya barang-barang yang saya beli sendiri yang memenuhi, tetapi juga barang freebies dari events, souvenir pernikahan, goodie bags, dan sebagainya. Akhirnya saya meluangkan satu hari khusus…

Curhat & Sharing By On March 12, 2014

Perlakuan Istimewa untuk Si Wakil Rakyat

Halo emak! Tidak terasa bulan Februari  habis, kurang dari dua bulan lagi kita akan menghadapi Pemilu legislatif untuk memilih wakil rakyat yang akan menjadi anggota dewan. Apakah emak sudah punya jagoan yang mau dipilih? Tulisan saya ini sebenernya masih ada hubungannya dengan tulisan yang terakhir, tentang pengalaman mengurus paspor yang (nyaris) hilang. Ini bukan tulisan politik dan bukan mau menuduh…

Curhat & Sharing By On January 5, 2014

Balada Paspor (Nyaris) Hilang

Halo emak-emak, selamat tahun baru 2014! Akhir tahun lalu, atau bisa dibilang akhir bulan lalu, saya disibukkan dengan pencarian paspor saya yang hilang, tidak ketemu sejak saya terakhir pulang dari luar negeri bulan April 2012. Saya yakin paspor tersebut ada di rumah, hanya terselip dan saya lupa menaruhnya di mana. Pencarian jadi tambah sulit karena kamar saya yang lama sudah…

Wisata By On November 16, 2013

Taman Asyik di Jakarta

Sejak si bocah usia 8 bulan, saya dan suami mulai rajin membawanya ke taman/ruang terbuka hijau (RTH) untuk sekedar jalan atau lari pagi. Tidak terasa sudah cukup banyak taman yang kami datangi, semuanya yang terjangkau dari rumah kami di Jakarta Selatan. Saya mau berbagi informasi nih tentang taman-taman yang bisa dikunjungi, siapa tahu berguna buat emak-emak yang sedang berada di…

Curhat & Sharing By On April 7, 2013

Tentang Larangan Mengangkang di Lhokseumawe

Ketika suami dimutasi ke Lhokseumawe, saya langsung penasaran dengan peraturan daerah yang gak membolehkan perempuan dibonceng di motor sambil mengangkang. Peraturan itu sempat membuat heboh di Jakarta dan bikin Lhokseumawe jadi terkenal, “gak boleh ngangkang? Kayak di Lhokseumawe aja!” Begitu kira-kira bercandaan kita. Ternyata, sepanjang pengamatan suami, warga Lhok adem ayam saja tuh menanggapi aturan nyeleneh itu. Tidak perlu pakai…

Curhat & Sharing By On April 2, 2013

Siapa Melayani Siapa?

Sebelum nikah, saya sebeeeelll banget sama prinsip bahwa istri itu melayani suami. Asli, saya gak bisa ngebayangin kalau tiap hari harus tunduk sama suami, mengurus printilan ini itu sementara si suami tinggal duduk manis lalu semuanya beres. Setelah saya nikah, saya makin sebel sama prinsip itu, hehehe… Sebenernya bukannya saya gak mau mengurus suami, tapi entah kenapa kata ‘melayani’ itu…