Browsing Articles Written by

Carolina Ratri

Blogging / KumpulanEmakBlogger / Life Style By On May 14, 2017

9 Langkah Menulis Artikel yang Bagus Tanpa Outline

Hai, Maks. Barangkali Emaks sudah tahu ya, kekuatan sebuah outline saat kita mau menulis? Yes, outline akan dapat membantu kita agar tulisan kita tetap terstruktur, rapi, fokus, nggak ke mana-mana, dan juga bisa menjaganya agar tetap mengalir. Saya pernah menulis dan berusaha menjelaskan, mengapa outline ini jangan sampai terlewatkan setiap kali kita menulis. Di artikel tersebut juga ada cara bagaimana…

Blogging / KumpulanEmakBlogger / Tips By On April 17, 2017

Calligraphy Fonts Cantik dan Gratis untuk Mempercantik Blog

Hai, Maks! Siapa yang suka bikin foto-foto typografi? Foto-foto typografi ini biasanya penuh dengan kutipan-kutipan motivasi, kata-kata mutiara, kata-kata bijak yang cantik dan menarik. Sekarang bahkan tipe-tipe foto typografi juga sering menghiasi blog-blog sebagai featured image atau blog title ya. Sering kan lihat ada gambar atau image-image bagus yang menghiasi artikel-artikel di blog, yang biasanya ditaruh di paling atas? Nah,…

Blogging / Inspirasi / Life Style / Tips By On February 27, 2017

How to Stay Creative ala Emak Blogger Workaholic

Menjadi seorang pekerja industry kreatif, kita harus selalu siap untuk punya ide setiap saat. Emaks barangkali sudah membaca artikel saya mengenai kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak kreativitas di web Kumpulan Emak Blogger ini? Kalau belum, bolehlah dibaca dulu yah. Saya sendiri, sebagai seorang pekerja lepas di industri kreatif, sometimes put a lot of pressure on myself agar bisa selalu produktif…

Blogging / Curhat & Sharing / KumpulanEmakBlogger / Life Style / Tips By On January 24, 2017

Modal Menjadi Seorang Content Writer Profesional

Berawal dari sebuah email, seseorang menawari saya untuk menulis artikel seputar pariwisata Indonesia. Beliau minta saya untuk mengisi webnya minimal dua kali sehari dengan artikel orisinil, panjang, dan SEO friendly. Fee-nya? Lumayanlah. Per artikelnya dihargai dolar, meski dia orang Indonesia. Bayarnya pakai paypal, yang sampai sekarang masih saya diemin aja di sana. *Sambil komat kamit, seandainya ada bunga diberlakukan untuk…

Blogging / Inspirasi / KumpulanEmakBlogger / Life Style / Tips By On December 14, 2016

Hentikan Kebiasaan Buruk yang Merusak Kreativitas!

Hai, Maks! Apakah Emaks sekalian merupakan salah satu dari mereka yang menganggap bahwa kreativitas merupakan bakat dan hanya dianugerahkan hanya pada beberapa orang dan bukan pada diri Emaks? Kalau iya, coba pikirkan lagi. Saya adalah salah satu yang berpikir kalau kreativitas itu bisa dilatih dan dimunculkan. Hal yang membuat beberapa orang nampak lebih kreatif daripada yang lain adalah bahwa mereka,…

Curhat & Sharing / Inspirasi / Life Style / Tips By On October 6, 2016

Freelancing: I Love It But I Hate It Too!

Hai, Maks! Apa kabar? Bagi sebagian Emaks barangkali sudah bekerja sebagai freelancer ya? Enak nggak, Maks, kerja freelancing gitu? πŸ™‚ Yah, konon katanya, kerja freelance itu yang paling enak deh. Memerdekakan, mereka bilang. Menjadi bos untuk diri sendiri, skedul kerja bisa fleksibel, dan kita juga bisa memilih project yang menurut kita paling oke untuk dikerjakan. Bener ya, memang menyenangkan? Well,…

Blogging / Inspirasi / Life Style / Tips By On September 13, 2016

Checklist untuk Menulis Artikel yang Panjang dan Tidak Membosankan

Hai, Maks! Beberapa kali saya ada kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama blogger, seringkali saya mendengar perkataan seperti ini. Saya susah nih nulis panjang. Paling pol 500 kata. Mau diperpanjang lagi kok udah nggak tahu apa lagi yang ditulis ya? Yah, memang sih. Bagi yang terbiasa menulis pendek dan ringkas, menulis panjang itu merupakan siksaan tersendiri. Hahaha. Saya juga gitu kok,…

Blogging / Featured / Life Style / Tips By On August 9, 2016

Tip Menulis Blogpost Storytelling yang Menarik

Hai, Maks! Apa kabar? Kalau jalan-jalan ke blog emaks semua, saya selalu mendapati banyak emaks yang menulis blogpost secara storytelling. Ada yang cerita jalan-jalannya, ada yang cerita seputar anak, ada yang cerita tentang film yang ditonton … banyak deh! Ceritanya beragam, ada yang lucu, sedih dan sebagainya. Saya amati kembali, mostly bercerita memang dengan gaya masing-masing, ada yang ngocol abis,…

Blogging / Inspirasi / Life Style / Tips By On June 7, 2016

10 Checklist untuk Membuat Blogpost yang Readable, Likable, dan Sharable

Hai, Emaks. Apa kabar? Gimana nih kegiatan menulisnya? Kegiatan bloggingnya? Sudah tambah ngehits pasti ya, apalagi kalau sudah bergabung bareng Kumpulan Emak Blogger nih. Banyak ilmu, banyak sharing yang didapat dan dipelajari ya. Nah, supaya makin oqhe, saya mau kasih checklist nih, apa saja yang bisa Emaks lakukan saat membuat (saya menggunakan kata β€˜membuat’ alih-alih menulis, karena makin ke sini,…

Blogging / Life Style / Tips By On May 16, 2016

6 Langkah Menulis Review Produk yang Menarik dan Menjual

Hai, Emaks. Ada yang suka mereview produk? Mereview produk nggak selalu berarti job review berbayar lho, Maks. Banyak blogger yang juga suka mereview produk tanpa dibayar, simply hanya karena alasan dia suka banget dengan produk tersebut atau justru malah kecewa banget dengan produk yang dipakainya. Saya kira sih, review makanan dan review resto itu juga termasuk dalam kategori review produk….

Blogging / Inspirasi / Kesehatan / Life Style / Tips By On April 28, 2016

4 Hal Ini Bisa Menjadi Pengganti Kopi Saat Kita Sudah Lelah, Nggak Fokus dan sebagai Mood Booster

Hae, Maks! Siapa hayo yang nggak bisa ninggalin kopi sembari kerja? Coba, ngacung! Ah, sama kita πŸ˜€ Saya makhluk pengopi, dan itu dimulai saat saya mulai banyak melek di malam hari saat harus nglembur tugas kuliah entah berapa puluh tahun yang lalu. Dan, sejak itu, saya sama kopi udah nglebihin sama pacar aja, nggak bisa pisah. #Abaikan Sampai sekarang. Kadang…

Blogging / Life Style / Tips By On March 23, 2016

5 Alasan Orang Suka Share Konten di Media Sosial Mereka

Hai, Maks. Ketemu lagi kita πŸ˜€ Mau bahas apa nih, enaknya? Mmmm … Oh.Β  Ini aja. Emaks termasuk orang yang suka share sesuatu di media sosial Emaks? Entah itu di Facebook, Twitter, Path dan sebagainya? Tentunya, ada alasan ya, mengapa Emaks share informasi tersebut dan kemudian bisa dibaca oleh teman-teman Emaks? Biasanya apa, Maks, alasannya? Infonya penting? Infonya update? Supaya…