Hari kedua ASEAN Blogger Festival 2013 adalah inti acara tersebut. Dari pagi hingga sore, jadwal acara padat dengan seminar, yang diisi oleh beberapa pakar, yaitu:

  • Bapak Hazpohan dari Kementrian Luar Negeri
  • Bapak Suparwoto dari Kementrian Komunikasi dan Informatika
  • KH M Dian Nafi’, ulama
  • Herwaman Kertajaya, Motivator Marketing
  • Ibu Francesca Nina dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  • Perwakilan Dinas Pariwisata Solo
  • Budi Putra, CEO The Jakarta Post Digital
  • Venus, Blogger
ABFI 2013 Day 2,2

Sebagian pembicara, pic by Lusi

Seminar dibagi menjadi empat sesi. Untuk sesi sebelum sholat Jumat tidak ada tanya jawab karena terbatasnya waktu. Pelaksanaan seminar diusahakan menggunakan bahasa Inggris agar peserta dari luar negeri bisa mengikuti jalannya seminar. Namun demikian, tetap banyak yang menggunakan bahasa Indonesia.

ABFI 2013 Day 2,6

Peserta serius mengikuti jalannya seminar, pic by Lusi

Masing-masing pembicara memaparkan sudut pandangnya, tapi semuanya sepakat bahwa ASEAN Community 2015 harus disongsong dengan kesiapan penuh sebagai sebuah komunitas ekonomi. Persiapan harus dilakukan bersama-sama dengan keyakinan akan one vision, one mission and one community. Blogger didorong untuk berperan karena aktivitasnya yang lebih lugas, tanpa batas teritorial untuk menjangkau pembaca di negara lain, tanpa keterbatasan ruang untuk menjelaskan nilai-nilai kerjasama dan kebersamaan yang diperlukan dan komunikasi horisontal dipercaya bisa memberikan pengaruh yang lebih nyata.

Ringkasan materi bisa di download disini. Materi lengkap bisa di download di www.aseanblogger.com .

ABFI 2013 Day 2,7

Pic by Lusi

Pada sesi-sesi akhir, panitia memberikan waktu yang cukup banyak bagi peserta untuk bertanya. Semua penanya adalah blogger daerah di Indonesia yang menceritakan tantangan masing-masing.  Salah satu diskusi yang mendapatkan sambutan paling meriah dari peserta adalah usulan blogger exchange antar negara-negara ASEAN.

ABFI 2013 Day 2,4

Blogger Model, pic by Lusi

Setelah seharian berdiskusi dengan serius, panitia mengadakan fashion show busana batik dari sponsor untuk mencairkan suasana, dengan peraga dari para blogger 10 negara ASEAN. Indonesia diwakili para blogger terkenal, dan salah satunya adalah Venus yang juga menjadi pembicara hari itu. Kemeriahan acara sore itu bertambah dengan games berhadiah voucher dari para sponsor. Jelang maghrib, acara ditutup oleh sebuah group band yang menyanyikan lagu-lagu blues.