Maks, seperti biasa, setiap bulan terpilih satu emak kece yang berhak menyandang gelar sang BoTM aliasa Blog of The Month. Kali ini, emak yang memiliki tiga blog yaituย www.liswantipertiwi.com, www.kompasiana.com/cinta627, penacinta.blogdetik.com-lah juaranya! Yess, siapa lagi kalau bukan Mak Liswanti Pertiwi? ๐Ÿ™‚

Emak geulis orang Garut ini mengaku sebagai freelancer, blogger, dan wedding planner selain sebagai ibu penuh waktu bagi tetehย Cantika dan adeย Dimas. Mak Lis juga rajin mengikuti kegiatan offline dan menuliskan reportasenya di blog lho. Bahkan baru-baru ini, Mak Lis terjun langsung untuk menggalang bantuan bagi masyarakat Garut yang tertimpa musibah.

Yuk ah, kita mulai saja ya ngobrol-ngobrol dengan Mak Lis ๐Ÿ˜‰

**

Jpeg

Jpeg

Mak Lis, sejak kapan punya blog? Apakah hobi berteater dan baca puisi juga masih dilakukan saat sudah menjadi blogger? ๐Ÿ™‚

Hai mak. Kalau ngeblog sudah sejak lama, tepatnya zaman kuliah, tapi dari situ berhenti, dan mulai aktif lagi saat hamil anak kedua di tahun 2012. Lebih konsisten lagi buat nulis ngeblog, sejak tahun 2014. Kalau hobi teater dan puisi memang tak bisa lepas baik masih single ataupun sudah menikah hehe, itu seperti sudah menyatu dalam jiwa saya #eaaah. Dan kalau sekarang ini masih juga, cuman tergantung panggilan tugas hehe, kalau ada acara seni atau pagelaran teater dan diajak saya pasti ikut.

Dengan dua buah hati dan juga mengelola Wedding Organizer, pasti Mak Lis super sibuk kan, ya. Biasanya kapan nih ngeblognya?

Kalau untuk WO jamnya stabil, kan tidak setiap waktu ada klien pernikahan, pengennya seh ada terus tiap bulan hehehe. Dan WO juga kebanyakan konsultasi pernikahan. Jadi kapan pun ada waktu saya pasti ngeblog. Tepatnya saat anak sudah tidur siang atau malam sambil nonton drama korea hehehe.

Apakah ada target berapa postingan dalam satu minggu, Mak? Biasanya ide ngeblog dari mana kah?

Kalau untuk target postingan pengennya tiap hari. Tapi saat ini pengen lebih terjadwal. Jadi target seminggu itu 4-5 tulisan. Kalau untuk ide menulis banyak banget, bisa dari pengalaman sendiri, kegiatan sehari-hari, sampai dengan drama korea (kalau bikin cerpen dan puisi) hehehe.

Bagaimana dukungan keluarga terhadap aktifitas blogging Mak Lis?

Sangat mendukung dan luar biasa. Anak-anak saja sudah paham kalau mamanya sedang menulis. Suami support banget, karena dia tahu sejak dulu saya suka ngehayal hehe. Dan aktivitas ngeblog memang banyak manfaatnya, maka dari itu keluarga mendukung. Apalagi semenjak banyak teman blogger, saya jadi tidak kesepian hidup di perantauan *jadi curhat deh*.

Jpeg

Jpeg

Mak Lis juga aktif di kegiatan offline, termasuk mengembangkan kampung halaman. Apakah ada impian tersendiri untuk para blogger Garut, Mak?

Impian untuk blogger Garut banyak banget, apalagi buat ade-ade yang baru mulai belajar menulis. Saya ingin supaya Garut juga banyak event dan pelatihan menulis blog, supaya blogger Garut yang baru merintis bisa lebih terarah dan banyak pengetahuannya. Dengan begitu blogger Garut bisa memperkenalkan pariwisata, kuliner, dan budaya melalui tulisan.

Saat ini kan sedang ngetren Vlog ya, Mak. Dan MakMin suka lihat vlognya Mak Lis, boleh bagi tipsnya, Mak?Aplikasi apa nih yang dipakai? Hehehehe

Wah terima kasih banget makmin suka liat vlog saya. Kebetulan baru belajar juga neh. Tipsnya ya itu makmin, saya terus konsisten untuk terus belajar dan mendapatkan video terbaik, yang bisa dirangkai dalam bentuk cerita. Serta banyak latihan untuk voice over hehe.

Aplikasi yang biasa saya pakai adalahย Kine Master, cobain aja Mak ;).

Apa pencapaian tertinggi yang diperoleh Mak Lis sebagai seorang blogger?

Pencapaian tertinggi sebagai blogger, apa ya? Saya juga bingung hehe. Emm, saya bisa punya buku antologi, buku duet selama menjadi blogger. Terus bisa jalan-jalan gratis, bisa dapat kesempatan ketemu orang-orang yang inspiratif dan menang lomba hehe. Dan yang pasti punya job menulis dari ngeblog.

Oh iya, Mak Lis juga kan MC ya, ada pengalaman tak terlupakan saat nge-MC Mak? Ada tips cara pede bicara di depan publik seperti itu Mak?

Hehe Iya mak, kebetulan neh hari ini saya baru selesai mengikuti lomba MC, biarpun kalah, bisa menjadi pengalaman yang baru. Kalau pengalaman nge-MC banyak, tapi yang tidak terlupakan saat nge-MC di pernikahan seorang klien. Ternyata ada tamu yang minta nyanyi, dan saya baru tahu bahwa itu mantan pacar pengantin perempuan, dan dia nyanyi lagu Mama Papa Larang dari Judika. Bisa dibayangkan suasananya seperti apa. Antara sedih, lucu dan tidak menyangka sama sekali dia seberani itu.

Mak Lis Sejak kapankah gabung KEB? Program KEB apa yang paling Mak Lis suka?

Sudah lama sekali gabung di KEB, kalau tidak salah ingat 2013 lalu. Jadi banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat dari emak-emak yang luar biasa. Yang paling saya suka program Arisan Ilmu. Dimana saya bisa mendapatkan ilmu dari emak-emak yang inspiratif.

Sejauh ini, apa pengaruh baik komunitas (khususnya KEB) bagi Mak Lis?

Banyak banget mak. Semenjak gabung KEB, seperti saya bilang tadi di poin 9, saya jadi mendapatkan ilmu yang banyak dari ngeblog, bisa ketemu banyak orang yang luar biasa, dan inspiratif. Bisa sering sharing menulis dari para member KEB, baik mak Indah Juli, makpon, mak Echa, Mak Lidya dan makmin semua juga.

Di KEB saya juga seperti punya keluarga baru Mak, jadi nggak sedih lagi hidup di Jakarta, karena bisa ikut berbagai event menarik yang inspiratif dari KEB. Para member KEB pun luar biasa pengalamannya, apapun bisa saya dapatkan di KEB, belajar masak, mengasuh anak, dan lainnya.

Satu lagi mak, saya jadi punya temen curhat Kpop dan drama korea sama mak Icoel hehe.

Makasih KEB, luar biasa banget, saya menunggu Arisan Ilmu lagi di Jakarta neh.

**

Waduh, ternyata Mak Lis juga penggemar K-Pop dan K-Drama, sodara-sodara! *peluk Lee Min Ho* hihihihi. Masih ingin berkenalan dengan Mak Lis lebih jauh? Sila hubungi Mak Lis di medsos0nya sebagai berikut ya, Mak:

  • Twitter: @penaliswanti
  • Instagram: @penaliswanti
  • Facebook: Liswanti.Pertiwi
  • Fanpage: @penaliswanti
  • Youtuube: Liswanti Pertiwi
  • G+: +liswantipertiwi
  • linkedin liswantipertiwi

Sekali lagi, selamat sudah menjadi BoTM ya, Mak Lis. Tetaplah menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia dengan ngeblog ;).