Sabtu, 5 Mei 2012, Emak2 Blogger mendapat undangan untuk menghadiri workshop dongeng yang diadakan oleh Komunitas Dongeng Untuk Si Kecil. Tema acaranya adalah Kreasi Dongeng Untuk si Kecil, bekerjasama dengan pendongeng kondang Awam Prakoso dari Kampung Dongeng. Workshop ini diadakan di Hongkong Cafe, Jl. Sunda No.6, Thamrin, Jakarta Pusat. Agendanya antara lain, community gathering, storytelling dan sharing session tips dan trik mendongeng kreatif bersama kak Awam dan kegiatan mewarnai untuk anak-anak usia 3-5 tahun. Sayang, makmin KEB yang lain sudah punya acara masing-masing. Jadi dari Emak2 Blogger diwakili oleh saya, sebagai Makmin yang available #halah 🙂 dan Mak Sumiyati Supriasih, salah satu member KEB.

Acara dibuka oleh Putri Soehendro sebagai pembawa acara. Putri menjelaskan tujuan acara ini adalah untuk mengajak para orangtua  mendongeng untuk anak-anaknya. Putri juga menyampaikan harapan, para blogger yang hadir di acara bisa menyebarluaskan informasi tentang kegiatan mendongeng ini, karena mendidik anak dengan cara bertutur banyak sekali manfaatnya.

Workshop dongeng yang dipandu Awam Prakoso berlangsung seru, karena beliau banyak menyisipkan dialog-dialog mendongeng/bercerita saat menyampaikan materi. Awam sangat pandai meniru berbagai macam suara dan ekspresi muka yang berubah-ubah. Mendongeng/bercerita itu menurut Awam banyak manfaatnya untuk anak diantaranya merangsang kalbu dan panca indera anak. Orangtua sebagai pendongeng/pencerita harus kreatif saat bertutur. Alat bantu seperti boneka atau buku bisa digunakan supaya lebih kegiatan mendongen jadi lebih menarik.

Yang paling penting dari dongeng/cerita adalah dongeng/cerita yang disampaikan harus memiliki pesan moral yang baik dan benar (tidak ada unsur kekerasan, pornografi atau percintaan yang tidak sesuai umur anak-anak). Memulai kegiatan bercerita ini juga harus memperhatikan suasana hati anak. Sebaiknya orangtua mencari perhatian anak terlebih dahulu sebelum mulai bercerita. Caranya bisa dengan main tebak-tebakan, menyanyi atau permainan.

Sementara para orangtua mengikuti workshop, anak-anak diajak ke ruangan lain untuk mewarnai. Seru deh pokoknya.. Goodie bagnya keren, makanannya enak. Liputan lengkapnya boleh diintip di blog saya yaa 🙂 Untuk emak-emak yang pengen tau lebih banyak tentang Kak Awam dan Kampung Dongeng, bisa add Facebooknya atau follow twitternya @dongengkakawam.