Hai mak, bunda, bagaimana hari-harinya? Semoga selalu bahagia dan menyenangkan, ya. Sekarang saya mau cerita tentang pengalaman menyenangkan mendampingi buah hati. Ya, memiliki buah hati adalah anugerah yang tak terhingga untuk para orang tua, terutama untuk seorang Ibu. Dan kebahagiaan yang tak terhingga bila melihatnya tumbuh dewasa dengan baik, mandiri dan memiliki masa depan yang cemerlang.

Tapi untuk menjadikan buah hati menjadi sosok yang bisa kita banggakan tentu bukan hal mudah, terutama di era modern seperti sekarang. Semakin modern, semakin banyak pula tantangan yang harus kita hadapi. Karena itu sebagai seorang Ibu yang memiliki banyak waktu, kesempatan dan kedekatan lebih dengan buah hati, sudah kewajiban kita untuk memberikan stimulasi pada buah hati.

Tapi, semua pasti tahu, Ibu rumah tangga masa kini sangatlah multitasking, meskipun bukan seorang wanita karir yang harus bekerja nine to five tapi kegiatan tetap bejibun, karena aktualisasi diri tetap perlu untuk terus menggali ilmu menjadi orang tua yang lebih.  Banyak kegiatan mulai dari rumah hingga di luar rumah, dan tak terasa waktu begitu cepat belalu dan buah hati sudah mulai beranjak dewasa. Begitu singkat waktu yang kita miliki sebagai seorang Ibu untuk memberikan stimulasi pada buah hati, karena setelahnya anak sudah sibuk dengan dunia mereka sendiri.

Tapi terkadang kesibukan dan pekerjaan membuat emak-emak/ bunda seperti kita, seperti kekuarangan waktu dan bahan untuk untuk menstimulasi buah hati. Banyak “curhat” yang sering kita dengar, “anak kalau sudah main, susah di ganggu gugat”, duh memprihatinkan ya!

Tapi jangan khawatir, di era digital seperti sekarang sangat banyak tersedia fasilitas yang bisa dimanfaatkan maksimal untuk menstimulasi buah hati. Salah satunya aplikasi edukasi “stimulearn” yang di persembahkan Dancow untuk anak Indonesia. Dan kita sebagai orang tua lah, yang harus bijak dan smart memilih aplikasi yang sesuai untuk anak dan mengedukasi. Setuju kan? Setuju pastinya 😀

Apa sih aplikasi edukasi “stimulearn”? Aplikasi ini adalah aplikasi pada perangkat mobile yang membantu orangtua menstimulasi tumbuh kembang si Kecil sekaligus memonitor tahapan tumbuh kembangnya.

Melalui fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini, kita sebagai orang tua bisa memantau lima perkembangan kognitif buah hati melalui fitur yang ada di aplikasi “stimulearn”. Diantaranya :

Perhatian atau daya fokusnya. Meski masih balita, buah hati harus sudah kita ajarkan fokus agar bisa memiliki konsentrasi untuk memulai dan menyelesaikkan tugas dengan benar. Seperti saat menyelesaikan tugas di sekolah nantinya.

 Mr. Skylab_2

26-juli (2)

Yeayy…ini dia Mr.Skylab yang akan membantu menstimulasi konsentrasi buah hati

Orangtua bisa mengajak bermain Puzzle bersama Mr.Skylab yang akan membantunya mengenal bentuk dan gambar serta memecahkan masalah. Dan konsentrasi saat menyusun kepingan puzzle.

Selanjutnya “Mengenal Lingkungan Sekitar”, saat bepergian ajarkan buah hati tentang rambu-rambu. Dan ajak buah hati membaca dan mengartikannya kembali, bersama-sama. Sudah pasti perjalanan jadi sangat menyenangkan nih 😀

Melatih kemampuan berbahasa, karena komunikasi sangat penting. Meski masih kecil dan “cadel”, kita tetap harus membimbingnya dengan kalimat dan bahasa yang benar agar si kecil bisa dengan mudah memahaminya saat berinteraksi. Ayo, siapa yang terbiasa membahasakan pakai bahasa cadel dengan pikiran untuk lucu-lucuan dan gemes? segera diubah ya…hehe!

Story House_1

Ini dia awal dari “Story House”

Story House_2(1)

Para sahabat Emak di Story House yang akan menemani Emak memperkaya kosakata buah hati

Story House_3 (bahasa)

Yukk mak, mulai mengenal kata

Dalam aplikasi “stimulearn” ini terdapat ide aktifitas interaktif baik online maupun offline yang bisa di praktekan langsung oleh Ibu dan si kecil, yaitu kumpulan berbagai cerita menarik dalam Story House, yang mana, saat bercerita kita bisa sambil merekam suara si kecil. Dan Kegiatan Hari Ini,  bunda bisa mengajari si kecil menyanyi dan bernyanyi bersama menyanyikan lagu sederhana di depan anggota keluarga. Kegiatan ini akan memperkaya kosakata, berimajinasi dan berekspresi.

Kemampuan menyelesaikan masalah, dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan si kecil dengan sabar (duh, jitak kepala sendiri yang masih suka jutek kalau pertanyaan anak sudah mulai kepanjangan dan berulang-ulang :D, membiarkannya melakukan kegiatan sendiri dalam pengawasan untuk tahu kemampuannya, menjelaskan sebab akibat saat dia melakukan kesalahan, dan memberi tantangan-tantangan kecil untuk membangkitkan rasa percaya diri.

Island Market_1

Sekarang waktunya ke pasar dan mengajak buah hati membuat daftar belanja sendiri

Island Market_2 (daya fokus)

Nah, waktunya mengajak Buah hati belajar menyeselesaikan tugas dengan mencocockan daftar belajaan dengan barang yang tersedia 😀

Dalam aplikasi “stimulearn” orang tua bisa mengunakan permaian Island Market dan Membuat Daftar Belanja yang akan melatihnya seolah-olah belanja dan membuat sendiri daftar belanjaannnya. Kegiatan ini membuatnya berhitung, mengenal berbagai jenis sayuran dan melatihnya membaca melalui daftar belanjaan yang dibuatnya sendiri. Dan sepertinya aplikasi ini juga bisa untuk mengajarkan kebiasaan berhemat juga ini 😀

Psikomotorik, yang sangat penting untuk perkembangan kemampuan fisik dan mentalnya. Melalui berbagai gerakan tangan dan anggota tubuh lain perkembangan psikomotorik dapat terasah. Hal yang bisa diajarkan antara lain melatih kordinasi mata, tangan dan kaki dengan menggambar, menulis, mencermati obyek, melempar, menendang dan menangkap. Melatih gerak lokomotor seperti baris berbaris, merayap dan lain-lain. Serta gerak lokomotor seperti membungkuk, berjongkok dan lain-lain. Melatih kemampuan mengontrol tubuh dan keseimbangan.

Pearl Beach_2 (problem solving)

Yuk , ajak si kecil bergerak melatih Psikomotoriknya dengan mengumpulkan mutiara di Pearl Beach

Untuk ini aplikasi “stimulearn” menyediakan permainan Pearl Beach yaitu mengumpulkan mutiara dalam labirin ajaib. Dan Membuat peta, ajak anak bermain dalam ruangan atau luar ruangan dengan membuat peta dan mengajaknya berpetualang. Menarik kan, Bun? Melatih kemampuan motoriknya dengan cara yang menarik dan menyenangkan dan tidak perlu repot keluar rumah.

Memori atau kemampuan mengingat. Nah, semua pasti tahu betapa pentingnya daya ingat anak. Melalui ingatan yang sederhana hingga mengingat hal rumit, seorang anak mampu membagikannya saat bersosialisasi dengan lingkungan, tentu akan membuat percaya dirinya bertambah. Kepercayaan diri sangat penting untuk membentuk karakter anak di masa depannya.

Forgotten Castle (daya ingat)

Ajak si kecil mencari barang-barang yang tersembunyi di tempat rahasia, supaya memiliki daya ingat yang kuat 😉

Aplikasi “stimulearn” menyediakan refrensi kegiatan yang bisa dimainkan bersama orang tua baik offline maupun online untuk melatih daya ingatnya seperti Forgotten Castle yaitu mengajak si kecil berpetualang menemukan tempat dan barang-barang rahasia yang tersembunyi di balik perisai kastil. Dan Piknik bersama Bunda, yang mana si kecil bisa kita ajak untuk menyiapkan barang apa saja yang akan dibawa dan memintanya mengingat barang-barang tersebut, bahkan setelah di perjalanan.

Sangat menyenangkan dan mudah, kan? Lebih menyenangkan lagi, aplikasi ini bisa di download gratis lho. Bagaimana cara mendownload? Ikuti petunjuknya di http://www.dancow.co.id/dpc/stimulearn/. Nikmati dan rasakan serunya menstimulasi kemampuan buah hati dengan cara mudah dan menyenangkan. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasinya, ceritakan pengalaman saat bereksperimen bersama “Stimulearn” dan ikuti lomba review aplikasinya bersama KEB. Info detail. cek di sini, ya.