Ingin memiliki bibir yang sehat dan indah? Sama dong, aku juga!

Cuma kadang sebel juga ya kalo bibir bermasalah, kadang sariawan terus bibir jadi kering dan pecah-pecah. Pernah punya pengalaman lucu nih waktu aku masih SMP, gara-gara gemes bibir kering, bibirnya aku olesi dengan margarin, kan jadi lembab bibirnya, ada rasa asin-asinnya lagi hahahaha πŸ˜€

Kalo tangan lagi usil nih, saat bibirku kering suka aku kelupas tuh kulit bibir, eh malah luka dan perih hiks.

Apa sih penyebab bibir kering?

Banyak penyebabnya, bisa karena berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama, terkena paparan sinar matahari atau kekurangan vitamin C.

Nah, untuk mendapatkan bibir yang sehat dan indah, ada hal yang harus dihindari dan ada yang harus dilakukan. Simak, yuk!

3 Hal yang harus dihindari agar bibir sehat dan indah ( Don’t’s) :

  1. Mengelupas bibir yang kering.

Hal ini akan membuat bibir terluka dan berdarah. Aku beberapa kali melakukannya dan sekarang sudah kapok hehehe.

  1. Membasahi atau menjilat bibir.

Hayooo, siapa nih yang suka membasahi bibir? Aku juga sering, tapi duluuuu. Sekarang aku baru tau kalo kebiasaan ini malah menyebabkan bibir akan menjadi kering karena air liur mengandung enzim yang justru bisa menyebabkan iritasi kulit bibir paling luar yang tipis.

  1. Memakai lipstik hingga tidur.

Ini harus dihindari. Segera deh bersihkan listik yang masih menempel di bibir selesai acara di luar rumah, apalagi setelah pulang pesta. Memang kadang rasanya malas membersihkan lipstik, tapi mau nggak mau harus dilakukan agar bibir tidak bermasalah.

4 Hal yang bisa dilakukan untuk membuat bibir sehat dan indah (Do) :

  1. Menggunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya pada siang hari, juga saat beraktifitas di dalam ruangan ber-AC.
  1. Mengoleskan madu saat berada di tempat bersuhu dingin atau panas.

Madu mengandung kadar gula murni yang dapat memberikan nutrisi pada bibir dan menjadikan bibir lembab.

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin E dan C seperti jeruk, melon dan alpukat. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan mudah terserang sariawan yang bisa menyebabkan bibir kering.
  1. Lakukan scrub untuk mengganti kulit yang mati.

Scrub bisa memakai minyak zaitun dan gula. Bahan : ΒΌ sdt minyak zaitun dan Β½ sdt gula. Caranya: Campur kedua bahan tadi, aduk rata. Lalu oleskan di bibir dan gosok pelan-pelan. Gula akan menjadi butiran scrub yang aman bagi bibir, sedangkan minyak zaitun akan melembutkan dan melembabkan bibir kita.

 

Yup, semoga bibir kita jadi sehat dan indah, eehhhmmm… seperti artis-artis Korea itu lho πŸ˜€