Adakah yang suka memakai sneakers?

Umumnya (ngga semua) ibu-ibu selain senang memakai sandal, juga senang mengenakan sneakers. Etapi, ada yang tahu gak, sneakers itu apaan dan sejarahnya dulu gimana?

Sneakers yang solnya fleksibel dan lentur ini, biasanya terbuat dari karet atau bahan sintetis, serta bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Seiring perkembangan jaman, akhirnya dibuat juga dari suede dan nylon. Sneakers itu awalnya diambil dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu ‘sneak’ yang berarti menyelinap. Kan kalo menyelinap, kita jalannya mengendap-endap, dan kalo bisa gak bunyi dong.. makanya diciptakanlah si sneakers itu.

SEJARAH SNEAKERS

Tahun 1800an, sepatu ini dibuat dengan nama ‘Plimsolls’, (nama sneakers belum ada waktu itu). Lalu. tahun 1892 sebuah perusahaan sepatu karet, Goodyear, menciptakan sepatu baru yang materialnya bahan dasar karet dengan kanvas. Sepatu ini kemudian dijual dengan merek Keds.

Melihat kesuksesan tetangganya, tahun 1908 Converse juga ikut memproduksi sepatu. Produksi sepatu milik Marquis M.Converse ini langsung menjadi booming dan digunakan pada saat pertandingan basket di Amerika.

Itu sebabnya, sneakers Converse menjadi American Icon.

Pada tahun 1920, Adi Dassler, pemilik bisnis sportswear dari Jerman membuat training shoes buatan tangan. Bisa ditebak, perusahaan itu kemudian terkenal dengan nama Adidas.

Melihat bahwa sepatu olahraga banyak dibutuhkan akhirnya bermunculanlah perusahaan lain yang memproduksi sneakers. Ada Nike, New Balance, Vans, Asics, Puma, Reebok, dan lain lain.

Sepatu ini menjadi trendsetter tidak hanya karena untuk olahraga, tapi juga karena nyaman, anak-anak muda menjadi penggemar berat mereka. Artis-artis juga!

Oya, merawat sneakers harus menggunakan cairan tertentu yang memiliki kadar keasaman yang rendah supaya tidak mudah rusak atau hancur bahannya. Gunakan sikat khusus yang padat, kaku, dan lembut. Tidak bisa sembarangan menggunakan sabun atau deterjen untuk membersihkannya.

Jangan salah, saat ini sneakers juga dijadikan barang koleksi. Ada sneakers yang rare limited edition dan hanya dijual beberapa buah di dunia ini.

Pingin liat, sneakers mahal itu?

sneakers

Nike SB Flom Dunk High

Harganya cuma US$7.500, membuatnya menjadi sepatu paling mahal yang pernah dibuat. Sneaker in bisa dibeli di retail tertentu. Warnanya hitam dan putih dengan selingan merah dan emas. Mewah.

sneakers2

Nike Air Mag

Sneaker ini dirilis tahun 2011 dan hanya dijual melalui lelang. Namun karena banyaknya permintaan, sneaker futuristik ini dipasarkan kembali pada tahun 2015. Tumitnya berlampu dan harga yang dibandrol US$6.000.

sneakers3

Jimmy Choo Belgravia High Tops & Star Sudded

Jimmy Choo kali ini mengeluarkan sepatu khusus untuk pria. Sneaker yang satu ini dihargai US$2350. Sneaker ini terdiri dari kulit, suede, dan upper body dari kanvas berhias bintang metalik. Meski tampilannya biasa, harganya yang fantastis sesuai untuk brand yang mengeluarkannya.