Weekend enaknya ngapain ya? Buat kue yang gampang-gampang aja, yuk! Yang nggak usah ngeluarin mixer. Muffin cokelat! Yes, buat muffin cokelat aja buat cemilan anak-anak di rumah. Sebenernya ini pertama kalinya aku bikin muffin, resepnya aku dapat dari Sajian Sedap.

Rasanya enak, terasa banget cokelatnya, apalagi di dalamnya diberi tambahan kepingan cokelat lagi. Nikmat banget nih disantap dengan teh hangat atau kopi, buat bekal anak-anak di sekolah juga bisa.

Kalo liat penampakan fotonya, seperti bukan muffin, malah mirip bola-bola cokelat ya hihihi. Karena emang aku nggak punya cup kertas yang agak tinggi waktu itu, jadi pake yang pendek aja. Ini malah lebih tinggi cetakan muffinnya daripada cup kertasnya. Nah, isinya juga cuma sesendok aja yang kutuang di cup kertas itu, jadilah ini muffin cokelat mini.

Resep aslinya kutulis di bawah ini ya.

Resep Muffin Cokelat

*Sumber Sajian Sedap

Bahan :

150 gram tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru)

15 gram cokelat bubuk

1 ½ sdt baking powder

35 gram margarin, lelehkan

60 gram gula pasir

1 butir telur

100 ml susu cair

100 gram cokelat masak pekat, lelehkan ( aku pake DCC Colatta)

25 gram keping cokelat

Bahan muffin cokelat

Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder. Tambahkan margarin leleh dan gula pasir, aduk rata.
  2. Kocok telur dan susu cair, aduk rata.
  3. Tuangkan ke dalam campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Masukkan cokelat masak pekat leleh dan keping cokelat. Aduk rata.
  5. Tuang di cetakan muffin pendek yang dialasi cup kertas.
  6. Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.

Untuk 9 buah

Tips :Mengaduk muffin nya pelan aja, asal tepung sudah tercampur dengan bahan cair, nggak apa-apa sedikit “menggerindil” *duh bahasa Indonesianya apa ya? hehe. Waktu aku buat ini, jadi 12 buah muffin cokelat mini.

Cara membuat muffin cokelat

Oya tampilan muffin biasanya mirip dengan cupcake ya? Dari hasil googling nih, aku jadi tau beda muffin dan cupcake. Muffin teksturnya kasar, agak menggumpal dan padat, biasanya disajikan apa adanya tanpa frosting. Dipanggang dengan suhu yang lebih tinggi daripada cupcake, sekitar 180 – 200 derajat celcius. Kalo cupcake teksturnya lebih halus dan ringan seperti cake pada umumnya, dipanggang dengan suhu sekitar 160 – 180 derajat celcius. Setelah matang disajikan dengan frosting yang menarik,

Yang suka cemilan manis, bisa coba buat deh muffin cokelat ini. Teksturnya sendiri cenderung agak kering. Percobaan kedua, aku buat muffin cokelat dengan resep yang berbeda. Bisa diintip di blog personalku, judul postingannya chocolate custard muffins. Yang kedua ini teksturnya lebih moist. Sekarang tinggal selera aja deh, suka yang kering renyah atau yang moist :).

Yuk, cobain buat juga!