ditulis oleh: Lianny Hendrawati – Emak Blogger berdomisili di Jember

**

Ulang tahun yang ke 17 atau biasa disebut dengan sweet seventeen biasanya dianggap lebih spesial daripada ulang tahun sebelumnya, karena saat inilah remaja sudah dianggap lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.

Memang sih ukuran kedewasaan nggak bisa ditentukan dengan usia. Ada yang umurnya sudah 20 tahun tapi sifatnya masih kekanakan banget, sebaliknya ada yang usia baru 13 tahun tapi pemikiran dan tingkah lakunya bisa dikatakan sudah lebih dewasa daripada anak seumurannya. Jadi semua memang nggak bisa disama-ratakan.

Nah, biasanya cewek-cewek nih yang rada heboh mempersiapkan pesta ulang tahun. Tapi ya tergantung masing-masing orang sih, mau dirayakan atau nggak-nya. Putri sulungku juga sudah mencapai usia 17 tahun bulan Desember lalu. Awalnya dia nggak mau dirayakan tapi udah deket-deket harinya akhirnya dia bilang dirayakan aja.

Hadeuuh, udah deh ngebut nyiapin pesta ulang tahunnya, cuma mengundang keluarga dan teman-teman dekatnya aja sih. Tapi meski pesta sederhana, tetap harus dipersiapkan dong. Rada ribet karena semua diurus sendiri, nggak pake EO, mulai dari membuat dan cetak undangan, mikirin games/permainannya, bungkusin hadiah untuk yang menang games, pesen tempat dan kuenya. Untung ada teman suami yang mau membantu di bagian dokumentasi, dan ada teman-teman putriku yang bersedia jadi MC. Syukurlah semua berjalan lancar *numpang curcol dikit ya Mak :).

Tahun ini putri sulungku sudah beberapa kali menghadiri pesta ulang tahun sweet seventeen dari teman-teman ceweknya. Nah, biasanya kado apa sih yang cocok untuk ulang tahun sweet seventeen?

Ini 7 ide hadiah untuk ulang tahun sweet seventeen:

  1. Tas

Tas, termasuk dompet, bisa jadi salah satu ide hadiah. Ada aneka model tas, bisa tas sekolah, tas ransel, tas kecil untuk jalan-jalan atau tas untuk ke pesta. Remaja sekarang juga sering lho jalan-jalan dengan temannya, tas ransel kecil pasti cocok dipakai.

  1. Jam tangan

Jam tangan selain untuk menunjang penampilan juga memang diperlukan buat pelajar. Memang ada hp, bisa liat jam, tapi lebih praktis kalo punya jam tangan.

Kalo musim ujian sekolah, aku selalu tanya anak-anakku, jam di kelas mati atau nggak. Perlu banget kan jam tangan saat ujian biar bisa memperhitungkan waktu.

Dulu pernah sih anakku ujian pas jam dinding di kelas mati, dia nggak pake jam tangan, jadi nggak tau sudah jam berapa. Eh tau-tau pengawas bilang kalo waktu kurang 15 menit lagi. Langsung deh ngebut cepet-cepetan menyelesaikan soal.

Jadi pelajar punya jam tangan itu penting juga lho.

  1. Baju / Kaos

Baju juga bisa jadi salah satu ide hadiah, tapi kita harus tahu ukuran baju yang biasa dipakai oleh teman yang berulang tahun. Nggak lucu kalau sampai kita kasih baju dan ternyata ukurannya kekecilan. Pasti akan kecewa deh yang nerima hadiahnya, karena bajunya nggak bisa dipakai. Untuk amannya, baju bisa diganti dengan kaos aja. Rasanya lebih gampang memperkirakan ukuran kaos daripada ukuran baju.

  1. Scrapframe

Ini bisa jadi hadiah kejutan untuk yang berulang tahun. Biasanya para sahabat atau keluarga yang memberikan scrapframe. Koleksi foto dari kecil sampai berumur 17 tahun, atau foto kenangan bersama para sahabatnya bisa jadi scapframe unik dan sangat berkesan.

  1. Kosmetik

Kosmetik bisa berupa lip balm, lipstik atau bedak wajah yang cocok untuk usia anak remaja.

  1. Barang sesuai hobby yang berulang tahun

Kalau yang berulang tahun suka melukis, bisa diberikan alat-alat lukis. Suka koleksi boneka, kasih aja boneka yang imut. Yang hobby baca, bisa diberikan kado buku/novel. Tapi mesti tau juga nih, udah punya bukunya atau belum, jangan sampai memberi buku eh ternyata dia udah punya bukunya.

  1. Uang

Ini hadiah paling praktis. Uang yang dimasukkan ke dalam amplop bisa jadi hadiah yang bermanfaat bagi yang berulang tahun. Uangnya bisa dibelikan barang yang memang diperlukan, jadi nggak mubazir deh.

 

Yup, itulah 7 ide hadiah untuk ulang tahun sweet seventeen, menurut pengamatanku tentunya. Berdasar kado yang diterima putri sulungku dan temannya yang udah merayakan ulang tahun sweet seventeen.

Aku dulu waktu umur 17 tahun, meskipun nggak dirayakan, tetap dikasih hadiah sama kakakku.  Hadiahnya hair dryer, dan barangnya masih ada lho, kupakai sampai sekarang. Awet banget ya hehehe.

Jadi nggak perlu bingung deh kalo anaknya nanti diundang ke ulang tahun sweet seventeen.  Silahkan, jika ada yang mau menambahkan :).