Hai, Mak! Seminggu lagi lebaran nih. Udah dapat THR dong ya? THR-nya mau digunakan untuk apa nih? *makmin kepo*

Kali aja ada emak yang mau menghabiskan THR tahun ini untuk membeli mobil, entah itu untuk membayar DP atau langsung membayar lunas mobil tersebut. Nah, makmin mau sharing nih, Mak, tentang apa-apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Baik itu mobil baru maupun mobil bekas.

Dalam membeli mobil baru, ada banyak hal yang harus dipikirkan dengan baik. Karena membeli mobil bukanlah sebuah hal yang affordable bagi semua orang. Ada banyak orang yang butuh menabung selama bertahun-tahun untuk membeli mobil. Karena itu, kita sebagai pembeli harus cerdas dan cermat nih dalam mempertimbangkan berbagai hal.

Okay, jadi ini dia 5 hal yang harus emak pertimbangkan baik-baik sebelum membeli mobil.

  1. Hitung Anggaran

    1

Yes, first of all, emak harus tau dulu berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk membeli mobil. Apakah akan langsung membayar lunas, atau mau mengambil program cicilan? Jika akan mengambil program cicilan, berapa anggaran yang akan emak sisihkan selama program cicilan?

Menghitung anggaran ini harus dilakukan dengan extra cermat. Jangan sampai setelah mobil terbeli, kondisi finansial malah terganggu. Gak mau dong, Mak, kayak gitu? Untuk membantu emak dalam menghitung anggaran, emak bisa berkonsultasi dengan suami atau kalo mau lebih serius, bisa juga konsultasi dengan financial planner agar nantinya kondisi keuangan keluarga tetap sehat dan on the track.Β 

  1. Diskusikan dengan Keluarga atau Teman

2

Setelah yakin dengan berapa anggaran yang akan emak keluarkan untuk membeli mobil, ada baiknya emak diskusikan juga dengan keluarga atau teman terdekat. Diskusikan berbagai hal terutama yang masih mengganjal terkait rencana untuk membeli mobil ini. Mulai dari tipe mobil, ketahanan fisik dan mesin mobil, showroom yang pelayanannya bagus,sampai program cicilan yang akan dipilih, jangan lupa cashback yang menarik, Mak.

  1. Kenali Mobil yang akan Dibeli

3

Nah setelah mendapat gambaran mobil mana yang akan dibeli, tidak ada salahnya untuk mempelajari dengan benar spesifikasi mobil tersebut. Mulai dari mesin sampai kondisi di bagian dalam mobil. Kenali mobil yang akan dibeli tersebut agar nantinya setelah mobil dipakai emak tidak lagi merasa canggung.

 

  1. Lakukan Test Drive

4

Jika memungkinkan, lakukan test drive terlebih dulu. Gunanya agar emak semakin yakin dan mantap sebelum membeli mobil tersebut. Test drive juga penting dilakukan agar kita bisa mengukur apakah mobil tersebut sesuai dengan kriteria mobil yang kita mau. Dan apakah mobil tersebut nyaman untuk dikendarai. Biasanya beberapa showroom atau dealer mobil memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melakukan test drive.Β 

  1. Terpenting!! Pertimbangkan Asuransi

5

Yang terakhir, sebelum membeli mobil, emak juga perlu untuk mempertimbangan mengenai asuransi mobil. Kita tidak pernah tau kondisi seperti apa yang akan ditemui di jalanan. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, Mak. Karena itu ada baiknya sejak awal kita berikan perlindungan bagi mobil yang kita beli tersebut.

Who knows kan ketika mobil keluar dari showroom terus ternyata kesenggol kendaraan lain sehingga jadi baret? Huhuhu kalo ini beneran kejadian pasti sedih banget sih, mobil baru udah ada baretnya. Atau amit-amit mobil baru, dicuri orang. Maka itu kalo mobil langsung diasuransikan, kita bisa ngeklaim lho, Mak agar mobil jadi keren lagi, mobil jadi baru lagi πŸ™‚

Lalu asuransi mobil apa sih yang nyaman digunakan? Makmin saran sih pakai Autocillin, asuransi mobil yang simple dan Β memberikan perlindungan pada mobil, agar mobil jadi kinclong lagi, jadi keren lagi, dan hilang jadi baru lagi. Enaknya, keseluruhan proses di Autocilin sangat mudah, Mak. Mulai dari membeli premi sampai proses klaim. Proses klaim semudah cekrek, beres kemudian, cukup pakai aplikasi Autocillin mobile claim. Kalau emak mau tahu lebih lanjut soal Autocillin, silahkan baca disini. ya, Mak!

***

Segitu aja sih tips dari makmin. Semoga bermanfaat ya, Mak. Semoga yang memang berencana membeli mobil bisa dapat pencerahan setelah membaca artikel ini.

 

Jika ada yang punya cerita seru seputar pengalaman membeli mobil pertama, boleh lho mak share di kolom komentar. πŸ™‚