Reportase mak Irhayati Harun

Seru juga menghadiri even talkshow cantik kala hamil di Doodles Miniapolis PlazaIndonesia. Meskipun yang datang tak semuanya hamil termasuk saya hehehe. Acara yang dimulai dari pukul 11.00 s/d 13.00 wib ini menghadirkan 2 orang pembicara dan mengundang artis Marshanda, sebagai hostnya.

talkshow

Sesi pertama diisi oleh dr Maureen situmeang spKK yang cantik dan imut. Materi yang ia berikan membahas seputar kesehatan dan kelainan kulit selama hamil. Menurutnya hampir 20 % wanita hamil mengalami gatal-gatal terutama disekitar perut. Selain stretch mark yaitu guratan-guratan putih yang terdapat disekitar perut juga. Biasanya bila rasa gatal sudah tidak tertahankan lagi, para wanita buru-buru menggunakan lotion atau cream penghilang rasa gatal dan stretch mark ini. Padahal ibu hamil tak boleh sembarangan menggunakannya apalagi yang mengandung pengharum atau parfum serta zat aktif kimia.

dokter kulit

Sebaiknya menurut dr Maureen, hendaklah berkonsultasi pada seorang dokter ahli kandungan dan dokter kulit. Untuk menghindari pengaruhnya pada janin kelak. Sedangkan untuk stretchmark, tak ada lotion atau cream khusus yang mampu menghilangkannya, karena cream hanya mampu menyamarkannya saja namun tidak bisa menghilangkannya secara total, jawab dr Maureen saat ada yang bertanya “Bisakah stretchmark dihilangkan?”

Saya jadi teringat saat membaca kisah seorang artis yang mengalami gatal-gatal selama 1 bulan lebih ketika hamil. Meskipun rasa gatal sangat mengganggunya, sang artis berusaha untuk tak meminum obat demi keselamatan janinnya. Dia lebih memilih memberikan bedak atau lotion yang aman untuk ibu hamil. So, intinya kita kudu hati-hati menggunakan produk kecantikan ataupun obat selama hamil demi keselamatan janin. Sebuah pengetahuan yang baru dan berharga buat saya dan para wanita yang hadir.

Sesi kedua lebih seru lagi karena membahas seputar penampilan saat hamil. Bagaimana memilih pakaian yang sesuai dan cocok dikala badan tak lagi langsing karena rata-rata wanita hamil akan naik berat badannya berkali-kali lipat. Bahkan artis multi talenta dan cantik seperti Marshanda naik sampai 27 kg ckckckc. Ketika ada yang bertanya bagaimana caranya Marshanda bisa mengembalikan berat badannya kembali hingga bisa turun lumayan banyak.? Dan apakah selama hamil Marshanda rajin melakukan perawatan?” Tanya peserta yang lain. Dengan tersenyum Marshanda menjawab bahwa ia tak punya tips khusus apalagi sampai melakukan diet ketat. Tapi dia senang olahraga demi menjaga kestabilan berat badannya. Yang lebih mengejutkan ternyata Marshanda yang seorang artis paling malas melakukan perawatan ke salon seperti facial dsb. Baginya yang penting selama hamil merasa nyaman, happy, pede dan tetap bersyukur. Sehingga akan tetap terlihat cantik. Hmmm kalau dipikir-pikir benar juga yah.

marshanda

Sedangkan tips dari gingersnaps sendiri mengatakan bahwa hamil tak perlu ditutupi tapi tetaplah memakai pakaian yang cocok sesuai ukuran badan. Misalnya untuk warna pakaian usahakan untuk tidak menggunakan warna yang sama mencoloknya antara pakaian bawahan dan atasan. Jadi bila bawahnya berwarna biru tua hendaklah atasannya berwarna biru muda dst. Untuk aksesoris usahakan untuk tak menggunakan ukuran yang terlalu besar dan. sesuaikan juga dengan ukuran badan. Apalagi menggunakan banyak aksesoris di tubuh seperti toko berjalan ditambah dengan memakai banyak warna baju. Bisa-bisa  dikira badut gak lucu kan?

gingersnaps

kala hamil

Akhirnya setelah hampir  2 jam acara berakhir dengan sukses dan rasa puas dari peserta karena semua pertanyaan menemukan jawabannya. Sebelum pulang, para peserta pun melakukan foto bareng dengan ketiga pembicara yaitu dr Maureen, pembicara dari gingersnap salah satu sponsornya Marshanda sang bintang tamu. Dilanjutkan foto-foto dengan emak-emak blogger yang cantik nan rempong hehehe…moga di even berikutnya bisa bertemu lagi dengan KEB. 😀

keb