Ditulis oleh: Mak Mugniar (http://www.mugniar.com)

*

Senang sekali Makassar dikunjungi Mak Mira Sahid – founder KEB. Mak Mira yang akrab disapa Makpon ini (perlu saya jelaskan, barangkali saja belum semua emak tahu sapaan kesayangan Mak Mira, hehehe) bersedia sharing pengetahuan dan pengalamannya di Arisan Ilmu emak blogger di Makassar pada tanggal 26 Desember baru-baru ini. Tema sharing-nya adalah Content Creative dan Networking. Emak pasti pada tahu kan, ini materi penting buat blogger, tak terkecuali kita – para emak blogger :).

Dari usulan semula mengenai permintaan membawakan materi bertema Job Review, Makpon memandang perlu untuk melompat sedikit ke belakang, membahas Content Creative dan Networking. Kalau wawasan mengenai konten dan jaringan sudah oke, barulah masuk ke job review.

Mengapa perlu “melompat”? Karena sekarang bahasan mengenai job review seakan jadi fenomena di mana-mana. Banyak yang membahasnya, mulai dari yang sudah lama ngeblog hingga yang baru-baru ngeblog. Sekilas, terlihat job review sebagai hal yang penting dalam dunia blogging. Mak Mira mengajak untuk fokus ke konten dulu, sembari mengingat visi dan misi KEB (KEB dibuat untuk menjalin persahabatan & memfasilitasi semua perempuan yang suka nulis, ngeblog atau sekedar curhat online di social media, untuk saling memberikan inspirasi, berbagi karya dan ide-ide positif, sehingga bisa menjadikan tulisannya sebuah karya yang bermanfaat).

Arisan Ilmu KEB 4

 

Makpon beberapa kali menekankan untuk menulis dengan baik dan kreatif. Sembari membangun networking. Juga melebarkan pergaulan ke lingkaran-lingkaran lain di luar komunitas blogger.

Terkait  job review, inilah catatan penting yang disampaikan Makpon:

  • Konten harus kreatif dan unik. Tulisan yang kreatif dan unik tidak selalu harus bagus. Brand melihat keunikan.
  • Tulisan yang disukai adalah yang sifatnya soft selling, user experience (berdasarkan pengalaman sendiri), dan santai.
  • Selain melihat content creative, agensi (penghubung antara brand dan blogger) juga melihat networking yang dimiliki blogger yang bersangkutan, seperti bagaimana keaktifan blogger di media sosial dan keaktifannya dalam berkomunitas.

Selain hal-hal tersebut, blogger perlu pula memperkaya kontennya dan membangun karakter diri yang positif. Misalnya dengan cara sebagai berikut:

  • Bangun personal branding, termasuk di media sosial. Misalnya kalau Makpon lekat dengan ciri: (warna) ungu, yoga, dan kopi.
  • Membuat foto blog dengan “niat” (dengan kesungguhan).
  • Pelajari video blogging.
  • Jaga attitude. Jangan terlibat dengan perdebatan yang tidak penting yang bisa merusak citra diri kita. Mendingan menggalaukan diri sendiri ketimbang menulis tentang sesuatu yang bisa menimbulkan hal negatif.
  • Percaya dengan “circle” kita. Komunitas adalah segalanya.

Perbincangan mengalir dengan akrab dan hangat. Selain sharing dari Makpon, beberapa dari kami juga sharing pengalaman dan bertanya-jawab dengan Makpon. Pada akhir pertemuan, Makpon menutupnya dengan quote legendarisnya: “Menulislah maka kau akan tahu siapa dirimu” dan “The more you give, the more you get.”

Makassar, 28 Desember 2015

Terima kasih, ya, Makpon, Mudah-mudahan ada kesempatan lain lagi untuk kita berjumpa.