Menjadi seorang ibu adalah anugerah yang sangat dinantikan oleh semua wanita di mana pun, merasakan adanya buah hati dalam rahim yang detak jantung dan darahnya menyatu bersama jiwa dan raga kita menjadi sebuah pengalaman menakjubkan. Proses alamiah dan bukti kebesaran dari Sang Pencipta. Itulah sebabnya seorang teman menceritakan pengalaman kegugurannya belum lama ini sambil berderai air mata. Menikah di usia yang tidak lagi muda, membuat teman saya dan suaminya ingin sekali segera memiliki buah hati. Ternyata harapan tidak berjalan dengan semestinya, kegembiraan sebelumnya karena mengetahui bahwa dia hamil harus berubah menjadi kesedihan yang mendalam. Kehamilannya tidak berjalan baik, sampai akhirnya teman saya mengalami keguguran. Takdir memang tidak dapat ditolak, tapi dokter kandungan yang dia temui mengatakan bahwa hal ini bisa dicegah jika sebelumnya merencanakan kehamilan dengan baik, dan mengkonsumsi asam folat sejak merencanakan masa kehamilan hingga menyusui.

Apakah yang dimaksud dengan Asam Folat? Mengapa dokter menyarankan teman saya untuk meminumnya. Asam folat adalah bagian dari vitamin B yang larut dalam air, biasa disebut vitamin B9. Tubuh kita membutuhkan asam folat untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Khususnya asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, selama masa kehamilan sampai masa menyusui. Karena asam folat terbukti dapat mencegah cacat bawaan otak dan tulang belakang atau bahasa kerennya Neural Tube Defects ( NTDs).

elevite1

Asam folat bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang kita temui sehari-hari, seperti susu segar, pisang dan alpukat.  Hanya saja untuk wanita yang sedang mengandung untuk mencapai kadar asam folat yang diperlukan harus mengkonsumi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang sangat besar. Tidak terbayangkan ya jika harus memakan berkilo-kilo alpukat atau pisang setiap hari.

elevite2

Tapi saat ini emak-emak tidak perlu pusing atau bingung, karena asam folat sekarang bisa ditemukan dalam bentuk pil Asam Folat 400 mcg atau multivitamin prenatal yang mengandung kombinasi asam folat dan vitamin lainnya. Sebuah uji klinis di Hongaria terhadap 5000 orang wanita menemukan bahwa mengkonsumsi multivitamin yang mengandung 800 mcg asam folat setidaknya 1 bulan sebelum masa kehamilan, dapat mengurangi resiko NTDs sampai dengan 92% dibandingkan mengkonsumsi asam folat 400 mcg yang hanya dapat menurunkan resiko 50-70% NTDs saja.

elevite3

Elevit adalah contoh multivitamin mengandung asam folat yang beredar di pasaran saat ini. Dan kapan saat yang tepat untuk mulai mengkonsumsi asam folat? Seringkali seorang wanita baru menyadari kehamilannya bukan di minggu pertama, sedangkan resiko insiden NTDs pada bayi dapat terjadi pada masa pembentukan embrio yaitu dari minggu ketiga sampai minggu kedelapan. Dengan mengkonsumsi asam folat sedini mungkin, yaitu sejak sebelum kehamilan resiko NTDs dapat dicegah.

Memiliki buah hati yang lahir dalam kondisi sempurna dan sehat adalah harapan semua orang tua, jadi persiapkan kehamilan dengan baik, penuhi kebutuhan tubuh kita hingga proses kehamilan dan melahirkan pun sesuai dengan yang kita harapkan.

 

Referensi :

  1. Folic Acid Helps Prevent Neural Tube Defects.2012. Available from: http://www.cdc.gov/features/folicacid/
  2. Folate Dietary Supplement Fact Sheet. 2014. Available from: http://ods.od.nih.gov/factsheets/FolateHealthProfessional/
  3. Czeizel AE. (2004) The Primary Prevention of Birth Defects: Multivitamin or Folic Acid. International Journal of Medical Sciences 2004 1 (1):50-61.